Translate

Selasa, 16 Juli 2013

SILABUS BAHASA INDONESIA KLS VIII/1


Silabus


Sekolah                         : SMP
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : VIII/1

Standar Kompetensi           1  : Mendengarkan
  Memahami wacana  lisan berbentuk laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1                
Meng­­­ana­lisis laporan

Laporan perjalanan
1. Mendengarkan laporan
2. Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat  singkat
3. Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
4. Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

·   Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat



·   Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

Tes lisan





Tes tulis

Dafttar pertanyaan




Tes uraian

§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!




§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!

4 X 40’
Narasumber (Siswa)

1.2                
Me­nang­gapi isi laporan

Laporan perjalanan
Mendengarkan laporan perjalan­an
Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalan­an
·   Mampu menanggapi laporan erjalan-an teman dengan mengajukan perta-nyaan atau pendapat secara tepat
·   Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman


Observasi


Observasi
Lembar observasi

Lembar observasi
§ Tanggapilah isi laporan perjalanan yang dibacakan!

§ Berilah tanggapan, kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!

4 X 40’
Narasumber
(siswa)









Standar Kompetensi  2   : Berbicara
                                                 Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara






 Wawancara

1. Menentukan topik wawancara
2. Menyusun daftar pertanyaan
3. Menentukan nara sumber
4. Melakukankegiatan wawancara dengan memeperhatikan etika berwawancara
5. Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
6. Mencatat pokok-pokok hasil wawancara


·   Mampu merumuskan topik wawancara
·   Mampu membuat daftar  pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
·   Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

Tes tulis




Tes unjuk kerja



Tes uraian




Tes simulasi



§ Buatlah daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!



§ Lakukan wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)



6 X 40’
Buku Teks
Nara sumber
Rekaman Wawancara

2.2 Menyam-paikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar





Laporan perjalanan
Mendengarkan laporan perjalanan (model)
Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
Berlatih menyampaikan laporan
Menyampaikan laporan secara pribadi
Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi

·   Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
·   Mampu menyampaikan laporan secara lisan

Tes lisan


Tes unjuk kerja

Tes uraian


Uji petik kerja produk
§ Buatlah catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampai­kan secara lisan!
§ Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!

6 X 40’
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan








Standar Kompetensi       3   :  Membaca
                                                       Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/
Bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai



Informasi di dalam ensiklo­pedi/buku te­­le­pon
1. Mencari ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi
2. Mencari subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat
3. Membaca informasi secara cepat dan tepat.
4. Merumuskan cara praktis menggunakan ensiklopedia/buku telepon
5. Mengemukakan kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon  dengan bahasa sendiri.

·   Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat



·   Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat



·   Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri

Observasi




Observasi




Observasi
Lembar Obs.
Lembar observasi
Lembar observasi
§ Temukan kata ”lema” dalam waktu 10 detik!
§ Temukan informasi tentang ... dalam waktu 2 menit!
§ Kemukakan informasi yang kamu peroleh secara lisan!
4 X 40’
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
3.2 Mendes-kripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang sebenar-nya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah




Denah
1. Mencermati denah tentang  petunjuk arah mata angin dan simbol/tanda yang tertera
2. Bertanya jawab tentang  petunjuk arah
3. Mendiskusikan perjalanan yang paling mudah  ke arah tempat yang dituju
4. Mengemukakan rute perjalanan ke tempat yang dituju
·   Mampu membaca arah mata angin


·   Mampu mengenali simbol/tanda yang tertera dalam denah
·   Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju


Observasi


Observasi

Tes tulis
Lembar observasi
Lembar observasi

Tes uraian
§ Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§ Kemukakan tempat yang dituju de­ngan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat!
§ Uraikan  perjalananmu ke arah tem­pat yang dituju!
2 X 40’
Buku teks
Denah
3.3 Menyim­pul­kan isi suatu teks dengan membaca ce­pat 250 kata per menit
Isi teks bacaan
1. Pelatihan membaca cepat dengan waktu tertentu
2. Mengukur kecepatan membaca cepat diri sendiri dan teman
3. Membaca cepat dengan target 250 kata per menit
4. Menjawab pertanyaan
5. Menghitung KEM sendiri dan teman
6. Mendiskusikan simpulan isi teks
·   Mampu membaca dengan kecepatan 250 kata per menit
·   Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
·   Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman

·   Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
Observasi

Tes tertulis

Tes tertulis



Tes tertulis
Lembar observasi

Tes isian atau tes pilihan ganda
Tes uraian
§ Bacalah teks kemudian hitung kecepatan membacamu!

§ Jawablah pertanyaan berikut ini! 



§ Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu

Standar Kompetensi    4    : Menulis
                                             Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1                 
Menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan be­nar


Laporan perjalanan


1. Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan perja­­la­n­­an di TV
2. Mendiskusikan pokok-pokok la­poran perjalanan
3. Menyusun kerangka laporan
4.  Menulis laporan perjalanan pri­badi
·  Mampu menemukan pokok-pokok laporan

·  Mampu menyusun kerangka la­poran berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
·  Mampu mengembangkan kerang­ka laporan dengan bahasa yang komunikatif

Tes uraian


Uji petik kerja produk

Uji petik kerja produk


§ Buatlah kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!

§ Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
 4 X 40’
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
4.2                 
Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku

Surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah

1. Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan siste­ma­tika  surat dinas
2. Mendiskusikan penggunaan ba­hasa dalam surat dinas
3. Bertanya jawab mengenai kegiat­an sekolah yang akan dilaksana­kan
4. Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
5. Menyunting surat dinas
·  Mampu menentukan sistematika surat dinas





·  Mampu menulis surat dinas kegiatan sekolah dengan bahasa baku
·  Mampu menyunting surat dinas
Tes uraian






Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk


§ Tentukan  sistematika surat dinas!
§ Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan Osis di ruang aula (Kamu adalah ketua Osis)!
§ Suntinglah surat dinas temanmu!
 4 X 40’
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
4.3                
Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif


Bahasa petunjuk
1. Membaca petunjuk (model)
2. Mendiskusikan urutan-urutan
3. Membandingkan bahasa petunjuk dengan bahasa deskriptif
4. Menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
5. Tanya jawab tentang penyuntingan  bahasa petunjuk (model) yang belum efektif
6. Menulis petunjuk sesuatu


7. Menyunting bahasa petunjuk teman
·  Mampu mendata urutan melakukan sesuatu
·  Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk





·  Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif

·  Menyunting bahasa petunjuk


Tes tulis

Tes tulis






Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes uraian

Tes uraian






Uji petik kerja produk

Uji petik kerja produk

§ Datalah urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§ Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk!

§ Tulislah petunjuk tentang cara minum obat!

§ Suntinglah bahasa petunjuk temanmu!

 4 X 40 ‘
Model-model petunjuk Buku teks














Standar Kompetensi      5  :   Mendengarkan
                                                    Mengapresiasi pementasan drama


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1
Menang­­gapi unsur pementasan naskah dra­ma


Unsur-unsur pementasan drama
1. Mendengarkan/menonton pementasana drama (model)
2. Mendiskusikan unsur-unsur drama
3. Menanggapi dangan cara memberi pendapat, kritik, maupun saran
·  Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama

·   Mampu menanggapi tiap unsur dengan alasan yang logis


Tes tulis


Observasi
Tes uraian


Lembar observasi
§ Tentukan unsur-unsur drama!
§ Tanggapilah drama yang baru kamu dengar/tonton!
 4 X 40’
Pementasan drama  atau model pementasan yang dilakukan siswa
5.2 Menge­valu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama






Pementasan Drama
1. Mendengarkan/menonton pementasana drama (model)
2. Tanya jawab tentang   karakter tiap tokoh
3. Mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis


·   Mampu menentukan karakter tiap tokoh
·   Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis
·   Mampu menentukan 3 komponen pendukung karakter tokoh drama

Tes tulis

Tes unjuk kerja


Tes tertulis
Uraian

Uji petik  kerja produk


Uraian
§ Tentukan  karakter tokoh!

§ Berikan penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!

§ Tentukan sedikitnya 3 komponen pendukung karakter tokah drama
4 X 40’
Pementasan drama  atau model pementasan yang dilakukan siswa










Standar Kompetensi    6   : Berbicara
                                            Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1
Bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis siswa





Bermain peran
1. Membaca teks drama yang telah ditulis
2. Menentukan karakter tokoh
3. Memilih tokoh yang akan diperankan
4. Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
5. Olah vokal
6. Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
7. Memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat

·   Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa

·   Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan  intonasi yang tepat

Tes lisan


Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan

Tes simulasi
§ Tentukan karakter setiap tokoh!


§ Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan dialog antartokoh!
6 X 40’
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan

6.2
Bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa




Bermain peran secara impro­visasi
1. Membaca kerangka teks drama yang telah ditulis
2. Menentukan karakter tokoh
3. Memilih tokoh yang akan diperankan
4. Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
5. Olah vokal
6. Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
7. Memerankan tokoh dengan improvisasi

·   Mampu menentukan karakter to­koh

·   Mampu berimprovisasi berdasar­kan kerangka naskah


Tes lisan

Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
§ Tentukan karakter setiap tokoh se­perti yang terdapat di dalam ke­rang­ka naskah tulisan siswa!

§ Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
 6X 40’
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan











Standar Kompetensi      7   :  Membaca
                                               Memahami teks drama dan novel remaja


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mengiden­tifikasi unsur intrinsik teks drama




Unsur intrinsik teks drama
1. Membaca teks drama,
2. Mendiskusikan  unsur-unsur in­strin­sik teks drama
3. Menganisis  unsur-unsur intrinsik teks drama melalui diskusi
4. Mendiskusikan keterkaitan antar­unsur intrinsik agar bisa menemu­kan makna secara utuh

·   Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama

·   Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrin­siknya
·   Menganalisis keterkaitan antar­unsur intrinsik dalam teks drama

Tes tulis


Tes tulis

Tes unjuk kerja
Tes
Uraian

Tes Uraian

Uji petik kerja produk
§ Apakah tema teks drama yang te­lah kamu baca?
§ Tentukan dua intrinsik  teks drama disertai dengan contoh!

§ Tentukan  sebuah makna dengan cara mengaitkan  minimal dua un­sur intrinsik!

4 X 40’
Buku teks
Buku referensi
7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia




Sinopsis novel
1. Mendiskusikan konsep sinopsis
2. Mendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel
3. Menentukan kerangka novel
4. Menulis sinopsis novel
·   Mampu menjelaskan konsep sinopsis
·   Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
·   Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka si­nopsis


Penugasan
Penugasan

Penugasan


Tugas proyek

§ Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
4 X 40’
Novel remaja Indonesia













Standar Kompetensi   8   : Menulis
                                           Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide


Naskah drama
1. Mendata cerita, kemudian memi­lih satu cerita untuk diangkat se­ba­gai dasar penulisan naskah drama
2. Menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
3. Bertanya jawab mengenai keasli­an ide
4. Menulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka naskah drama
·   Mampu menyusun kerangka nas­kah drama yang mengandung ke­aslian ide.
·   Mampu mengembangkan ke­rang­ka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keas­li­an ide.


Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah ka­mu pilih kemudian kembangkan men­jadi naskah drama!

4 X 40’
Buku teks dra­ma
Buku referensi yang berisi­kan drama
8.2 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama

Naskah drama
1. Mendata cerita untuk memilih satu Tes unjuk kerja cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
2. Menyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih
3. Bertanya jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama
4. Menulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
·   Mampu menyusun kerangka cerita drama.
·   Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemuian kembangkan menjadi naskah drama!

4 X 40’
Buku Teks
Buku referensi

Tanon , 1 Juli 2013            .
                              Mengetahui,                                                                                                                                   Guru Bahasa Indonesia
                              Kepala Sekolah    



                                                                                                                                                                                      Agus Sumardi,S.Pd.
                            Drs.Budi Suyanto
                      
                                                                                                                                                           
                           

Silabus


Sekolah                       :  SMP
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : VIII/ 2

Standar Kompetensi     9   : Mendengarkan
                                             Memahami isi berita radio/televisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1
 Mene­mu­kan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaima­na) yang di­dengar atau ditonton me­lalui radio/te­levisi


Pokok-pokok berita
1. Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
2. Mendiskusikan pokok-pokok beri­ta yang didengar dari rekaman
3. Menentukan pokok-pokok berita
4. Menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

·   Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

Tes lisan



Tes tulis


Tes uraian



Tes uraian


§ Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang akan kamu dengar!

§ Tuliskan pokok-pokok berita de­ngan singkat!


2 X 40’
TV/Radio/
Rekaman berita

9.2 Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/ televisi

Berita
1.Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
2. Menganalisis  pokok-pokok berita yang didengar
3. Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
4. Menulis satu teks berita
5.  Menyunting teks berita tulisan sendiri atau teman

·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja
Tes Uraian


Uji petik kerja produk
Uji petik kerja


§ Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!

§ Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!
4 X 40’
TV/Radio/
Rekaman berita




Standar Kompetensi      10  : Berbicara
                                               Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1 Menyam­paikan perse­tujuan, sang­gahan, dan penolakan pendapat da­lam diskusi disertai de­ngan bukti atau alasan


Diskusi
1. Mengamati model diskusi, kemu­dian membahas mekanisme berdiskusi
2. Mendiskusikan etika menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi melalui pengamatan model
3. Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alas an

·   Mampu menentukan mekanisme diskusi
·   Mampu menyimpulkan etika dalam diskusi
·   Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif

Observasi
Lembar observasi
§ Tunjukkan beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
§ Jelaskan beberapa etika berdiskusi yang kamu ketahui!
§ Berdiskusilah dengan tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi!
4 X 40’
Lingkungan
Narasumber, Media cetak ataupun elektronik, Model,
Buku teks, Buku referensi
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun









Teks acara
1. Mengamati nara sumber membawakan acara
2. Tanya jawab untuk menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
3. Menyimpulkan tata urutan sapaan, sambutan
4. Menyimpulkan garis besar susunan acara
5. Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara

·   Mampu menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
·   Mampu menunjukkan garis besar susunan acara
·   Mampu membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara

Tes unjuk kerja
Tes simulasi
§ Jelaskan apa yang dimaksud de­ngan tata cara protokoler pembawa acara!
§ Tunjukkan garis besar susunan su­a­tu acara!
§ Berperanlah sebagai pembawa aca­ra untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks!
6 X 40’
Nara sumber
Buku Teks, Buku referensi







Standar Kompetensi     11   : Membaca
                                               Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11. 1 Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif

Permasalahan dalam teks-teks berita
1. Membaca beberapa berita untuk bertanya jawab mengenai perma­salahan yang dalam tiap berita
2. Bertanya jawab mengenai masa­lah utama pada setiap berita
3. Bertanya jawab untuk menyimpul­kan kesamaan masalah dalam beberapa berita
·   Mampu mendata masalah-masalah dari tiap berita

·   Mampu menentukan masalah utama dari tiap berita
·   Mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita


Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian


Tes uraian

Tes uraian
§  Tuliskan permasalahan-permasa­lahan yang terdapat pada tiga teks berita!
§  Tuliskan masalah utama yang ter­da­pat pada tiga teks berita!
§  Tuliskan kesamaan masalah yang terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
4 X 40’
Media cetak
11.2 Menemu­kan informasi untuk bahan diskusi mela­lui membaca intensif

Informasi sebagai bahan diskusi
1. Membaca berita atau artikel dari media cetak
2. Mendiskusikan informasi yang problematik atau kontradiktif
3. Mendiskusikan rumusan masalah untuk bahan diskusi
·   Mampu mendata informasi yang problematik dan atau  kontradiktif dari bacaan
·   Mampu merumuskan masalah dari data yang diperoleh  untuk bahan diskusi


Tes tulis



Tes tulis
Tes uraian



Tes uraian
§  Tulislah informasi yang bersifat pro­b­lematik dan kontradiktif yang ter­da­pat pada suatu  teks!

§  Rumuskan permasalahan yang ter­dapat pada suatu teks untuk bahan diskusi!  
4 X 40’
Media cetak
11.3 Membaca­kan teks beri­ta dengan in­tonasi yang tepat serta ar­tikulasi dan volume suara yang jelas





Pembacaan teks berita
1. Mengamati nara sumber/model membacakan teks berita, kemu­dian mendiskusikan intonasi, arti­kulasi, dan ekspresi narasum­ber/ model yang bersangkutan
2. Berdiskusi untuk memberikan tanda penjedaan
3. Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, arikulasi dan volume suara yang jelas, serta ekspresi sesuai dengan konteks

·   Mampu memberi tanda penjeda­an dalam teks berita
·   Mampu membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, arti­kulasi dan volume suara yang je­las, serta ekspresi yang  sesuai dengan konteks


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
§  Berilah tanda jeda pada teks berita yang akan kamu bacaa!
§  Bacakanlah teks berita tersebut di depan kelas!
6 X 40’
Buku Teks
Nara sumber



Standar Kompetensi     12    : Menulis
                                                Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pe­ngetahuan po­puler



Rangkuman
1. Membaca teks
2. Mendiskusikan pokok-pokok pikiran dalam teks
3. Merangkai pokok-pokok pikiran menjadi rangkuman
4. Membaca buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
5. Menulis pokok-pokok isi buku
6. Menulis rangkuman buku
7. Menyunting rangkuman
·   Mampu menulis pokok-pokok isi buku
·   Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
·   Menyunting rangkuman


                                                
Penugasan
Tugas proyek
§  Bacalah sebuah buku ilmu pengeta­huan populer/penemuan kemudian
§  Tuliskan pokok-pokok isinya!
§  Buatlah rangkuman berdasarkan pokok-pokok isi buku yang kamu baca!
§  Suntinglah dalam hal kebahasaan dan isinya rangkuman buku yang sudah kamu tulis! 
4 X 40’
Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
12.2 Menulis teks berita secara sing­kat, padat, dan jelas




Teks berita
1. Mengamati contoh teks berita
2. Berburu berita di sekitar sekolah
3. Menyusun data-data pokok berita 
4. Merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
5. Menyunting berita
6. Menampilkan berita dalam majalah dinding atau majalah sekolah

·   Mampu menyusun data pokok berita
·   Mampu merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
·   Mampu menyunting berita

Penugasan
Tugas proyek
§  Tulislah data pokok berita yang ka­mu peroleh berdasarkan peng­amat­an terhadap suatu peristiwa!
§  Kembangkan data pokok berita men­jadi sebuah  teks berita!
§  Suntinglah tulisan berita yang su­dah kamu susun!
4 X 40’
Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita

12.3 Menulis slogan/poster untuk berba­gai keperluan dengan pi­lih­an kata dan kalimat yang bervariasi, serta per­sua­si
Slogan/poster
1. Mengamati bermacam-macam poter, kemudian beranya jawab tentang jenis-jenis poster
2. Membahas bahasa dalam poster
3. Menyunting bahasa poster yang salah
4. Menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
5. Menyunting slogan/poster sendiri

·   Mampu menunjukkan jenis-jenis slogan/poster
·   Mampu menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
·   Mampu menyunting slogan/poster

Penugasan
Tugas proyek
§  Tunjukkan beberapa jenis poster berdasarkan keperluannya!
§  Buatlah sebuah slogan/poster se­suai dengan konteks!
§  Suntinglah slogan/poster yang su­dah kamu susun!
2 X 40’
Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster










Standar Kompetensi   13    :  Mendengarkan
                                                   Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
13.1 Mengiden­tifikasi karak­ter tokoh no­vel remaja (asli atau ter­jemahan) yang dibaca­kan


Karakter tokoh
1. Mendengarkan pembacaan cupli­kan novel remaja terjemahan, ke­mu­dian bertanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam novel
2. Mendata tokoh utama dan sam­pingan dalam novel
3. Mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
·   Mampu mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
·   Mampu mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis

Tes tulis
Tes uraian
§ Tunjukkan tokoh mana yang terma­suk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel!

§ Tentukan karakter tokoh disertai de­ngan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel yang kamu dengar!
2 X 40’
Buku teks
Perpustaka-an
Novel remaja
Terjemahan
13.2 Menjelas­kan tema dan latar novel remaja (asli atau terje­mah­an) yang dibacakan
Tema dan latar
1. Mendengarkan pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
2. Bertanya jawab mengenai  ide-ide utama dalam cuplikan novel
3. Bertanya jawab mengenai macam-macam latar
4. Menganalisis latar cuplikan novel
·   Mampu menyimpulkan tema  cuplikan
·   Mampu mendata latar-latar yang ada dalam cuplikan novel

Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian

Tes uraian
§ Tulis tema cuplikan novel yang ka­mu dengarkan!
§ Tulislah latar disertai dengan bukti cuplikan novel yang kamu dengar­kan!
4 X 40’
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
13.3 Mendes­kripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan


Alur cuplikan novel
1. Mendengarkan pembacaan cup­lik­an novel remaja terjemahan
2. Bertanya jawab mengenai struktur alur
3. Menganalisis tahap-tahap alur
4. Menentukan alur dengan bukti des­kripsi cerita pada setiap  ta­hap­annya

·   Mampu mendata tahap-tahap alur cerita
·   Mampu menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap  tahapannya

Tes tulis

Tes tulis

Tes uraian

Tes uraian
§ Tulislah tahap-tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cup­likan novel yang kamu dengarkan!

§ Tulislah alur cuplikan novel yang kamu dengarkan!
2 X 40’
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan








Standar Kompetensi  14   : Berbicara
                                            Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
14.1 Mengo­men­tari ku­tipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)


Komentar kutipan novel
1. Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab tentang masalah-masalah yang ada dalam kutipan
2. Menunjukkan keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang logis
·   Mampu mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
·   Mampu mengomentari novel dengan alasan yang logis


Observasi


Lembar observasi

§ Datalah masalah-masalah yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat dikomentari!
§ Berikan pendapat, kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel terjemahan yang kamu baca!
2 X 40’
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
14.2 Menang­gapi hal yang menarik dari  kutipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)




Novel remaja
1. Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudian mendis­kusikan hal yang menarik dari ku­tipan novel terjemahan
2. Menanggapi komentar teman ten­tang suatu novel remaja dengan santun

·   Mampu mengemukakan hal yang menarik dari novel dengan alasan yang logis
·   Mampu menanggapi komentar  teman tentang novel dengan santun



Observasi

Lembar observasi

§ Kemukakan hal-hal yang menarik yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca!  Jelaskan pula alasan-alasannya sehingga kamu berpendapat demikian!

§ Tanggapilah komentar-komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang terdapat dalam suatu kutipan novel terje­mah­an!

4 X 40’
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks















Standar Kompetensi      15  : Membaca
                                               Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
15.1 Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)



Alur, pelaku, dan latar novel
1. Membaca kutipan novel terje­mah­an untuk mendiskusikan alur, pe­laku, dan latar dalam kutipan novel terjemahan serta menyim­pulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
2. Membaca buku novel terjemahan, kemudian menganalisis alur ceri­ta, pelaku, dan latar novel terje­mahan
·   Mampu menentukan karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
·   Mampu menentukan latar novel dengan bukti yang faktual
·   Menganalisis keterkaitan antar­un­sur intrinsik dalam teks drama


Penugasan
Tugas proyek
§ Bacalah sebuah novel terjemahan kemudian tentukanlah karakter to­koh-tokohnya!
§ Buatlah laporan tentang alur ceri­ta­nya, pelaku, dan latar novel terse­but.
§ Analisislah keterkaitan alur cerita, pelaku, dan latarnya!
4 X 40’
Novel remaja terjemahan
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari bu­ku antologi puisi



Ciri-ciri umum puisi yang ter­dapat dalam antologi puisi

1. Membaca puisi-puisi dalam buku antologi puisi, kemudian ber tanya jawab untuk mendata hal-hal yang khusus dari puisi-puisi da­lam antologi
2. Mendiskusikan  ciri-ciri umum puisi
·   Mampu mendata hal-hal yang ber­sifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi
Penugasan
Tugas proyek
Bacalah sebuah buku antologi pui­si, lalu buatlah laporan yang berisi data hal-hal yang khusus dari seti­ap puisi, kemudian simpulkan ciri umum puisi dari antologi tersebut!
4 X 40’
Buku teks
perpustakaan














Standar Kompetensi    16   :  Menulis
                                                    Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
16.1 Menulis puisi bebas dengan mengguna-kan pilihan kata yang sesuai
 Puisi
Membaca berbagai puisi, kemu­dian mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
Bertanya jawab untuk menen­tu­kan puisi yang akan ditulis
Mengamati objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penu­lisan puisi
Mendeskripsikan objek dalam la­rik-larik puitis
Menulis puisi dengan menggu­nakan pilihan kata yang tepat
Menyunting sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat puitis

·   Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
·   Menulis puisi dengan  menggu­nakan pilihan kata yang tepat
·   Mampu menyunting sendiri pilihan kata puisi yang ditulis

Portofolio
Portofolio
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu, dan dengan pilih­an kata yang tepat. Suntinglah pui­simu sehingga menjadi lebih puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan

4 X 40’
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan

16.2 Menulis puisi bebas dengan mem­perhatikan un­sur persa­jakan
Puisi
1. Membaca berbagai puisi untuk mendaftar topik yang akan diang­kat sebagai puisi
2. Bertanya jawab untuk menen­tu­kan puisi yang akan ditulis
3. Mengamati objek dan mendata objek yang akan dipuisikan
4. Mendeskripsikan objek dalam larik-larik yangbersifat puitis
5. Menulis puisi dengan memper­ha­ti­kan unsur persajakan
6. Menyunting puisi yang ditulis sen­diri

·   Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
·   Mampu mendeskripsikan objek dalam larik-larik yang bersifat puitis
·   Mampu menyunting sendiri puisi yang ditulisnya

Portofolio
Portofolio
Tulislah sebuah puisi dengan  berdasarkan topik tertentu, dan dengan persajakan kata yang tepat! Suntinglah puisimu sehingga men­jadi lebih puitis. Cermatilah komen­tar gurumu dan atau temanmu , kemudian tuliskan perasaanmu atas proses penulisan puisi yang kamu lakukan selanjutnya
2 X 40’
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan




 

.
                                                                                                                                               
                                                                                                                                                           






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar