Translate

Jumat, 10 Januari 2014

Silabus Bahasa Indonesia Kls IX / 2

SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
9
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Berbahasa
Aspek
:
Mendengarkan
Standar Kompetensi
:
Memahami isi  pidato/khotbah/ceramah

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1      Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar
1.        Ketetekunan
2.        Tanggung jawab
3.        Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Rekaman pidato

·      Siswa mendengarkan rekaman pidato/ceramah/ khotbah dengan saksama
·      Siswa mendiskusikan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/ khotbah dengan sungguh-sungguh
·      Siswa menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar secara runtut sesuai tugas yang diberikan

·       Mampu menemukan hal penting dalam pidato/ceramah/ khotbah sesuai tugas yang diberikan
·       Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah sesuai data dan fakta dengan kritis
Tes tulis
Uraian
1.        Tulislah hal-hal penting dari pidato/ceramah/ khotbah yang kamu dengarkan dengan menggunakan format yang tersedia!
2.        Simpulkanlah pesan pidato/ceramah/ khotbah yang kamu dengarkan ke  dalam bebnerapa kalimat sesuai dengan data yang kamu peroleh!
4 x 40 menit
Rekaman pidato/ceramah/khotbah
Buku pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia

9.2    Memberi komentar tentang isi pidato/ ceramah/ khotbah

1.        Tanggung jawab
2.        Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
3.        kesantunan
Rekaman pidato/ceramah/ khotbah
·        Siswa mendengarkan rekaman pidato/ceramah/ khotbah dengan saksama!
·        Siswa mencermati pidato/ceramah/ khotbah kyang telah didengarkan dengan sungguh-sungguh
·        Siswa berdiskusi untuk menentukan isi pidato/ ceramah/ khotbah dengan sungguh-sungguh
·        Siswa memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/ khotbah dengan alasan logis dan bahasa yang santun
·       Mampu menemukan isi pidato/ceramah/ khotbah dengan kritis
·       Mampu memberi komentar terhadap isi pidato dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun berdasarkan data yang diperoleh
observasi
Lembar observasi
1.        Tentukanlah isi pidato/ceramah/khotbah (tepat/kurang tepat/tidak tepat)!

2.        Berikan komentar tentang isi pidato/ceramah/ khotbah yang kamu dengar ditinjau dari kelogisan dan kesantunan bahasanya!
5 x 40 menit
Rekaman pidato





Rekaman pidato



SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
10
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Berbahasa
Aspek
:
Berbicara
Standar Kompetensi
:
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam pidato dan diskusi

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1      Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
1.    Tanggung jawab
2.    kepercayaan diri
3.    berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
4.    kedemokratisan
Cara berpidato/ cermah/ khotbah dan implementasi nya

·        Mengamati dan mencermati contoh berpidato
·        Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato/ ceramah/ khotbah dengan topik lain secara logis
·        Berlatih berpidato/ cermah/ khotbah dengan sungguh-sungguh
·        Berpidato/ceramah/ khotbah dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas dengan penuh percaya diri
·        Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/ ceramah/ khotbah sesuai dengan tema secara logis
·        Mampu berpidato berdasarkan kerangka pidato dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas dengan penuh percaya diri
Tes unjuk kerja
Tes uji petik kerja


·     Susunlah sebuah kerangka pidato menggunakan format yang tersedia secara logis
·     Tampillah berpidato berdasarkan kerangka yang telah kamu susun dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas dengan penuh percaya diri
·     Simpulkan isi pidato dengan menggunakan kalimatmu sendiri
4x 40 menit
Buku teks
10.2      Menerapkan prinsip-prinsip diskusi 

1.      Tanggung jawab
2.      berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Penerapan prinsip-prinsip diskusi

1.    Mengamati model diskusi yang diperankan oleh narasumber/menonton tayangan diskusi dengan sungguh-sungguh
2.    bertanya jawab untuk menyimpulkan  mekanisme diskusi dengan sungguh-sungguh
3.    menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi sesuai dengan konsep yang benar
4.    menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas yang membahasa tentang lingkungan sekolah
1.    Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi
2.    mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
3.    mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diksusi kelas secara kritis

Observasi
Lembar observasi
·     simpulkan mekanisme diskusi yang kalian amati
·     simpulkan ketepatan prinsip-prinsip diskusi
·     nilai moral apa yang kalian dapatkan selama diskusi kelas
4 x 40 menit
1.        Lingkungan
2.        Narasumber/
3.        Rekaman diskusi
4.        Buku teks

SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
11
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Berbahasa
Aspek
:
Membaca
Standar Kompetensi
:
Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat 

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1      Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan  buku melalui kegiatan membaca ekstensif  
1.        Ketangguhan
2.        Tanggung jawab
3.        Berani
4.        Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Artikel
·         Siswa membaca artikel dan buku untuk menemukan berbagai gagasan yang terdapat di dalamnya dengan sungguh-sungguh
·         Siswa membaca artikel dan/atau buku dengan cara mengutip pernyataan-pernyataan yang terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya dalam penulisan karya tulis
·         Siswa menyimpulkan buku/artikel yang dibacanya secara logis
·      Siswa mampu menemukan gagasan penting dari beberapa artikel dan buku dengan cermat
·      Siswa mampu mengutip pernyataan dari artikel atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis secara tepat
Tes tulis
Uraian
Tunjukkan gagasan penulis yang terdapat dalam suatu artikel/buku!
Tulislah sebuah artikel yang didalamnya terdapat kutipan dari para ahli yang berasal dari artikel/buku yang telah kamu baca!
2 x 40 menit
Teks artikel dan/atau buku

Buku teks
11.2.      Mengubah sajian grafik, tabel,  atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif  
1.  Tanggung jawab kedemokratisan
Cara mengubah grafik/bagan/tabel menjadi uraian dan implementasinya sesuai dengan data dan fakta yang ada

1.        Membaca intensif grafik/bagan/tabel dengan sungguh-sungguh
2.        Berdiskusi menentukan isi grafik/bagan/tabel
3.        Memaparkan isi grafik/bagan/tabel dalam beberapa kalimat dengan tepat
4.        Menyimpulkan isi grafik/bagan/tabel sesuai data
1.        Mampu mengidentifikasi isi grafik/bagan/ tabel dengan tepat
2.        Mampu memaparkan isi grafik/bagan/tabel ke dalam beberapa kalimat dengan tepat
3.        Mampu mengubah isi grafik/bagan/tabel menjadi uraian secara kritis
Tes tulis
Uraian

1.        Identifikasilah isi grafik/bagan/tabel berikut!
2.        Ubahlah sajian grafik/bagan/tabel berikut ini ke dalam beberapa kalimat!
3.        Simpulkan isi grafik/bagan/tabel dengan kalimatmu sendiri sesuai data yang ada!
4 x 40 menit
Media cetak
Buku teks
11.3.      Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat  ± 300 kata per menit  

1.  Tanggung jawab Kedemokratisan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Teks  bacaan untuk membaca cepat 300 kata permenit

·         Menyiapkan stopwatch dan teks bacaan yang terdiri atas 300 kata
·         Secara berpasangan siswa bergantian membaca teks bacaan dan yang lain mengukur kecepatan membacanya
·         Menghitung waktu dengan cermat
·         Menjawab pertanyaan bacaan yang sudah disiapkan dengan kritis
·         Menghitung KEM dengan cermat
·         Menyimpulkan gagasan utama bacaan secara kritis
·         Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman dengan tepat
·         Mampu menjawab pertanyaan dengan ketepatan 75%
·         Mampu menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan tepat
Tes tulis
Uraian
·     Ukurlah kecepatan membaca temanmu
·     Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini
·     Apakah gagasan utama bacaan tersebut!
4 x 40 menit
Stopwatch
Bacaan
Buku teks


SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
12
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Berbahasa
Aspek
:
Menulis
Standar Kompetensi
:
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1. Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
1.   Kejujuran
2.   Tanggung jawab  
3.   Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Penulisan karya tulis sederhana

o   Mengamati dan mencermati karya tulis dengan sungguh-sungguh
o   Berdiskusi untuk menentukan sistematika karya tulis, dengan sungguh-sungguh
o   Menentukan sebuah  topik untuk karya tulis dengan sungguh-sungguh
o   Menyusun kerangka karya tulis dengan sungguh-sungguh
o   Menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis, dengan sungguh-sungguh
o   Menyusun karya tulis  dengan sistematika yang benar
·       Membuat karya ilmiah sederhana berdasarkan kerangka karya tulis secara logis
·        Mampu menentukan sistematika karya tulis dengan tepat
·        Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar pustaka  sebagai rujukan dengan tepat
·         Mampu menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber dengan tepat
·        Mampu menyunting karya tulis dengan tepat
·        Mampu membuat karya tulis berdasarkan karya tulis kerangka
Penugasan individual/ kelompok







Proyek

Susunlah suatu karya tulis dengan topik ‘pendidikan di suatu sekolah’ Buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber referensi yang kamu gunakan! Waktu: 2 minggu.
·     Susunlah kerangka karya tulis sesuia dengan topik yang ada
·     Kembangkan kerangka tersebut menjadi karya tulis sederhana!
4 X 40’
Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis; Lingkungan alam sekitar
Buku referensi
Buku teks
12.2. Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
1.   Kejujuran
2.   Berpikir kritis, logis, kreatif, dan inovatif
Penulisan teks pidato/ceramah/khotbah sesuai topik yang ada
o Mencermati teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sungguh-sungguh
o Berdiskusi untuk menentukan  sistematika pidato/ceramah/
Khotbah dengan sungguh-sungguh
o Menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah yang akan  akan disampaikan dengan tepat
o Menyusun kerangka pidato dengan benar
o Mengembangkan kerangka pidato menjadi teks pidato dengan sistematika yang baik dan bahasa yang efektif
o Menyunting pidato secara kritis
·    Mampu menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah dengan tepat
·    Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/ khotbah dengan benar, logis
·    Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik secara logis

Tes praktik/ kinerja




Uji petik kerja


Susunlah teks pidato/ceramah/ khotbah melalui langkah-langkah: menentukan tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks dengan sistematika yang baik, dan menyuntingnya pada tahap akhir!
4 X 40’
Buku-buku pidato/ceramah/khotbah
Buku Teks
12.3. Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah
1.  Kejujuran
2.          Kedemokratisan
3.  Kepedulian
Penulisan surat pembaca sesuai dengan permasalahan yang terdapat di sekita sekolah
o Membaca dan mencermati surat pembaca yang diambil dari media cetak sesuai dengan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh
o Berdiskusi untuk menentukan hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca berdasarkan fakta dan data yang ditemukan dengan sungguh-sungguh
o Mengamati lingkungan sekolah untuk menentukan permasalahan/usul/ saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca dengan sungguh-sungguh
o Menulis surat pembaca sesuai permasalahan
o Menyunting surat pembaca dengan benar
o Memilih tiga surat pembaca terbaik untuk ditempel di majalah dinding sekolah dengan tepat dan jujur
·    Mampu menentukan hal-hal pokok   dalam surat pembaca

·    Mampu menentukan permasalahan/ usulan/saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca dengan tepat
·    Mampu menulis surat pembaca dengan menggunakan kalimat-kalimat yang logis
·    Mampu menyunting surat pembaca denagn benar

Tes  tulis







Portofolio
Uraian







Lembar penilaian portofolio
§ Tulislah hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca!
§ Tulislah surat pembaca yang berisi permasalahan/usulan/saran yang berhubungan dengan lingkungan sekolah sesuai fakta yang ada!
§ Suntinglah surat pembaca yang sudah kamu tulis sesuia kaidah bahasa indonesia (EYD)!
5X 40’
Media cetak



                                                                                                                                                                                                                                                                               

                               


SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
13
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Bersastra
Aspek
:
Mendengarkan
Standar Kompetensi
:
Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
13.1.      Menerangkan  sifat-sifat tokoh dari kutipan  novel yang dibacakan 
1. Kejujuran
2. Tanggung jawab  
3. Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Kutipan teks novel
o Mendengarkan dengan sungguh-sungguh pembacaan kutipan novel sambil mencatat pokok-pokok cerita yang penting
o Menentukan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam kutipan  novel yang baru saja diperdengarkan secara tepat
o Menentukan sifat/watak tokoh sesuai dengan perannya secara tepat
·   Mampu menentukan tokoh-tokoh dari novel yang diperdengarkan


·   Mampu menentukan sifat tokoh dengan alasan yang menyakinkan dengan memperhatikan alur cerita tersebut

Teks  tulis
Uraian
§ Siapa yang dapat dipandang tokoh sentral dan tokoh antagonis yang terdapat di dalam rekaman yang baru saja diperdengarkan?
§ Bagaimakanakah watak/sifat tokoh-tokoh yang terdapat di dalam rekaman kutipan novel ...? Berilah bukti yang mendukung simpulan watak tersebut berdasarkan ucapan dan perannya!
2 X 40’
Rekaman kutipan novel/roman

13.2.      Menjelaskan  alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan

1. Kejujuran
2. Tanggung jawab
3.          Kedemokratis an
4. kecerdasan
sinopsis
o Mendengarkan pembacaan sinopsis novel dengan sungguh-sungguh untuk menentukan alur ceritanya
o Berdiskusi untuk menguraikan rangkaian peristiwa dari sinopsis yang dibacakan
o Menjelaskan alur peristiwa dari sinopsis yang dibacakan
o Menyampaikan hasil diskusi didepan kelas dengan penuh tanggung jawab.

·   Mampu menentukan tahap-tahap alur 
·   Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang didengar secara tepat

Tes tulis
Uraian
§ Bagaimanakah tahap-tahap alur yang terdapat dalam sinopsisi novel X?
§ Identifikasilah peristiwa apa saja yang terjadi dalam novel X berdasarkan tahapan alurnya?
5 X 40’
Rekaman sinopsis novel



SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
14
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Bersastra
Aspek
:
Berbicara
Standar Kompetensi
:
Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama  

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
14.1.      Membahas pementasan  drama yang ditulis siswa 
1.    Kedemokratisan
2.    Kepercayaan Diri
3.    Tanggung jawab

Unsur-unsur drama
·    Siswa menonton pementasan drama  yang ditulis oleh siswa
·    Siswa mencatat unsur-unsur drama yang menonjol berdasarkan pementasan drama yang ditonton
·    Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap pementasan drama yang ditonton
·        Mampu menentukan unsur-unsur drama yang menonjol berdasarkan pementasan drama yang ditonton
·        Mampu memberikan tanggapan terhadap pementasan drama yang ditonton
Observasi
Lembar observasi
·      Tentukan unsur-unsur drama yang menonjol yang ada dalam pementasan drama yang kalian tonton
·      Tentukan ketepatan iunsur-unsur yang ada dalam pementasan drama ditinjau dari kepetapan intonasi!
5 x 45 menit
1.        Rekaman pementasan drama
2.        Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
14.2   Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa

1. Tanggung jawab
2. Kejujuran
3. Kedemokratisan
Unsur-unsur drama
1.        Siswa mendiskusikan criteria pementasan drama dengan sungguh-sungguh
2.        Siswa dan guru menyusun rubric penilaian secara demokratis
3.        Siswa menonton pementasan drama yang dilakukan oleh teman yang lain dengan sungguh-sungguh
4.        Siswa dan guru melakukan penilaian pementasan drama teman (karya teman) berdasarkan rubric yang telah dibuat dengan sungguh-sungguh
1.        Siswa mampu menentukan criteria penialian yang akan digunakan untuk menilai pementasan  drama
2.        Siswa mampu menilai pementasan drama teman (karya siswa) melalui kegiatan diskusi berdasarkan criteria yang ada
Observasi
Lembar observasi
1.        Tentukanlah kelengkapan unsur-unsur drama yang dipentaskan!
2.        Berikan penilaian pementasan drama kyang kalina tonton berdasarkan kriteria yang disepakati!
6 x 40 menit
Drama siswa
Buku teks

SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
15
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Bersastra
Aspek
:
Membaca
Standar Kompetensi
:
Memahami novel dari berbagai angkatan

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
15.1.      Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan  20-30- an
1.     Tanggung jawab
2.     Kepercayaan diri
3.     kedemokratisan
4.     Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Novel sastra tahun 20-30 an

·         Siswa membaca novel sastra tahun 20-30-an dengan saksama
·         Siswa berdiskusi kelompok untuk menentukan kebiasaan, adat, dan etika yang terdapat dalam novel dengan sungguh-sungguh
·         Siswa mengaitkan isi novel dengan kehidupan sehari-hari secara kritis

·         Siswa mampu mendata kebiasaan, adat, dan etika yang terdapat dalam novel 20-30an secara kritis sesuai tugas yang diberikan
·         Siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan sehari-hari masa kini secara kritis
·         Mampu mengidentifikasi nilai historis dalam novel tahun 20-30-an dengan tepat
Penugasan individual/ kelompok
Proyek
1.        Bacalah dengan saksama sebuah novel angkatan 20-30-an!
2.        Buatlah laporan yang yang memuat kebiasaan, adat, dan etika yang terdapat di dalam novel dan kaitkan isi novel dengan kehidupan nyata sekarang sesuai dengan data jyang diperoleh!
4 x 40 menit
1.        Novel sastra tahun 20-30-an
2.        Buku referensi
15.2.      Membandingkan karakteristik  novel angkatan  20-30 an  

1.        Tanggung jawab
2.        Kejujuran
3.        Kedemokratisan
Novel Sastra tahun 20-30-an dan Novel Indonesia muntakhir
1.        Siswa membaca novel sastra tahun 20-30-an dengan saksama
2.        Siswa mengidentifikasi karakteristik novel 20-30an  dengan cermat
3.        Siswa mengidentifikasi karakteristik novel masa kini jyang pernah dibaca di kelas VII dan VIII
4.        Siswa membandingkan persamaan dan perbedaan karakteristik novel angkatan  20-30-an dengan novel Indonesia mutakhir sesuai dengan fakta dan data yang telah diperoleh dari membaca
1.        Mampu mengidentifikasi karakteristik novel ’20-30-an
2.        Mampu mengidentifikasi karakteristik novel Indonesia mutakhir
3.        Mampu membandingkan persamaan dan perbedaan karakteristik novel angkatan  20-30-an dengan novel Indonesia mutakhir secara tepat
Penugasan individual/ kelompok
Pekerjaan Rumah
1.        Tulislah karakteristik novel 20-30an sesuai dengan data yang kamu peroleh!
2.        Tulislah karakteristik novel masa kini sesuai dengan data yang kamu peroleh!
3.        Bandingkan persamaan dan perbedaan karakteristik novel angkatan  20-30-an dengan novel Indonesia mutakhir!
5 x 40 menit
1.        Novel sastra tahun 20-30-an dan novel masa kini
2.        Buku referensi

SILABUS


Nama Sekolah
:
SMP Kabupaten Sragen

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
16
Kelas/Semester
:
IX/2
Komponen
:
Kemampuan Bersastra
Aspek
:
Menulis
Standar Kompetensi
:
Menulis naskah drama     

Kompetensi
Dasar
Karakter
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Media Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
16.1.      Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

1.  Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Teknik penulisan naskah drama
o Membaca contoh naskah drama  dengan cermat
o Berdiskusi untuk  menentukan peristiwa dalam cerpen yang akan ditulis menjadi naskah drama
o Menulis naskah dram berdasarkan peristiwa dalam cerpen dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.

·     Mampu mengidentifikasi peristiwa dalam cerpen yang akan ditulis menjadi naskah drama dengan cermat
·     Mampu menulis naskah drama berdasarkan peristiwa dalam cerpen dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama secara logis

Penugasan individual/ kelompok
Proyek
·    Susunlah suatu naskah drama berdasarkan cerita pendek yang sudah kamu baca, dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
6 X 40’
Cerita pendek
Buku teks
16.2.      Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

1. Tanggung jawab
2. Kejujuran
3. Kepeduli an
4. Kecerdas an

Teknik penulisan naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
o  Memilih satu peristiwa nyata yang akan ditulis menjadi naskah drama
o  Menyusun rangkaian adegan  untuk drama satu babak sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama
o  Mengembangkan urutan adegan-adegan menjadi naskah drama satu babak secara runtut

·    Mampu memilih  peristiwa nyata yang akan didramakan secara tepat
·    Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak secara tepat
·    Mampu mengembangkan urutan adegan  menjadi naskah drama satu babak sesuai kaidah penulisan naskah drama

Portofolio
Lembar penilaian portofolio
·    Tulislah naskah drama berdasarkan peristiwa nyata yang ada di sekitarmu/ langkah-langkah:  pilihlah satu peristiwa nyata, susunlah urutan peristiwa untuk satu babak, kembangkan urutan peristiwa itu menjadi naskah drama satu babak,
·    Perbaikilah naskah drama yang kamu tulis berdasarkan saran teman/gurumu!
6 X 40’
Lingkungan
Buku teks

Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Tanon

Tanon, Januari 2014.
Guru Mata Pelajaran,




Drs. Budi Suyanto





Agus Sumsrdi,S.Pd
NIP 196411111995121002                                                                                                                                                                                                                                     NIP 196609031988031012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar