Translate

Rabu, 17 Juli 2013

Silabus Bahasa Indonesia Kls IX / 1

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
Rekaman dialog interaktif dalam
acara TV/radio

·   Siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif
·   Siswa mencatat hal-hal penting dalam dialog intearaktif
·   Siswa berdiskusi kelompok untuk membahas hal-hal penting dalam dialog interaktif
·   Siswa menyimpulkan isi dialog interaktif
·   Ssiwa menyampaikan hasil diskusi kelompok
·   Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog interaktif
·   Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi,
Uji petik kerja prosedur dan produk
Dengarkanlah dengan saksama rekaman dialog interaktif berikut ini, kemudian jawablah pertanyaan berikut!
1.       Catatlah hal-hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut!
2.       Berdasarkan hal-hal penting yang telah kamu catat, simpulkanlah isi dialog tersebut!
4 x 45 menit
- Rekaman dialog interaktif
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

1.2 Mengo-mentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran  radio 

Rekaman dialog interaktif dalam
acara TV/radio

·   Siswa mendengarkan informasi dalam dialog interaktif
·   Siswa mencatat  informasi yang tersirat dalam dialog interaktif
·   Siswa berdiskusi kelompok
·   Siswa menentukan informasi dalam dialog interkatif yang perlu dikomentari
·   Siswa mengomentari pendapat masing-masing narasumber
·   Siswa menyampaikan komentar ke depan kelas
·   Mampu menyatakan informasi yang tersirat dalam dialog interaktif
·   Mampu mengomentari pendapat masing-masing narasumber
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi,
Uji petik kerja prosedur

Dengarkanlah dengan saksama informasi dalam dialog interaktif berikut ini, kemudian kerjakan tugas berikut ini!
  1. Catatlah informasi yang tersirat dalam dialog interkatif tersebut!
  2. Berikan komentar terhadap pendapat yang dikemukakan oleh setiap narasumber!
6 x 45 menit
- Rekaman dialog interaktif
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia




SILABUS

 

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 2 Tanon
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
IX/1
Komponen
:
Kemampuan Berbahasa
Aspek
:
Berbicara
Standar Kompetensi
:
1.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan  

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Kritikan dan pujian atas
karya seni

·   Siswa mencermati sebuah karya seni rupa
·   Siswa bekerja berpasangan
·   Siswa mengkritik atau memuji karya seni rupa yang dianggap tidak bagus atau bagus disertai dengan alasan yang logis
·   Siswa mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun
·   Mampu mengkritik atau memuji suatu karya seni yang dianggap tidak bagus atau bagus disertai dengan alasan yang logis
·   Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur

Cermatilah sebuah karya seni rupa berikut ini, kemudian kerjakan tugas berikut ini!
·   Buatlah kritikan atau pujian terhadap karya seni rupa yang kamu anggap tidak bagus atau bagus disertai dengan alasan yang logis
·   Buatlah kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas dan santun
6 x 45 menit
- Karya seni rupa
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
Laporan peristiwa

·     Siswa memilih peristiwa yang akan dilaporkan
·     Siswa mencatat hal-hal penting terhadap peristiwa yang akan dilaporkan
·     Siswa melaporkan secara lisan peristiwa yang dipilih dengan menggunakan kalimat yang jelas
Mampu melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi,
Uji petik kerja prosedur

Carilah sebuah peristiwa yang pernah kamu alami, kemudian kerjakan tugas berikut ini!
·         Catatlah hal-hal penting terhadap peristiwa yang akan kamu laporkan!
·         Laporkan secara lisan peristiwa yang kamu pilih dengan menggunakan kalimat yang jelas
6 x 45 menit
- Berbagai contoh peristiwa
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar