Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan
televisi/siaran radio
|
Rekaman dialog
interaktif dalam
acara TV/radio
|
·
Siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif
·
Siswa mencatat hal-hal penting dalam dialog
intearaktif
·
Siswa berdiskusi kelompok untuk membahas hal-hal
penting dalam dialog interaktif
·
Siswa menyimpulkan isi dialog interaktif
·
Ssiwa menyampaikan hasil diskusi kelompok
|
·
Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog interaktif
·
Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi,
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
Dengarkanlah dengan saksama
rekaman dialog interaktif berikut ini, kemudian jawablah pertanyaan berikut!
1.
Catatlah hal-hal penting yang terdapat dalam dialog
tersebut!
2.
Berdasarkan hal-hal penting yang telah kamu catat,
simpulkanlah isi dialog tersebut!
|
4 x 45 menit
|
- Rekaman dialog interaktif
- Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
1.2 Mengo-mentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan
televisi/siaran radio
|
Rekaman dialog
interaktif dalam
acara TV/radio
|
·
Siswa mendengarkan informasi dalam dialog interaktif
· Siswa mencatat informasi yang tersirat dalam dialog
interaktif
· Siswa berdiskusi kelompok
·
Siswa menentukan informasi dalam dialog interkatif yang
perlu dikomentari
·
Siswa mengomentari pendapat masing-masing narasumber
·
Siswa menyampaikan komentar ke depan kelas
|
· Mampu menyatakan informasi yang
tersirat dalam dialog interaktif
·
Mampu mengomentari pendapat masing-masing narasumber
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi,
Uji
petik kerja prosedur
|
Dengarkanlah dengan saksama
informasi dalam dialog interaktif berikut ini, kemudian kerjakan tugas
berikut ini!
|
6 x 45 menit
|
- Rekaman dialog interaktif
- Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
SILABUS
Nama
Sekolah
|
:
|
SMP
Negeri 2 Tanon
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan
Berbahasa
|
Aspek
|
:
|
Berbicara
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
1.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau
produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Kritikan dan
pujian atas
karya seni
|
·
Siswa mencermati sebuah karya seni rupa
· Siswa bekerja berpasangan
· Siswa mengkritik atau memuji karya seni
rupa yang dianggap tidak bagus atau bagus disertai dengan alasan yang logis
·
Siswa mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
·
Mampu mengkritik atau memuji suatu karya seni yang
dianggap tidak bagus atau bagus disertai dengan alasan yang logis
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
Tes unjuk kerja
|
Uji
petik kerja prosedur
|
Cermatilah sebuah karya seni rupa berikut ini, kemudian kerjakan tugas
berikut ini!
·
Buatlah kritikan atau pujian terhadap karya seni
rupa yang kamu anggap tidak bagus atau bagus disertai dengan alasan yang
logis
·
Buatlah kritikan dan pujian dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
6 x 45 menit
|
- Karya seni rupa
- Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
2.2 Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan
menggunakan kalimat yang jelas
|
Laporan peristiwa
|
·
Siswa memilih
peristiwa yang akan dilaporkan
·
Siswa mencatat
hal-hal penting terhadap peristiwa yang akan dilaporkan
·
Siswa melaporkan secara lisan peristiwa yang dipilih dengan menggunakan kalimat yang jelas
|
Mampu melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi,
Uji
petik kerja prosedur
|
Carilah sebuah peristiwa
yang pernah kamu alami, kemudian kerjakan tugas berikut ini!
·
Catatlah hal-hal penting terhadap peristiwa yang
akan kamu laporkan!
·
Laporkan secara
lisan peristiwa yang kamu pilih dengan
menggunakan kalimat yang jelas
|
6 x 45 menit
|
- Berbagai contoh peristiwa
- Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar