SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
9
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Berbahasa
|
|
Aspek
|
:
|
Mendengarkan
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
isi pidato/khotbah/ceramah
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
9.1 Menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar
|
1.
Ketetekunan
2.
Tanggung jawab
3.
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Rekaman
pidato
|
·
Siswa mendengarkan rekaman pidato/ceramah/ khotbah dengan saksama
·
Siswa mendiskusikan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/ khotbah
dengan sungguh-sungguh
· Siswa menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah
yang didengar secara runtut sesuai tugas yang diberikan
|
·
Mampu menemukan hal penting dalam pidato/ceramah/ khotbah sesuai tugas yang
diberikan
·
Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah sesuai data dan fakta
dengan kritis
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
1.
Tulislah hal-hal penting dari pidato/ceramah/ khotbah yang kamu dengarkan
dengan menggunakan format yang tersedia!
2.
Simpulkanlah pesan pidato/ceramah/ khotbah yang kamu dengarkan
ke dalam bebnerapa kalimat sesuai
dengan data yang kamu peroleh!
|
4 x 40 menit
|
Rekaman pidato/ceramah/khotbah
Buku pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia
|
9.2 Memberi
komentar tentang isi pidato/ ceramah/ khotbah
|
1.
Tanggung jawab
2.
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
3.
kesantunan
|
Rekaman pidato/ceramah/ khotbah
|
·
Siswa mendengarkan rekaman pidato/ceramah/ khotbah dengan saksama!
·
Siswa mencermati pidato/ceramah/ khotbah kyang telah didengarkan
dengan sungguh-sungguh
·
Siswa berdiskusi untuk menentukan isi pidato/ ceramah/
khotbah dengan sungguh-sungguh
·
Siswa memberi komentar tentang isi
pidato/ceramah/ khotbah dengan alasan logis dan bahasa yang santun
|
·
Mampu menemukan isi pidato/ceramah/ khotbah dengan kritis
·
Mampu memberi komentar terhadap isi pidato dengan
alasan yang logis dan bahasa yang santun berdasarkan data yang diperoleh
|
observasi
|
Lembar observasi
|
1.
Tentukanlah isi pidato/ceramah/khotbah
(tepat/kurang tepat/tidak tepat)!
2.
Berikan komentar tentang isi pidato/ceramah/ khotbah yang kamu dengar ditinjau
dari kelogisan dan kesantunan bahasanya!
|
5 x 40 menit
|
Rekaman pidato
Rekaman pidato
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
10
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Berbahasa
|
|
Aspek
|
:
|
Berbicara
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam pidato
dan diskusi
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
10.1 Berpidato/
berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume
suara yang jelas
|
1. Tanggung jawab
2.
kepercayaan diri
3.
berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
4. kedemokratisan
|
Cara
berpidato/ cermah/ khotbah dan implementasi nya
|
·
Mengamati dan mencermati contoh berpidato
·
Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka
pidato/ ceramah/ khotbah dengan topik lain secara logis
·
Berlatih berpidato/ cermah/ khotbah dengan
sungguh-sungguh
·
Berpidato/ceramah/ khotbah dengan intonasi yang tepat serta
artikulasi dan volume suara yang jelas dengan penuh percaya diri
|
·
Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/ ceramah/
khotbah sesuai dengan tema secara logis
·
Mampu berpidato berdasarkan kerangka pidato
dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas dengan penuh percaya diri
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja
|
· Susunlah sebuah kerangka
pidato menggunakan
format yang tersedia secara logis
·
Tampillah berpidato berdasarkan kerangka yang
telah kamu susun dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara
yang jelas dengan penuh percaya diri
· Simpulkan isi pidato dengan
menggunakan kalimatmu sendiri
|
4x 40 menit
|
Buku teks
|
10.2 Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
1. Tanggung jawab
2.
berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Penerapan
prinsip-prinsip diskusi
|
1.
Mengamati model diskusi yang diperankan oleh narasumber/menonton
tayangan diskusi dengan sungguh-sungguh
2.
bertanya jawab untuk menyimpulkan
mekanisme diskusi dengan sungguh-sungguh
3.
menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi sesuai dengan konsep yang benar
4. menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi
kelas yang membahasa tentang lingkungan sekolah
|
1. Mampu menyimpulkan
mekanisme diskusi
2.
mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
3.
mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam
diksusi kelas secara kritis
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· simpulkan mekanisme diskusi
yang kalian amati
·
simpulkan ketepatan prinsip-prinsip diskusi
· nilai moral apa yang kalian
dapatkan selama diskusi kelas
|
4 x 40 menit
|
1.
Lingkungan
2.
Narasumber/
3.
Rekaman diskusi
4.
Buku teks
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
11
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Berbahasa
|
|
Aspek
|
:
|
Membaca
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca ekstensif, membaca
intensif, dan membaca cepat
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
11.1 Menemukan
gagasan dari beberapa artikel dan buku
melalui kegiatan membaca ekstensif
|
1.
Ketangguhan
2.
Tanggung jawab
3.
Berani
4.
Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
|
Artikel
|
·
Siswa membaca artikel dan buku untuk menemukan berbagai gagasan yang
terdapat di dalamnya dengan sungguh-sungguh
·
Siswa membaca artikel dan/atau buku dengan cara mengutip
pernyataan-pernyataan yang terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya dalam
penulisan karya tulis
·
Siswa menyimpulkan buku/artikel yang dibacanya secara logis
|
·
Siswa mampu menemukan gagasan penting dari
beberapa artikel dan buku dengan cermat
·
Siswa mampu mengutip pernyataan dari artikel
atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis secara tepat
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Tunjukkan gagasan penulis
yang terdapat dalam suatu artikel/buku!
Tulislah sebuah artikel
yang didalamnya terdapat kutipan dari para ahli yang berasal dari
artikel/buku yang telah kamu baca!
|
2 x 40 menit
|
Teks artikel dan/atau buku
Buku teks
|
11.2. Mengubah
sajian grafik, tabel, atau bagan
menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
|
1. Tanggung jawab kedemokratisan
|
Cara mengubah grafik/bagan/tabel menjadi uraian dan
implementasinya sesuai dengan data dan fakta yang ada
|
1.
Membaca intensif grafik/bagan/tabel dengan sungguh-sungguh
2.
Berdiskusi menentukan isi grafik/bagan/tabel
3.
Memaparkan isi grafik/bagan/tabel dalam
beberapa kalimat dengan tepat
4.
Menyimpulkan isi grafik/bagan/tabel sesuai
data
|
1.
Mampu mengidentifikasi isi grafik/bagan/ tabel
dengan tepat
2.
Mampu memaparkan isi grafik/bagan/tabel ke dalam
beberapa kalimat dengan tepat
3.
Mampu mengubah isi grafik/bagan/tabel menjadi
uraian secara kritis
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Identifikasilah isi grafik/bagan/tabel
berikut!
2.
Ubahlah sajian grafik/bagan/tabel berikut
ini ke dalam beberapa kalimat!
3.
Simpulkan isi grafik/bagan/tabel dengan
kalimatmu sendiri sesuai data yang ada!
|
4 x 40 menit
|
Media cetak
Buku teks
|
11.3. Menyimpulkan
gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat
± 300 kata per menit
|
1. Tanggung jawab Kedemokratisan
berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
|
Teks bacaan untuk membaca cepat 300 kata
permenit
|
·
Menyiapkan stopwatch dan teks bacaan yang
terdiri atas 300 kata
·
Secara berpasangan siswa bergantian membaca teks
bacaan dan yang lain mengukur kecepatan membacanya
·
Menghitung waktu dengan cermat
·
Menjawab pertanyaan bacaan yang sudah disiapkan dengan
kritis
·
Menghitung KEM dengan cermat
·
Menyimpulkan gagasan utama bacaan secara kritis
|
·
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri
sendiri dan teman dengan tepat
·
Mampu menjawab pertanyaan dengan ketepatan 75%
·
Mampu menyimpulkan gagasan utama suatu teks
dengan tepat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Ukurlah kecepatan membaca
temanmu
·
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini
· Apakah gagasan utama bacaan
tersebut!
|
4 x 40 menit
|
Stopwatch
Bacaan
Buku teks
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
12
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Berbahasa
|
|
Aspek
|
:
|
Menulis
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk
karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
12.1. Menulis
karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
|
1. Kejujuran
2. Tanggung
jawab
3. Berpikir
logis, kritis, kreatif dan inovatif
|
Penulisan karya tulis sederhana
|
o
Mengamati dan mencermati karya tulis dengan sungguh-sungguh
o Berdiskusi untuk menentukan sistematika karya tulis, dengan
sungguh-sungguh
o Menentukan sebuah
topik untuk karya tulis dengan sungguh-sungguh
o Menyusun kerangka karya tulis dengan sungguh-sungguh
o Menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya
tulis, dengan
sungguh-sungguh
o Menyusun karya tulis
dengan sistematika yang benar
·
Membuat karya ilmiah sederhana berdasarkan kerangka karya tulis secara
logis
|
·
Mampu menentukan sistematika karya tulis dengan tepat
·
Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar pustaka sebagai rujukan dengan tepat
·
Mampu menulis karya tulis
sederhana dengan menggunakan berbagai sumber dengan tepat
·
Mampu menyunting karya tulis dengan tepat
·
Mampu membuat karya tulis berdasarkan karya tulis kerangka
|
Penugasan individual/ kelompok
|
Proyek
|
Susunlah suatu karya tulis dengan topik ‘pendidikan di suatu sekolah’
Buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber
referensi yang kamu gunakan! Waktu: 2 minggu.
·
Susunlah kerangka karya tulis sesuia dengan topik yang ada
· Kembangkan kerangka tersebut menjadi karya tulis
sederhana!
|
4 X 40’
|
Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis; Lingkungan alam sekitar
Buku referensi
Buku teks
|
12.2. Menulis teks
pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
|
1. Kejujuran
2. Berpikir
kritis, logis, kreatif, dan inovatif
|
Penulisan teks pidato/ceramah/khotbah sesuai topik yang ada
|
o
Mencermati teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sungguh-sungguh
o Berdiskusi untuk menentukan sistematika pidato/ceramah/
Khotbah dengan sungguh-sungguh
o Menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah yang akan akan disampaikan dengan tepat
o Menyusun kerangka pidato dengan benar
o Mengembangkan kerangka pidato menjadi teks pidato
dengan sistematika yang baik dan bahasa yang efektif
o
Menyunting pidato secara kritis
|
·
Mampu menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah dengan tepat
· Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/ khotbah dengan benar, logis
· Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks
pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik secara
logis
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji petik kerja
|
Susunlah teks pidato/ceramah/ khotbah melalui langkah-langkah: menentukan
tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks dengan
sistematika yang baik, dan menyuntingnya pada tahap akhir!
|
4 X 40’
|
Buku-buku pidato/ceramah/khotbah
Buku Teks
|
12.3. Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
|
1. Kejujuran
2. Kedemokratisan
3. Kepedulian
|
Penulisan surat pembaca sesuai dengan permasalahan yang terdapat di
sekita sekolah
|
o
Membaca dan mencermati surat pembaca yang diambil dari media cetak sesuai
dengan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh
o Berdiskusi untuk menentukan hal-hal pokok yang harus
ada dalam surat pembaca berdasarkan fakta dan data yang ditemukan dengan
sungguh-sungguh
o Mengamati lingkungan sekolah untuk menentukan
permasalahan/usul/ saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca dengan
sungguh-sungguh
o Menulis surat pembaca sesuai permasalahan
o Menyunting surat pembaca dengan benar
o
Memilih tiga surat pembaca terbaik untuk ditempel di majalah dinding
sekolah dengan tepat dan jujur
|
·
Mampu menentukan hal-hal pokok
dalam surat pembaca
· Mampu menentukan permasalahan/ usulan/saran yang akan
disampaikan dalam surat pembaca dengan tepat
· Mampu menulis surat pembaca dengan menggunakan
kalimat-kalimat yang logis
· Mampu menyunting surat pembaca denagn benar
|
Tes tulis
Portofolio
|
Uraian
Lembar penilaian portofolio
|
§
Tulislah hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca!
§ Tulislah surat pembaca yang berisi
permasalahan/usulan/saran yang berhubungan dengan lingkungan sekolah sesuai
fakta yang ada!
§
Suntinglah surat pembaca yang sudah kamu tulis sesuia kaidah bahasa
indonesia (EYD)!
|
5X 40’
|
Media cetak
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
13
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Bersastra
|
|
Aspek
|
:
|
Mendengarkan
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami wacana sastra
melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
13.1. Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
|
1. Kejujuran
2. Tanggung jawab
3. Berpikir logis,
kritis, kreatif dan inovatif
|
Kutipan teks novel
|
o
Mendengarkan dengan sungguh-sungguh pembacaan kutipan novel sambil
mencatat pokok-pokok cerita yang penting
o Menentukan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam
kutipan novel yang baru saja
diperdengarkan secara tepat
o Menentukan sifat/watak tokoh sesuai dengan perannya
secara tepat
|
·
Mampu menentukan tokoh-tokoh dari novel yang diperdengarkan
· Mampu menentukan sifat tokoh dengan alasan yang
menyakinkan dengan memperhatikan alur cerita tersebut
|
Teks tulis
|
Uraian
|
§
Siapa yang dapat dipandang tokoh sentral dan tokoh antagonis yang
terdapat di dalam rekaman yang baru saja diperdengarkan?
§
Bagaimakanakah watak/sifat tokoh-tokoh yang terdapat di dalam rekaman
kutipan novel ...? Berilah bukti yang mendukung simpulan watak tersebut
berdasarkan ucapan dan perannya!
|
2 X 40’
|
Rekaman kutipan novel/roman
|
13.2. Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel
yang dibacakan
|
1. Kejujuran
2. Tanggung jawab
3. Kedemokratis
an
4. kecerdasan
|
sinopsis
|
o
Mendengarkan pembacaan sinopsis novel dengan sungguh-sungguh untuk
menentukan alur ceritanya
o Berdiskusi untuk menguraikan rangkaian peristiwa dari
sinopsis yang dibacakan
o Menjelaskan alur peristiwa dari sinopsis yang dibacakan
o Menyampaikan hasil diskusi didepan kelas dengan penuh
tanggung jawab.
|
·
Mampu menentukan tahap-tahap alur
·
Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang didengar secara tepat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§
Bagaimanakah tahap-tahap alur yang terdapat dalam sinopsisi novel X?
§
Identifikasilah peristiwa apa saja yang terjadi dalam novel X berdasarkan
tahapan alurnya?
|
5 X 40’
|
Rekaman sinopsis novel
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
14
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Bersastra
|
|
Aspek
|
:
|
Berbicara
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengungkapkan tanggapan
terhadap pementasan drama
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
14.1. Membahas
pementasan drama yang ditulis
siswa
|
1. Kedemokratisan
2.
Kepercayaan Diri
3.
Tanggung jawab
|
Unsur-unsur drama
|
·
Siswa menonton pementasan drama yang ditulis oleh siswa
·
Siswa mencatat unsur-unsur drama yang menonjol
berdasarkan pementasan drama yang ditonton
·
Siswa mampu
memberikan tanggapan terhadap pementasan drama yang ditonton
|
·
Mampu menentukan unsur-unsur drama yang menonjol
berdasarkan pementasan drama yang ditonton
·
Mampu memberikan tanggapan terhadap pementasan
drama yang ditonton
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Tentukan unsur-unsur drama
yang menonjol yang ada dalam pementasan drama yang kalian tonton
· Tentukan ketepatan
iunsur-unsur yang ada dalam pementasan drama ditinjau dari kepetapan
intonasi!
|
5 x 45 menit
|
1.
Rekaman pementasan drama
2.
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
|
14.2 Menilai
pementasan drama yang dilakukan oleh siswa
|
1. Tanggung jawab
2. Kejujuran
3. Kedemokratisan
|
Unsur-unsur drama
|
1.
Siswa mendiskusikan criteria pementasan drama dengan sungguh-sungguh
2.
Siswa dan guru menyusun rubric penilaian secara demokratis
3.
Siswa menonton pementasan drama yang dilakukan oleh teman yang lain
dengan sungguh-sungguh
4.
Siswa dan guru melakukan penilaian pementasan drama teman (karya
teman) berdasarkan rubric yang telah dibuat dengan sungguh-sungguh
|
1.
Siswa mampu menentukan criteria penialian yang akan digunakan untuk
menilai pementasan drama
2.
Siswa mampu menilai pementasan drama teman (karya siswa) melalui
kegiatan diskusi berdasarkan criteria yang ada
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
1.
Tentukanlah kelengkapan unsur-unsur drama yang
dipentaskan!
2.
Berikan penilaian pementasan drama kyang kalina
tonton berdasarkan kriteria yang disepakati!
|
6 x 40 menit
|
Drama siswa
Buku teks
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
15
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Bersastra
|
|
Aspek
|
:
|
Membaca
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami novel dari
berbagai angkatan
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
15.1. Mengidentifikasi
kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30- an
|
1. Tanggung jawab
2.
Kepercayaan diri
3. kedemokratisan
4. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Novel
sastra tahun 20-30 an
|
·
Siswa membaca novel sastra tahun 20-30-an dengan saksama
·
Siswa berdiskusi kelompok untuk menentukan kebiasaan, adat, dan etika
yang terdapat dalam novel dengan sungguh-sungguh
·
Siswa mengaitkan isi novel dengan kehidupan sehari-hari secara kritis
|
·
Siswa mampu mendata kebiasaan, adat, dan etika yang terdapat dalam
novel 20-30an secara kritis sesuai tugas yang diberikan
·
Siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan sehari-hari masa
kini secara kritis
·
Mampu mengidentifikasi nilai historis dalam novel tahun 20-30-an
dengan tepat
|
Penugasan
individual/ kelompok
|
Proyek
|
1.
Bacalah dengan saksama sebuah novel angkatan
20-30-an!
2.
Buatlah laporan yang yang memuat kebiasaan,
adat, dan etika yang terdapat di dalam novel dan kaitkan isi novel dengan
kehidupan nyata sekarang sesuai dengan data jyang diperoleh!
|
4 x 40 menit
|
1.
Novel sastra tahun 20-30-an
2.
Buku referensi
|
15.2. Membandingkan
karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
1.
Tanggung jawab
2.
Kejujuran
3.
Kedemokratisan
|
Novel Sastra tahun 20-30-an
dan Novel Indonesia muntakhir
|
1.
Siswa membaca novel sastra tahun 20-30-an dengan saksama
2.
Siswa mengidentifikasi karakteristik novel 20-30an dengan cermat
3.
Siswa mengidentifikasi karakteristik novel
masa kini jyang pernah dibaca di kelas VII dan VIII
4.
Siswa membandingkan persamaan dan perbedaan karakteristik novel angkatan 20-30-an dengan novel Indonesia mutakhir
sesuai dengan fakta dan data yang telah diperoleh dari membaca
|
1.
Mampu mengidentifikasi karakteristik novel
’20-30-an
2.
Mampu mengidentifikasi karakteristik novel Indonesia mutakhir
3.
Mampu membandingkan persamaan dan perbedaan karakteristik novel angkatan 20-30-an dengan novel Indonesia mutakhir
secara tepat
|
Penugasan
individual/ kelompok
|
Pekerjaan Rumah
|
1.
Tulislah karakteristik novel 20-30an sesuai
dengan data yang kamu peroleh!
2.
Tulislah karakteristik novel masa kini sesuai
dengan data yang kamu peroleh!
3.
Bandingkan persamaan dan perbedaan karakteristik novel angkatan 20-30-an dengan novel Indonesia mutakhir!
|
5 x 40 menit
|
1.
Novel sastra tahun 20-30-an dan novel masa kini
2.
Buku referensi
|
SILABUS
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Kabupaten Sragen
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
16
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/2
|
|
Komponen
|
:
|
Kemampuan Bersastra
|
|
Aspek
|
:
|
Menulis
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Menulis naskah drama
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Media Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
16.1. Menulis
naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
|
1. Berpikir
logis, kritis, kreatif dan inovatif
|
Teknik penulisan naskah drama
|
o
Membaca contoh naskah drama dengan
cermat
o Berdiskusi untuk
menentukan peristiwa dalam cerpen yang akan ditulis menjadi naskah
drama
o Menulis naskah dram berdasarkan peristiwa dalam cerpen
dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
|
·
Mampu mengidentifikasi peristiwa dalam cerpen yang akan ditulis menjadi
naskah drama dengan cermat
·
Mampu menulis naskah drama berdasarkan peristiwa dalam cerpen dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama secara logis
|
Penugasan individual/ kelompok
|
Proyek
|
·
Susunlah suatu naskah drama berdasarkan cerita pendek yang sudah kamu
baca, dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
6 X 40’
|
Cerita pendek
Buku teks
|
16.2. Menulis
naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
1. Tanggung jawab
2. Kejujuran
3. Kepeduli an
4. Kecerdas an
|
Teknik penulisan naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
o Memilih satu peristiwa nyata yang akan ditulis menjadi naskah
drama
o Menyusun rangkaian adegan untuk drama satu babak sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama
o Mengembangkan urutan adegan-adegan menjadi naskah drama
satu babak secara runtut
|
·
Mampu memilih peristiwa nyata yang
akan didramakan secara tepat
· Mampu menyusun urutan adegan untuk satu babak secara
tepat
· Mampu mengembangkan urutan adegan menjadi naskah drama satu babak sesuai
kaidah penulisan naskah drama
|
Portofolio
|
Lembar penilaian portofolio
|
·
Tulislah naskah drama berdasarkan peristiwa nyata yang ada di sekitarmu/
langkah-langkah: pilihlah satu
peristiwa nyata, susunlah urutan peristiwa untuk satu babak, kembangkan
urutan peristiwa itu menjadi naskah drama satu babak,
·
Perbaikilah naskah drama yang kamu tulis berdasarkan saran teman/gurumu!
|
6 X 40’
|
Lingkungan
Buku teks
|
Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Tanon
|
|
Tanon, Januari 2014.
Guru Mata Pelajaran,
|
Drs. Budi Suyanto
|
|
Agus Sumsrdi,S.Pd
|
NIP 196411111995121002 NIP 196609031988031012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar