Silabus
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi 1
: Mendengarkan
Memahami
wacana lisan berbentuk laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Menganalisis
laporan
|
Laporan perjalanan
|
1.
Mendengarkan laporan
2. Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan
dengan kalimat singkat
3. Bertanya jawab tentang
laporan yang diperdengarkan
4. Menganalisis pola
urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
|
·
Mampu menuliskan
pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
·
Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam
laporan yang diperdengarkan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Dafttar pertanyaan
Tes uraian
|
§ Tulislah enam pokok
laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan
laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
|
4 X 40’
|
Narasumber (Siswa)
|
1.2
Menanggapi isi laporan
|
Laporan perjalanan
|
Mendengarkan laporan
perjalanan
Menuliskan pokok-pokok
isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
Memberikan tanggapan,
kritik, saran terhadap laporan perjalanan
|
·
Mampu menanggapi laporan erjalan-an teman dengan
mengajukan perta-nyaan atau pendapat secara tepat
·
Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan
teman
|
Observasi
Observasi
|
Lembar observasi
Lembar observasi
|
§ Tanggapilah isi laporan
perjalanan yang dibacakan!
§ Berilah tanggapan,
kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!
|
4 X 40’
|
Narasumber
(siswa)
|
Standar Kompetensi 2 : Berbicara
Mengungkapkan
berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Berwawancara dengan
narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara
|
Wawancara
|
1.
Menentukan topik wawancara
2.
Menyusun daftar pertanyaan
3.
Menentukan nara sumber
4.
Melakukankegiatan wawancara dengan memeperhatikan etika
berwawancara
5.
Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai
kalangan
6.
Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
|
·
Mampu merumuskan topik wawancara
·
Mampu membuat daftar
pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
·
Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari
berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Tes simulasi
|
§ Buatlah daftar
pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!
§ Lakukan wawancara
dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga dia dapat
menilai kemampuan berwawancara siswa)
|
6 X 40’
|
Buku Teks
Nara sumber
Rekaman Wawancara
|
2.2 Menyam-paikan
laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Laporan perjalanan
|
Mendengarkan
laporan perjalanan (model)
Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
Berlatih menyampaikan laporan
Menyampaikan laporan secara pribadi
Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
|
·
Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola
urutan waktu, ruang, atau topik
·
Mampu menyampaikan laporan secara lisan
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Buatlah catatan kecil
pokok-pokok laporan yang akan kamu sampaikan secara lisan!
§ Sampaikan laporan
perjalananmu secara lisan di depan kelas!
|
6 X 40’
|
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan
|
Standar Kompetensi 3 : Membaca
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Menemukan informasi
secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/
Buku telepon dengan membaca memindai
|
Informasi di dalam ensiklopedi/buku telepon
|
1. Mencari
ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi
2. Mencari subjek
informasi (lema) secara cepat dan tepat
3. Membaca informasi
secara cepat dan tepat.
4. Merumuskan cara praktis
menggunakan ensiklopedia/buku telepon
5. Mengemukakan kembali
informasi dalam ensiklopedi/buku telepon
dengan bahasa sendiri.
|
·
Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
·
Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat
·
Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa
sendiri
|
Observasi
Observasi
Observasi
|
Lembar Obs.
Lembar observasi
Lembar observasi
|
§ Temukan kata ”lema”
dalam waktu 10 detik!
§ Temukan informasi
tentang ... dalam waktu 2 menit!
§ Kemukakan
informasi yang kamu peroleh secara lisan!
|
4 X 40’
|
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
|
3.2
Mendes-kripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenar-nya sesuai dengan
yang tertera dalam denah
|
Denah
|
1. Mencermati denah
tentang petunjuk arah mata angin dan
simbol/tanda yang tertera
2. Bertanya jawab
tentang petunjuk arah
3. Mendiskusikan
perjalanan yang paling mudah ke arah
tempat yang dituju
4. Mengemukakan rute
perjalanan ke tempat yang dituju
|
·
Mampu membaca arah mata angin
·
Mampu mengenali simbol/tanda yang tertera dalam denah
·
Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
|
Lembar observasi
Lembar observasi
Tes uraian
|
§ Kemukakan arah mata
angin dengan arah sebenarnya!
§ Kemukakan tempat yang
dituju dengan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat!
§ Uraikan perjalananmu ke arah tempat yang dituju!
|
2 X 40’
|
Buku teks
Denah
|
3.3 Menyimpulkan isi
suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Isi teks bacaan
|
1. Pelatihan membaca cepat
dengan waktu tertentu
2. Mengukur kecepatan
membaca cepat diri sendiri dan teman
3. Membaca cepat dengan
target 250 kata per menit
4. Menjawab pertanyaan
5. Menghitung KEM sendiri
dan teman
6. Mendiskusikan simpulan
isi teks
|
·
Mampu membaca dengan kecepatan 250 kata per menit
·
Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
·
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan
teman
·
Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
|
Observasi
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Tes isian atau tes pilihan ganda
Tes uraian
|
§ Bacalah teks kemudian
hitung kecepatan membacamu!
§ Jawablah pertanyaan
berikut ini!
§ Tulislah simpulan
bacaan dalam beberapa kalimat!
|
2 X 40’
|
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu
|
Standar Kompetensi 4 : Menulis
Mengungkapkan
informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan
benar
|
Laporan perjalanan
|
1.
Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan
perjalanan di TV
2. Mendiskusikan
pokok-pokok laporan perjalanan
3. Menyusun kerangka
laporan
4. Menulis laporan perjalanan pribadi
|
· Mampu menemukan
pokok-pokok laporan
· Mampu menyusun kerangka
laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
· Mampu mengembangkan
kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk
|
§ Buatlah kerangka
laporan perjalanan dengan pola tertentu!
§ Kembangkan kerangka
laporan menjadi laporan tertulis!
|
4 X 40’
|
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
|
|
4.2
Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan
sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
|
Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah
|
1.
Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan sistematika surat dinas
2. Mendiskusikan
penggunaan bahasa dalam surat dinas
3. Bertanya jawab mengenai
kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
4. Menulis surat dinas
yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan
sistematika yang tepat dan bahasa baku.
5. Menyunting surat dinas
|
· Mampu menentukan
sistematika surat dinas
· Mampu menulis surat
dinas kegiatan sekolah dengan bahasa baku
· Mampu menyunting surat dinas
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk
|
§ Tentukan sistematika surat dinas!
§ Tulislah surat dinas
kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan Osis di ruang aula
(Kamu adalah ketua Osis)!
§ Suntinglah surat dinas
temanmu!
|
4 X 40’
|
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
|
|
4.3
Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Bahasa petunjuk
|
1.
Membaca petunjuk (model)
2. Mendiskusikan
urutan-urutan
3. Membandingkan bahasa
petunjuk dengan bahasa deskriptif
4. Menyimpulkan ciri-ciri
bahasa petunjuk
5. Tanya jawab tentang
penyuntingan bahasa petunjuk (model)
yang belum efektif
6. Menulis petunjuk
sesuatu
7. Menyunting bahasa
petunjuk teman
|
· Mampu mendata urutan
melakukan sesuatu
· Mampu menyimpulkan
ciri-ciri bahasa petuntuk
· Mampu menulis petunjuk
dengan bahasa yang efektif
· Menyunting bahasa
petunjuk
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk
|
§ Datalah urutan
melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§ Tulislah ciri-ciri
bahasa petunjuk!
§ Tulislah petunjuk
tentang cara minum obat!
§ Suntinglah bahasa
petunjuk temanmu!
|
4 X 40 ‘
|
Model-model petunjuk Buku teks
|
Standar Kompetensi 5 : Mendengarkan
Mengapresiasi
pementasan drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Menanggapi unsur pementasan naskah drama
|
Unsur-unsur pementasan drama
|
1. Mendengarkan/menonton
pementasana drama (model)
2. Mendiskusikan
unsur-unsur drama
3. Menanggapi dangan cara
memberi pendapat, kritik, maupun saran
|
· Mampu menentukan unsur-unsur
pementasan drama
·
Mampu menanggapi tiap unsur dengan alasan yang logis
|
Tes tulis
Observasi
|
Tes uraian
Lembar observasi
|
§ Tentukan unsur-unsur
drama!
§ Tanggapilah drama yang
baru kamu dengar/tonton!
|
4 X 40’
|
Pementasan drama atau model
pementasan yang dilakukan siswa
|
5.2 Mengevaluasi
pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Pementasan Drama
|
1. Mendengarkan/menonton
pementasana drama (model)
2. Tanya jawab
tentang karakter tiap tokoh
3. Mengevaluasi pemeranan
tokoh dengan alasan yang logis
|
·
Mampu menentukan karakter tiap tokoh
·
Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter
yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis
·
Mampu menentukan 3 komponen pendukung karakter tokoh
drama
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Uraian
Uji petik kerja produk
Uraian
|
§ Tentukan karakter tokoh!
§ Berikan penilaian
tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
§ Tentukan sedikitnya 3
komponen pendukung karakter tokah drama
|
4 X 40’
|
Pementasan drama atau model
pementasan yang dilakukan siswa
|
Standar Kompetensi 6 : Berbicara
Mengungkapkan pikiran
dan perasaan dengan bermain peran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1
Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis
siswa
|
Bermain peran
|
1. Membaca teks drama yang
telah ditulis
2. Menentukan karakter
tokoh
3. Memilih tokoh yang akan
diperankan
4. Berlatih menghayati
karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
5. Olah vokal
6. Menyiapkan perangkat
pendukung tokoh yang akan diperankan
7. Memerankan tokoh sesuai
karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
|
·
Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah
ditulis siswa
·
Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut
dengan lafal yang jelas dan intonasi
yang tepat
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
|
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
|
§ Tentukan karakter
setiap tokoh!
§ Perankan tokoh sesuai
dengan karakter dan dialog antartokoh!
|
6 X 40’
|
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
|
6.2
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai
dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa
|
Bermain peran secara improvisasi
|
1.
Membaca kerangka teks drama yang telah ditulis
2.
Menentukan karakter tokoh
3.
Memilih tokoh yang akan diperankan
4.
Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman
sebagai lawan main
5.
Olah vokal
6.
Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan
diperankan
7.
Memerankan tokoh dengan improvisasi
|
·
Mampu menentukan karakter tokoh
·
Mampu berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
|
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
|
§ Tentukan karakter
setiap tokoh seperti yang terdapat di dalam kerangka naskah tulisan siswa!
§ Perankan tokoh sesuai
dengan karakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
|
6X 40’
|
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
|
Standar Kompetensi 7 : Membaca
Memahami
teks drama dan novel remaja
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mengidentifikasi
unsur intrinsik teks drama
|
Unsur intrinsik teks drama
|
1.
Membaca teks drama,
2.
Mendiskusikan
unsur-unsur instrinsik teks drama
3. Menganisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui
diskusi
4. Mendiskusikan
keterkaitan antarunsur intrinsik agar bisa menemukan makna secara utuh
|
·
Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
·
Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur
intrinsiknya
·
Menganalisis keterkaitan antarunsur intrinsik dalam
teks drama
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes
Uraian
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Apakah tema teks drama
yang telah kamu baca?
§ Tentukan dua intrinsik teks drama disertai dengan contoh!
§ Tentukan sebuah makna dengan cara mengaitkan minimal dua unsur intrinsik!
|
4 X 40’
|
Buku teks
Buku referensi
|
7.2 Membuat sinopsis novel
remaja Indonesia
|
Sinopsis novel
|
1. Mendiskusikan konsep
sinopsis
2. Mendiskusikan cara
menentukan kerangka cerita dalam novel
3. Menentukan kerangka
novel
4. Menulis sinopsis novel
|
·
Mampu menjelaskan konsep sinopsis
·
Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
·
Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan
kerangka sinopsis
|
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah sebuah novel
remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja Indonesia
|
Standar Kompetensi 8 : Menulis
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui
kegiatan menulis kreatif naskah drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis kreatif naskah
drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Naskah drama
|
1. Mendata cerita,
kemudian memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah
drama
2. Menyusun kerangka
cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
3. Bertanya jawab mengenai
keaslian ide
4. Menulis naskah drama
satu babak berdasarkan kerangka naskah drama
|
·
Mampu menyusun kerangka naskah drama yang mengandung
keaslian ide.
·
Mampu mengembangkan kerangka cerita menjadi teks
drama satu babak yang mengandung keaslian ide.
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih
kemudian kembangkan menjadi naskah drama!
|
4 X 40’
|
Buku teks drama
Buku referensi yang berisikan drama
|
8.2 Menulis kreatif naskah
drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Naskah drama
|
1. Mendata cerita untuk
memilih satu Tes unjuk kerja cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan
naskah drama
2. Menyusun kerangka
naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
3. Bertanya jawab mengenai
kaidah penulisan naskah drama
4. Menulis naskah drama
satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah
penulisan naskah drama.
|
·
Mampu menyusun kerangka cerita drama.
·
Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan
kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih
kemuian kembangkan menjadi naskah drama!
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Buku referensi
|
Tanon , 1 Juli 2013 .
Mengetahui,
Guru Bahasa Indonesia
Kepala Sekolah
Agus
Sumardi,S.Pd.
Drs.Budi Suyanto
Silabus
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/ 2
Standar Kompetensi 9 : Mendengarkan
Memahami isi berita radio/televisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1
Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana) yang
didengar atau ditonton melalui radio/televisi
|
Pokok-pokok berita
|
1. Mendengarkan rekaman
berita dari radio/TV
2. Mendiskusikan
pokok-pokok berita yang didengar dari rekaman
3. Menentukan pokok-pokok
berita
4. Menuliskan pokok-pokok
berita dengan ejaan yang benar
|
· Mampu menemukan
pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok
berita
· Mampu menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Kemukakan secara lisan
pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang akan kamu dengar!
§ Tuliskan pokok-pokok
berita dengan singkat!
|
2 X 40’
|
TV/Radio/
Rekaman berita
|
9.2 Mengemukakan kembali
berita yang didengar/ditonton melalui radio/ televisi
|
Berita
|
1.Mendengarkan rekaman
berita dari radio/TV
2. Menganalisis pokok-pokok berita yang didengar
3. Mendiskusikan penulisan
berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
4. Menulis satu teks
berita
5. Menyunting teks berita tulisan sendiri atau
teman
|
· Mampu menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
· Mampu merangkai
pokok-pokok berita secara
bervasiasi menjadi teks berita
· Mampu menyunting berita
yang ditulis
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja
|
§ Tulis pokok-pokok
berita dengan singkat!
§ Tulislah teks berita
dengan cara merangkai secara
bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks
beritamu dan berita temanmu!
|
4 X 40’
|
TV/Radio/
Rekaman berita
|
Standar Kompetensi 10 :
Berbicara
Mengemukakan
pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan
bukti atau alasan
|
Diskusi
|
1. Mengamati model
diskusi, kemudian membahas mekanisme berdiskusi
2. Mendiskusikan etika menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi melalui
pengamatan model
3. Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan
bukti atau alas an
|
· Mampu menentukan
mekanisme diskusi
· Mampu menyimpulkan
etika dalam diskusi
· Mampu menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika
yang baik dan argumentatif
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Tunjukkan beberapa
mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
§ Jelaskan beberapa etika
berdiskusi yang kamu ketahui!
§ Berdiskusilah dengan
tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi!
|
4 X 40’
|
Lingkungan
Narasumber, Media cetak ataupun elektronik, Model,
Buku teks, Buku referensi
|
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik
dan benar serta santun
|
Teks acara
|
1. Mengamati nara
sumber membawakan acara
2. Tanya jawab untuk
menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
3. Menyimpulkan tata
urutan sapaan, sambutan
4. Menyimpulkan garis
besar susunan acara
5. Membawakan acara dengan
bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara
|
· Mampu menyimpulkan tata
cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
· Mampu menunjukkan garis
besar susunan acara
· Mampu membawakan acara
dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara
|
Tes unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ Jelaskan apa yang
dimaksud dengan tata cara protokoler pembawa acara!
§ Tunjukkan garis besar
susunan suatu acara!
§ Berperanlah sebagai
pembawa acara untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks!
|
6 X 40’
|
Nara sumber
Buku Teks, Buku referensi
|
Standar Kompetensi 11 : Membaca
Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11. 1 Menemukan
masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
|
Permasalahan
dalam teks-teks berita
|
1. Membaca beberapa berita
untuk bertanya jawab mengenai permasalahan yang dalam tiap berita
2. Bertanya jawab mengenai
masalah utama pada setiap berita
3. Bertanya jawab untuk
menyimpulkan kesamaan masalah dalam beberapa berita
|
· Mampu mendata masalah-masalah dari tiap
berita
· Mampu menentukan
masalah utama dari tiap berita
· Mampu menyimpulkan kesamaan
masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tuliskan
permasalahan-permasalahan yang terdapat pada tiga teks berita!
§ Tuliskan masalah utama
yang terdapat pada tiga teks berita!
§ Tuliskan kesamaan
masalah yang terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
|
4 X 40’
|
Media cetak
|
11.2 Menemukan
informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
|
Informasi sebagai bahan diskusi
|
1. Membaca berita atau
artikel dari media cetak
2. Mendiskusikan informasi
yang problematik atau kontradiktif
3. Mendiskusikan rumusan
masalah untuk bahan diskusi
|
· Mampu mendata informasi
yang problematik dan atau kontradiktif
dari bacaan
· Mampu merumuskan
masalah dari data yang diperoleh untuk
bahan diskusi
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulislah informasi yang
bersifat problematik dan kontradiktif yang terdapat pada suatu teks!
§ Rumuskan permasalahan
yang terdapat pada suatu teks untuk bahan diskusi!
|
4 X 40’
|
Media cetak
|
11.3 Membacakan teks
berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang
jelas
|
Pembacaan teks berita
|
1. Mengamati nara
sumber/model membacakan teks berita, kemudian mendiskusikan intonasi, artikulasi,
dan ekspresi narasumber/ model yang bersangkutan
2. Berdiskusi untuk
memberikan tanda penjedaan
3. Membacakan teks
berita dengan intonasi yang tepat, arikulasi dan volume suara yang jelas,
serta ekspresi sesuai dengan konteks
|
· Mampu memberi tanda penjedaan dalam teks berita
· Mampu membacakan teks
berita dengan intonasi yang tepat, artikulasi dan volume suara yang jelas,
serta ekspresi yang sesuai dengan
konteks
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan
produk
|
§ Berilah tanda jeda pada
teks berita yang akan kamu bacaa!
§ Bacakanlah teks berita
tersebut di depan kelas!
|
6 X 40’
|
Buku Teks
Nara sumber
|
Standar Kompetensi 12 : Menulis
Mengungkapkan
informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12. 1 Menulis rangkuman
buku ilmu pengetahuan populer
|
Rangkuman
|
1. Membaca teks
2. Mendiskusikan
pokok-pokok pikiran dalam teks
3. Merangkai pokok-pokok
pikiran menjadi rangkuman
4. Membaca buku ilmu
pengetahuan populer/penemuan
5. Menulis
pokok-pokok isi buku
6. Menulis rangkuman
buku
7. Menyunting
rangkuman
|
·
Mampu menulis pokok-pokok isi buku
·
Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
· Menyunting rangkuman
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah sebuah buku
ilmu pengetahuan populer/penemuan kemudian
§ Tuliskan pokok-pokok
isinya!
§ Buatlah rangkuman
berdasarkan pokok-pokok isi buku yang kamu baca!
§ Suntinglah dalam hal
kebahasaan dan isinya rangkuman buku yang sudah kamu tulis!
|
4 X 40’
|
Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
|
12.2 Menulis teks
berita secara singkat, padat, dan jelas
|
Teks berita
|
1. Mengamati contoh teks
berita
2. Berburu berita di
sekitar sekolah
3. Menyusun data-data
pokok berita
4. Merangkai data
pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
5. Menyunting berita
6. Menampilkan berita
dalam majalah dinding atau majalah sekolah
|
· Mampu menyusun data
pokok berita
· Mampu merangkai data
pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
· Mampu menyunting berita
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Tulislah data pokok
berita yang kamu peroleh berdasarkan pengamatan terhadap suatu peristiwa!
§ Kembangkan data pokok
berita menjadi sebuah teks berita!
§ Suntinglah tulisan berita
yang sudah kamu susun!
|
4 X 40’
|
Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita
|
12.3 Menulis
slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat
yang bervariasi, serta persuasi
|
Slogan/poster
|
1. Mengamati
bermacam-macam poter, kemudian beranya jawab tentang jenis-jenis poster
2. Membahas bahasa dalam
poster
3. Menyunting bahasa
poster yang salah
4. Menulis slogan/poster
sesuai dengan konteks
5. Menyunting
slogan/poster sendiri
|
· Mampu menunjukkan
jenis-jenis slogan/poster
· Mampu menulis slogan/poster
sesuai dengan konteks
· Mampu menyunting
slogan/poster
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Tunjukkan beberapa
jenis poster berdasarkan keperluannya!
§ Buatlah sebuah
slogan/poster sesuai dengan konteks!
§ Suntinglah
slogan/poster yang sudah kamu susun!
|
2 X 40’
|
Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster
|
Standar Kompetensi 13 : Mendengarkan
Memahami
unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
13.1 Mengidentifikasi
karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
Karakter tokoh
|
1. Mendengarkan pembacaan
cuplikan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab mengenai
tokoh-tokoh dalam novel
2. Mendata tokoh utama dan
sampingan dalam novel
3. Mengidentifikasi
karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
|
· Mampu mendata tokoh
utama dan sampingan dalam cuplikan novel
· Mampu mengidentifikasi
karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
§ Tunjukkan tokoh mana
yang termasuk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang terdapat di
dalam suatu cuplikan novel!
§ Tentukan karakter tokoh
disertai dengan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel yang kamu
dengar!
|
2 X 40’
|
Buku teks
Perpustaka-an
Novel remaja
Terjemahan
|
13.2 Menjelaskan tema
dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
Tema dan latar
|
1. Mendengarkan pembacaan
cuplikan novel remaja terjemahan
2. Bertanya jawab
mengenai ide-ide utama dalam cuplikan
novel
3. Bertanya jawab
mengenai macam-macam latar
4. Menganalisis
latar cuplikan novel
|
·
Mampu menyimpulkan tema cuplikan
·
Mampu mendata latar-latar yang ada dalam cuplikan
novel
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulis tema
cuplikan novel yang kamu dengarkan!
§ Tulislah latar
disertai dengan bukti cuplikan novel yang kamu dengarkan!
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
13.3 Mendeskripsikan
alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
Alur cuplikan novel
|
1. Mendengarkan pembacaan
cuplikan novel remaja terjemahan
2. Bertanya jawab mengenai
struktur alur
3. Menganalisis
tahap-tahap alur
4. Menentukan alur dengan
bukti deskripsi cerita pada setiap tahapannya
|
· Mampu mendata
tahap-tahap alur cerita
· Mampu menentukan alur
dengan bukti deskripsi cerita pada setiap
tahapannya
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulislah tahap-tahap
alur cerita yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang kamu dengarkan!
§ Tulislah alur cuplikan
novel yang kamu dengarkan!
|
2 X 40’
|
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
Standar Kompetensi 14 : Berbicara
Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli
atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
14.1 Mengomentari kutipan
novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Komentar kutipan novel
|
1. Membaca kutipan novel
remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab tentang masalah-masalah yang ada
dalam kutipan
2. Menunjukkan keunggulan,
kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang logis
|
· Mampu mendata
masalah-masalah yang perlu dikomentari
· Mampu mengomentari
novel dengan alasan yang logis
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Datalah masalah-masalah
yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat dikomentari!
§ Berikan pendapat,
kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel terjemahan yang
kamu baca!
|
2 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
|
14.2 Menanggapi hal
yang menarik dari kutipan novel remaja
(asli atau terjemahan)
|
Novel remaja
|
1. Membaca kutipan novel
remaja terjemahan, kemudian mendiskusikan hal yang menarik dari kutipan
novel terjemahan
2. Menanggapi komentar
teman tentang suatu novel remaja dengan santun
|
· Mampu mengemukakan hal
yang menarik dari novel dengan alasan yang logis
· Mampu menanggapi
komentar teman tentang novel dengan
santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Kemukakan hal-hal yang
menarik yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca! Jelaskan pula alasan-alasannya sehingga
kamu berpendapat demikian!
§ Tanggapilah
komentar-komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang
terdapat dalam suatu kutipan novel terjemahan!
|
4 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
|
Standar Kompetensi 15 : Membaca
Memahami buku
novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
15.1 Menjelaskan alur
cerita, pelaku, dan latar novel (asli atau terjemahan)
|
Alur, pelaku, dan latar novel
|
1. Membaca kutipan
novel terjemahan untuk mendiskusikan alur, pelaku, dan latar dalam kutipan
novel terjemahan serta menyimpulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
2. Membaca buku novel
terjemahan, kemudian menganalisis alur cerita, pelaku, dan latar novel
terjemahan
|
· Mampu menentukan
karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
· Mampu menentukan latar
novel dengan bukti yang faktual
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah sebuah novel
terjemahan kemudian tentukanlah karakter tokoh-tokohnya!
§ Buatlah laporan tentang
alur ceritanya, pelaku, dan latar novel tersebut.
§ Analisislah keterkaitan
alur cerita, pelaku, dan latarnya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
|
15.2 Mengenali
ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Ciri-ciri umum puisi yang terdapat dalam antologi puisi
|
1. Membaca puisi-puisi
dalam buku antologi puisi, kemudian ber tanya jawab untuk mendata hal-hal
yang khusus dari puisi-puisi dalam antologi
2. Mendiskusikan ciri-ciri umum puisi
|
· Mampu mendata hal-hal
yang bersifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
· Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
Bacalah sebuah buku antologi puisi, lalu buatlah laporan yang berisi
data hal-hal yang khusus dari setiap puisi, kemudian simpulkan ciri umum
puisi dari antologi tersebut!
|
4 X 40’
|
Buku teks
perpustakaan
|
Standar Kompetensi 16 : Menulis
Mengungkapkan
pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
16.1 Menulis puisi
bebas dengan mengguna-kan pilihan kata yang sesuai
|
Puisi
|
Membaca
berbagai puisi, kemudian mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
Bertanya
jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
Mengamati
objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penulisan puisi
Mendeskripsikan
objek dalam larik-larik puitis
Menulis
puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
Menyunting
sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat
puitis
|
· Mampu mendata objek
yang akan dijadikan bahan menulis puisi
· Menulis puisi
dengan menggunakan pilihan kata yang
tepat
· Mampu menyunting
sendiri pilihan kata puisi yang ditulis
|
Portofolio
|
Portofolio
|
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu, dan dengan pilihan
kata yang tepat. Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih puitis. Cermatilah komentar
gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan
|
16.2 Menulis puisi
bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
Puisi
|
1. Membaca berbagai puisi
untuk mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
2. Bertanya jawab untuk
menentukan puisi yang akan ditulis
3. Mengamati objek dan
mendata objek yang akan dipuisikan
4. Mendeskripsikan objek
dalam larik-larik yangbersifat puitis
5. Menulis puisi dengan
memperhatikan unsur persajakan
6. Menyunting puisi yang
ditulis sendiri
|
· Mampu mendata objek
yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
· Mampu mendeskripsikan
objek dalam larik-larik yang bersifat puitis
· Mampu menyunting
sendiri puisi yang ditulisnya
|
Portofolio
|
Portofolio
|
Tulislah sebuah puisi dengan
berdasarkan topik tertentu, dan dengan persajakan kata yang tepat!
Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih puitis. Cermatilah komentar
gurumu dan atau temanmu , kemudian tuliskan perasaanmu atas proses penulisan
puisi yang kamu lakukan selanjutnya
|
2 X 40’
|
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan
|
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar