PAKET II
SOAL PENGAYAAN
UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
TAHUN
2012/2013
1.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
utama paragraf tersebut.
Soal :
|
Gagasan utama
paragraf pertama
tersebut adalah ….
A. burung berbulu
indah di Indonesia
B. populasi merak hijau mulai punah
C. penyebaran
burung dari Jawa
D. burung yang mulai punah
Kunci : A
Pembahasan :
Gagasan utama
atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.
Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Populasi
spesies yang berbulu megah dan anggun kian berkurang. (Populasi merak hijau mulai punah). Kata yang merujuknya: Burung
tersebut lebih dikenal .... (kalimat kedua);
Tren populernya …. (kalimat ketiga); Burung itu adalah
.... (kalimat keempat)
2.
Indikator SKL :
Menentukan persamaan isi berita
Indikator
Soal : Disajikan dua
kutipan berita, siswa dapat
menentukan persamaan isi berita tersebut
Soal :
Bacalah bacaan berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks 1
|
Teks 2
|
Di Seruni
Aquatic Stadium Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air
Yunior Asia. Selasa (12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di
kejuaraan tersebut. Kejuaraan itu diikuti 12 negara.
|
Pebulu
tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix
Gold Indonesia. Di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan.
Turnamen itu dilaksanakan Rabu, (13/10).
|
Persamaan
isi kutipan berita tersebut adalah tentang ....
A.
olahraga
B.
tempat
C.
waktu
D.
hasil
Kunci : A
Pembahasan :
Informasi adalah
keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi
beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita
tersebut.
Kata-kata yang
dirujuk:
Teks I: Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, ... Kejuaraan
Polo Air Yunior Asia.
Teks II: Pebulu tangkis utama Indonesia ... Turnamen
Grand Prix Gold Indonesia.
3.
Indikator SKL : Menentukan
perbedaan penyajian berita
Indikator Soal : menentukan perbedaan penyajian
berita tersebut
Soal :
Perbedaan
penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
siapa,
kapan, apa
|
apa,
di mana, siapa
|
B
|
di mana, apa, siapa
|
siapa,
kapan, apa
|
C
|
kapan,
apa, siapa
|
di
mana, apa, kapan
|
D
|
di
mana, kapan, apa
|
siapa,
di mana, kapan
|
Kunci : ERR
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W
+ 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan),
why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa
penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam
penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan
kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: (di mana) Seruni Aquatic
Stadium Cisarua. (kapan) Selasa
(12/10). (apa) Tim polo air Indonesia meraih peringkat lima.
Teks berita II:
(siapa) Pebulu
tangkis utama Indonesia (di mana) Samarinda, Kalimantan Timur. (kapan) Turnamen
itu dilaksanakan Rabu.
4.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan biografi tokoh, siswa dapat:
menentukan keistimewaan tokoh.
Soal :
Bacalah kutipan
teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
|
Keistimewaan
tokoh tersebut adalah ...
A.
Motivasi
belajarnya tinggi meskipun minim sarana.
B.
Andrea
pernah bersekolah di SD Muhammadiyah.
C.
Andrea
dilahirkan di desa miskin dan terpelosok.
D.
Andrea
anak Seman Said Harunayah dan N.A .Masturah.
Kunci : A
Pembahasan :
Keistimewaan
seseorang merupakan
sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Andrea tetap
termotivasi belajarnya meskipun sarananya minim.
5.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan biografi tokoh, siswa dapat
menentukan sifat
tokoh yang dapat diteladani
Soal :
Sifat yang baik
untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A.
periang
B.
pemurung
C.
pemarah
D.
pemalas
Kunci : A
Pembahasan :
Keteladanan
seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.
Di
antara empat pilihan, hanya pilihan (A) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.
6.
Indikator SKL : Menentukan
kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat
fakta/opini.
Soal :
Kalimat fakta
dalam iklan tersebut ditandai dengan
....
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(4) dan (5)
Kunci : D
Pembahasan :
Fakta
adalah sesuatu yang tidak diragukan lagi
kebenarannya. Pilihan jawaban yang sesuai adalah D.
7.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah
satu
kalimat dalam iklan tersebut.
Soal :
|
Perhatikan iklan berikut!
Penjelasan isi
kalimat keempat pada teks iklan tersebut adalah ...
A.
Mengurus
KTP di kelurahan masing-masing.
B.
Mengurus
KTP dengan melengkapi berkas.
C.
Mengurus
KTP bisa selesai dalam satu jam.
D.
Mengurus
KTP tidak perlu merasa takut.
Kunci : C
Pembahasan :
Penjelasan
teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut.
Makna kalimat keempat tersebut adalah C.
8.
Indikator SKL : Menyimpulkan
isi paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan simpulan
isi
paragraf tersebut.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
|
Simpulan
paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.
Awan
Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan
asap solfatara.
B.
Tokoh
Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahil dalam cerita pewayangan.
C.
Munculnya
awan Mbah Petruk menjadi penanda Gunung Merapi akan meletus.
D.
Lima
jam sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.
Kunci : C
Pembahasan :
Simpulan
merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat,
alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti
data:
Letusan Gunung Merapi, Senin... . (kalimat pertama); Asap itu dikenal
dengan nama awan Mbah Petruk. (kalimat kedua); Sekitar lima jam setelah.... (kalimat ketiga); Hal seperti itu, terulang sampai dua kali.(kalimat keempat)
9.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah
grafik, siswa dapat menentukan pernyataan
sesuai isi
grafik tersebut.
Perhatikan
grafik berikut!
PRODUKSI
JAGUNG (Juta Ton)
Penjelasan isi grafik tersebut
adalah ...
A.
Produksi
jagung menurun pada tahun 2009.
B.
Semua
produksi jagung diekspor ke luar negeri.
C.
Peningkatan
produksi jagung sama setiap tahun.
D.
Produksi
jagung tertinggi pada tahun 2010.
Kunci : D
Pembahasan :
Menurut
grafik batang, tahun 2010 merupakan produksi jagung yang tertinggi.
10.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi
tabel tersebut.
Soal :
Perhatikan
tabel berikut!
SUKU BUNGA ACUAN
BI DAN INFLANSI
SEMESTER PERTAMA
2011
Bulan
|
Suku Bunga Acuan
|
Inflansi
|
Januari
|
6,75
|
7,02
|
Februari
|
6,75
|
6,84
|
Maret
|
6,75
|
6,65
|
April
|
6,75
|
6,16
|
Mei
|
6,75
|
5,98
|
Juni
|
6,75
|
5,54
|
Simpulan isi
tabel tersebut adalah ...
A.
Suku
bunga acuan tetap sedangkan inflansi menurun setiap bulan.
B.
Selama
semester pertama tahun 2011 terjadi penurunan suku bunga.
C.
Pemerintah
telah berusaha menaikkan suku bunga acuan setiap bulan.
D.
Selama
semester pertama tahun 2011 terjadi peningkatan suku bunga.
Kunci : A
Pembahasan :
Tabel
tersebut hanya memuat suku bunga dan inflansi. Angka (suku bunga) dalam data
tidak berubah, maka dikatakan tetap (6,75). Sedangkan angka (inflansi) dalam
data semakin berkurang, maka disebut menurun.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan
sesuai isi bagan tersebut.
Soal :
Perhatikan
bagan susunan Pengurus Yayasan Al Islamiyah berikut!
Pernyataan yang
sesuai dengan isi bagan tersebut adalah ...
A.
Badan
Pendiri bertanggung jawab kepada Ketua Yayasan.
B.
Ketua
dalam melaksanakan tugasnya dibantu empat Kepala Bidang.
C.
Bendahara
dan Sekretaris bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
D.
Ketua
Yayasan mempertanggungjawabkan pekerjaan kepada Bendahara.
Kunci : B
Pembahasan :
Menurut
bagan, kedudukan tertinggi dalam yayasan adalah Badan Pendiri. Bagan tersebut
memuat nama-nama dan jabatan yang sesuai tugasnya dalam suatu yayasan.
11.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan
yang paling
efektif.
Soal :
Perhatikan
denah berikut!
Perjalanan yang
paling efektif bila kita akan menuju Lokasi
dari Fuji Image adalah ...
A.
Jalan
P. Polim, Jalan Masjid menuju ke Lokasi.
B.
Jalan
Darmawangsa, Jalan R.S. Fatmawati ke Lokasi.
C.
Jalan
R.S. Fatmawati, Jalan H. Saidi Guru ke Lokasi.
D.
Jalan
Darmawangsa, Jalan P. Polim menuju ke Lokasi
Kunci : A
Pembahasan :
Rute
paling efektif adalah rute terdekat berdasarkan denah dengan melalui Jalan
P.Polim dan Jalan Masjid.
12.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat
menentukan tema puisi tersebut
Soal :
Bacalah
kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 13 dan 14!
Tema kutipan
puisi tersebut adalah ....
A.
Manusia
yang menyesali masa lalu
B.
Kehidupan
yang semakin menderita
C.
Keresahan
manusia terhadap alam
D.
Harapan
supaya Ibu Pertiwi bangkit
Kunci : D
Pembahasan :
Puisi tersebut menceritakan Ibu Pertiwi
yang kesedihan, kesusahan, dan keterpurukan. Namun, bait ketiga terdapat usaha
untuk bangkit dari keterpurukan.
13.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal : menentukan
larik bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Larik bermajas
pada kutipan puisi tersebut terletak pada ....
A.
Larik
ketiga bait pertama
B.
Larik
keempat bait pertama
C.
Larik
pertama bait kedua
D.
Larik
ketiga bait ketiga
Kunci : B
Pembahasan :
Majas
yang digunakan personifikasi karena Ibu Pertiwi dalam puisi tersebut bukanlah
makhluk hidup, seperti manusia yang bisa berpikir, bersedih, dan merasakan
cemas.
14.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal : Disajikan dua
kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan
pesan kedua
puisi tersebut
Soal :
Bacalah
kutipan puisi berikut dengan saksama!
Puisi I
|
Puisi II
|
Saat ku menyerah
Aku coba sampai bisa Saat ku putus asa Aku coba berlatih keras
Saat aku kebingungan
Kucoba untuk bertanya Saat aku bersemangat Semangatku menyala nyala |
semut itu
begitu kecil tubuhmu berangkat bertaut pijak gotong gotong dalam ketangguhan benda sebesar gunungpun pastikan terangkat
hidupmu ajarkan
kebersamaan saling gandeng tangan tuk semua urusan
|
Perbedaan amanat
kedua puisi tersebut adalah ...
Puisi I
|
Puisi II
|
|
A
|
Tetap
semangat dalam menghadapi masalah.
|
Dalam
hidup ini hendaknya selalu bekerja sama.
|
B
|
Saling
bergandengan tangan setiap saat.
|
Tetap
semangat menjalani hidup meski sulit.
|
C
|
Lebih
baik tangan di atas daripada di bawah.
|
Setiap
orang mempunyai kebebasan bekerja.
|
D
|
Setiap
orang mempunyai kebebasan bekerja.
|
Lebih
baik tangan di atas daripada di bawah.
|
Kunci : A
Pembahasan :
Perbedaan
amanat dari kedua puisi dapat dilihat dari kesesuaian dalam isi kalimat
(larik)nya. Puisi I; Saat aku
bersemangat dan Semangatku menyala –nyala (semangat menghadapi masalah). Puisi
II; gotong gotong dalam ... hidupmu ajarkan kebersamaan (selalu bekerja sama).
15.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa
dapat menentukan latar
(waktu,
tempat, suasana) cerpen tersebut
Soal :
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
|
Bukti latar
tempat pada kutipan cerpen tersebut ditandai dengan nomor ....
A.
(1);
(2)
B.
(2);
(3)
C.
(1);
(4)
D.
(2);
(4)
Kunci : C
Pembahasan :
Latar
tempat tersirat dalam kalimat pertama, (Di bawah pohon waru, Saidah sedang
menggelar dagangannya nasi pecel).
16.
Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
Soal :
Bacalah
kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
Bukti watak
tokoh Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.
Mengajak
Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
B.
Memarahi
Ulil yang tidak mau menolong kakek.
C.
Meminta
Farkhan segera memanggil kakek.
D.
Menyesali
karena kegiatan mereka terganggu.
Kunci : B
Pembahasan :
Bukti tekstual
yang menunjukkan sifat Avanti yang perhatian terdapat dalam ujarannya. “Ulil, teganya mengatakan itu. Lihat kakek
ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit.
17.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : cara pengarang
menggambarkan watak tokoh dalam cerpen
tersebut
Soal :
Cara
pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A.
melalui dialog
antartokoh
B.
sikap dan
pembicaraan tokoh
C.
diceritakan tokoh
yang lain
D.
pelukisan watak
oleh pengarang
Kunci : B
Pembahasan :
Penggambaran
watak tokoh diberikan melalui ujaran langsung dan sikap tokoh. (Seperti yang
ditunjukkan Avanti dengan memarahi Ulil).
18.
Indikator SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik
cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : Disajikan kutipan
cerita anak, siswa dapat menentukan amanat
kutipan cerita
tersebut
|
Amanat
pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A.
Kita harus bermusyawarah untuk
mufakat.
B.
Dalam hidup ini
kita harus
memiliki tujuan.
C.
Setiap
permasalahan yang
terjadi selalu
ada solusinya.
D.
Jika kita
menghadpi masalah, jangan
mudah berputus asa.
Kunci : D
Pembahasan :
Amanat
adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen
tersebut, banyak menggunakan kata ‘jangan menyerah’ dan ‘berjuang’. Hal ini menyiratkan
amanat ‘jangan mudah putus asa’.
19.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik
kutipan cerita tersebut.
Soal :
Konflik kutipan
cerita tersebut adalah ...
A.
Olivia
mengatakan jika dirinya sudah tidak kuat bertahan.
B.
Sava
memaksa Olivia untuk terus melanjutkan pertandingan.
C.
Olivia
dan Sava sepakat untuk melanjutkan pertandingan.
D.
Teman-teman
Olivia meminta supaya Olivia beristirahat.
Kunci : B
Pembahasan:
Konflik
merupakan pertentangan yang terjadi
dalam cerita. Dalam kutipan cerita pendek tersebut, pertentangan muncul karena
Sava memaksa Olivia untuk terus bertanding. Padahal, Olivia sebenarnya sudah
tidak sanggup lagi.
20.
Indikator SKL : Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal : Disajikan dua
kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik novel
tersebut
Soal :
Perhatikan
kedua kutipan novel berikut!
Kutipan
Novel I
|
Kutipan
Novel II
|
... Oto berhenti di muka rumah. Suparta turun, lalu membuka pintu
di tempat duduk Ratna dan
membimbing tangan istrinya serta menurunkan dia dengan
perkataan,
“Selamat datang ke pondok kita, Nana!”
Ratna amat tercengang melihat papan yang
dilekatkan di depan rumah, di bawah atapnya, yang berukir perkataan
“RATNA”. ...
|
...”Tentu,
telah saya sering saya mimikirkannya itu. Ada hati saya tertarik ke sana.
Tetapi agaknya tertarik itu terutama disebabkan keinginan hendak tahu sesuatu
yang belum diketahui. Kalau sudah tahu...takut saya kalau-kalau saya ingin
pulang kembali ke pulau Jawa ini. Tetapi janganlah engkau susahkan benar, di
mana engkau merasa senang, saya akan merasa senang di sisimu.” ...
|
Perbedaan sudut
pandang kedua kutipan novel tersebut adalah ....
Kutipan
Novel I
|
Kutipan
Novel II
|
|
A
|
Tokohnya ada empat orang
|
Tokohnya ada empat orang
|
B
|
Amanatnya jelas
|
Amanatnya tidak ada
|
C
|
Latar tempatnya tidak jelas
|
Latar tempatnya jelas
|
D
|
Sudut pandang orang ketiga
|
Sudut pandang orang pertama
|
Kunci : D
Pembahasan :
Sudut
pandang orang ketiga menggunakan kata ganti nama orang, “Suparta turun,
lalu....”. Sedangkan lainnya (sudut pandang orang pertama), menggunakan kata
ganti aku atau saya.
21.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama
Indikator
Soal : Disajikan kutipan
drama, siswa dapat
menentukan
suasana kutipan drama tersebut.
Bacalah
kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang
kantor guru. Nadin menghampiri gurunya. Ia masih penasaran dengan pelajaran
yang diterangkan kemarin)
Nadin : Bu, boleh bertanya,
materi kemarin yang Ibu terangkan?
Ibu Yeyet : Ya, silakan. Kamu mau tanya apa?
Nadin : Bu, jadi, keindahan karya
sastra itu dapat kita tentukan dari bahasanya?
Ibu Yeyet : Nadin, sebenarnya masih ada
lagi, yaitu pesan yang disampaikan.
Nadin : Apa itu, Bu?
Ibu Yeyet : Pesan yang
dimaksud ialah nilai didik yang ingin disampaikan oleh pengarangnya. Pengarang
yang baik harus berusaha menyampaikan ajaran moral kepada pembacanya itu agar
lebih arif.
Nadin : Lalu bagaimana caranya?
Bu Yeyet : Caranya, ya dilihat dari
kandungan cerita itu melalui pergolakan tokoh-tokohnya.
Nadin : Ya, Bu. Saya jadi
mengerti sekarang. Terima kasih, Bu.
Suasana pada
kutipan drama tersebut adalah ....
A.
ramai
B.
sedih
C.
tegang
D.
tenang
Kunci : D
Pembahasan :
Suasana
pada kutipan drama tersebut tergambar dari Nadin yang kurang paham atau
mengerti materi pelajaran kemarin mau menanyakan pada gurunya, suasananya
tenang.
22.
Indikator SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama
Indikator Soal : menentukan latar
(waktu, tempat) drama tersebut
Latar waktu pada
kutipan drama tersebut adalah ....
A. pagi hari
B. malam hari
C. saat istirahat
D. pulang sekolah
Kunci : A
Pembahasan :
Latar
waktu tersirat dalam kalimat Sebelum bel
masuk berbunyi, di depan ruang kantor guru. Ini mengindikasikan waktu pagi
hari di sekolah.
23.
Indikator SKL : Menulis
catatan pengalaman pada buku harian
Indikator
Soal : Disajikan ilustrasi
pengalaman pribadi, siswa dapat
menentukan
kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Kaela sakit demam dan sudah dua
hari tidak masuk sekolah. Semua itu karena saat pulang sekolah, ia tidak
langsung pulang tetapi bermain air hujan. Sesampai di rumah badannya basah
kuyup. Pagi harinya badannya demam dan tidak masuk sekolah. Ia menyesal tidak mendengar nasihat ibunya.
|
Kalimat
catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Sudah dua hari badanku demam. Aku pun tidak
masuk sekolah. Andai aku tidak bermain hujan, pasti aku tidak sakit seperti
ini. Maafkan aku Ibu, karena aku tidak menuruti nasihatmu.
B.
Kaela
merasa menyesal tidak menuruti nasihat ibunya. Setelah pulang sekolah kemarin, ia
tidak langsung pulang tapi bermain air hujan. Sampai di rumah badannya basah
kuyup.
C.
Ibu
maafkan Kaela. Kaela yang tidak menurut nasihat Ibu. Akhirnya, Kaela harus
menanggung akibatnya. Ibu, Kaela berjanji akan selalu menuruti nasihat Ibu.
Kaela tidak akan mengecewakanmu.
D.
Sudah
dua hari badannya demam. Dia pun tidak masuk sekolah. Andai ia tidak bermain
hujan, pasti tidak sakit seperti ini. Ia
pun bersujud memina maaf kepada ibunya. Ia berjanji tiak akan mengulanginya.
Kunci : A
Pembahasan :
Ciri
dalam catatan harian menggunakan kata ganti ‘aku’, menggambarkan situasi yang
sebenarnya, dan menggunakan kalimat ekspresif.
24.
Indikator SKL : Menulis
isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan
ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan
isi Pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Ketua OSIS SMP Mandiri akan melaksanakan
bakti sosial. Ia mengundang ketua kelas 7, 8, dan 9 untuk persiapan
pelaksanaan kegiatan tersebut.
|
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Harap
segera mengumpulkan bahan makanan untuk kegiatan bakti sosial.
B.
Seluruh
ketua kelas, harap ke ruang OSIS untuk rapat persiapan bakti sosial.
C.
Bakti
sosial akan segera dilaksanakan, harap berkumpul untuk rapat persiapan.
D.
Segera
dikemas baju bekas layak pakai yang akan
disumbangkan ke yayasan.
Kunci : B
Pembahasan :
Pesan
singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang diberikan terdapat pada pilihan
(B).
25.
Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator
Soal : Disajikan lima
kalimat laporan yang belum tersusun secara
padu, siswa
dapat menyusunnya menjadi paragraf laporan yang padu.
Perhatikan
beberapa kalimat berikut!
(1)
Pemimpin upacara menyiapkan barisan.
(2)
Bel masuk sekolah berbunyi tiga kali.
(3)
Semua siswa kumpul di lapangan upacara.
(4)
Setelah 1 jam,
akhirnya siswa kembali ke kelas.
(5)
Pembina upacara memberi pidato tentang Hardiknas.
|
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi
laporan yang baik dengan susunan ….
A.
(3)
- (1) - (4) - (5) - (2)
B.
(2)
- (1) - (5) - (3) - (4)
C.
(3)
- (4) - (1) - (5) - (2)
D.
(2)
- (3) - (1) - (5) - (4)
Kunci : D
Pembahasan :
Susunan
laporan kegiatan padu dan runtut ditandai dengan kohesi. Jika diurutkan
berdasarkan kohesinya, susunan kalimat laporan yang benar adalah (2) - (3) -
(1) - (5) - (4).
26.
Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis isi
pengumuman yang
tepat.
Soal :
Cermati
ilustrasi berikut!
OSIS SMP Inovasi
akan mengadakan lomba menulis puisi bertema lingkungan. Syarat dan ketentuan
tertera di papan pengumuman.
|
Isi
pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Siswa
yang berminat mengikuti lomba menulis puisi, harap segera mendaftar ke
sekretariat panitia.
B.
Peserta
lomba menulis puisi, segera mengantarkan hasil karya lukisan ke sekretariat panitia.
C.
Yang
berminat mengikuti lomba menulis, segera mendaftar ke sekretariat panitia pelaksana kegiatan.
D.
Semua
yang berminat menjadi panitia lomba menulis, mendaftar ke sekretariat penyelenggara.
Kunci : A
Pembahasan :
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Berdasarkan
ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan (A).
27.
Indikator SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator
Soal : Disajikan data
buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan
buku, siswa
dapat menulis paragraf resensi yang tepat.
Soal :
Cermati
pokok-pokok resensi berikut!
Paragraf
resensi yang tepat berdasarkan keunggulan buku tersebut ádalah …
A.
Sampul buku ini sangat
cerah warnanya. Kertasnya juga berkualitas. Isinya menggugah semangat pembaca.
Kelemahan buku ini terletak pada bahasanya.
B.
Isi
buku ini sangat menarik karena dapat memberi inspirasi bagi pembaca. Bahasa
mudah dipahami. Hanya sayang tidak didukung dengan kertas dan ilustrasi pada sampulnya kurang menarik.
C.
Sampul buku ini menarik. Isi buku memberi inspirasi
bagi pembaca. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan kualitas kertas yang
bagus, buku ini pantas dan layak dibeli.
D.
Isi
buku memberi inspirasi bagi pembaca. Bahasanya mudah dipahami. Ilustrasinya
bagus dan menarik. Hanya satu kelemahan buku ini, sampul
dan kertasnya kurang berkualitas.
Kunci : C.
Pembahasan :
Resensi
harus objektif dalam menguraikan kelebihan dan kekurangan. Spesifikasi buku
juga harus sesuai dengan kenyataan atau ilustrasi (sampul,
isi, bahasa, kertas).
28.
Indikator SKL : Menulis surat
pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau
penutupnya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Bacalah
kutipan surat pribadi berikut!
Salam kangen,
[...] Aku terlalu banyak kegiatan
akhir-akhir ini. Doaku dan harapanku, kamu sekeluarga berada dalam keadaan
sehat dan baik. Keluargaku keadaannya juga demikian. Cahya...aku usul
nih...bagaimana jika liburan mendatang kita berkunjung ke Borobudur?
|
Bagian pembuka
surat tersebut yang tepat adalah ...
A.
Apa
kabarmu? Semoga perjalanan liburanmu berkesan.
B.
Maafkan
aku Cahya, karena aku baru membalas
suratmu.
C.
Cahya,
aku setuju dengan rencana kita untuk bertemu.
D.
Kamu
jangan khawatir, aku pasti akan datang ke rumahmu
Kunci : B
Pembahasan :
Kalimat
kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk kalimat pembuka, yakni Aku terlalu banyak kegiatan akhir-akhir ini (akibat).
Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Maafkan aku Cahya, karena aku baru membalas suratmu (sebab).
29.
Indikator SKL : Menulis surat
pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan
kutipan surat dinas yang bagian penutupnya
dirumpangkan,
siswa dapat melengkapinya.
|
Soal :
Bacalah kutipan
surat resmi berikut!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah
…
A.
Demikian yang disampaikan kepada kami dari Bapak Camat
saat rapat di Aula Kecamatan, kemarin.
B.
Atas
perhatian dan kerja samanya kami ucapkan.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak
terima kasih.
C.
Demikian
iimbauan ini kami sampaikan. Atas
kerja sama dan perhatian seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih.
D.
Sampai
di sini intruksi kami selaku pengurus RW 05, Kelurahan Marunda. Terima kasih
dan selamat bekerja.
Kunci : C
Pembahasan :
Penutup
surat disesuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.
30.
Indikator SKL : Menulis surat
pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan surat
pembaca yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya.
Soal :
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ....
A.
Saya
senang dapat membantu orang yang mendapat kesulitan.
B.
Saat
itu, saya terjatuh dari sepeda karena keserempet mobil angkot.
C.
Saat
itu, Pak Eri Sahar memerlukan pertolongan karena jatuh dari motor.
D.
Saya
berharap, yang menemukan dompet saya mau mengembalikan.
Kunci : B
Pembahasan :
Melengkapi
kalimat rumpang pada surat pembaca disesuaikan pada kalimat sebelum dan
sesudahnya.
31.
Indikator SKL : Menulis
rangkuman
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa
dapat menentukan
rangkuman bacaan tersebut.
Soal :
Bacalah bacaan
berikut!
|
Rangkuman
dari bacaan tersebut adalah ...
A.
Jika tidak macet,
itu bukan Jakarta namanya.
B.
Kemacetan lalu
lintas di Jakarta harus diurai penyebabnya.
C.
Keseimbanganya
jumlah kendaraan dengan panjang ruas jalan.
D.
Kemacetan di
Jakarta sudah sulit untuk dicari apa penyebabnya.
Kunci : B
Pembahasan :
Rangkuman
dapat dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf
yang ada pada bacaan tersebut.
Gagasan
utama paragraf pertama: kemacetan lalu lintas di Jakarta.
Gagasan utama
paragraf kedua: penyebab
kemacetan lalu lintas di Jakarta.
32.
Indikator SKL : Menulis teks
berita sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan sebuah
ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat
menentukan teks
berita yang tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
|
Paragraf
teks berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Jumat,
30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan
Sunan Bonang No. 16, Jambi. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi
sedang menyelidiki penyebab musibah kebakaran tersebut.
B.
Jumat,
30 Desember 2011 tepatnya pukul 12.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan
Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
C.
Jumat,
30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan
Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada
korban jiwa karena rumah kosong.
D.
Jumat,
30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan
Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.
Kunci : A
Pembahasan :
Tubuh
berita disusun dengan bahasa singkat, jelas, dan padat. Informasi yang sesuai
fakta dalam ilustrasi, yaitu peristiwa kebakaran yang penyebabnya masih
diselidiki.
33.
Indikator SKL: Menulis slogan sesuai konteks
Indikator
Soal:
Dilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang
sesuai ilustrasi
tersebut.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Slogan
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Lomba
Marawis tingkatkan rasa kesenian.
B.
Dengan
Lomba Marawis, kita tingkatkan iman.
C.
Dengan
lomba Marawis kenalkan budaya daerah.
D.
Lomba
Marawis pertebal rasa budaya kebangsaan.
Kunci : B
Pembahasan : Sesuai ciri khas slogan yaitu (1)
berima; (2) pesan tidak langsung; (3) sesuai tujuan.
34.
Indikator SKL : Menulis iklan
sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan penulisan iklan
baris yang sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ...
A.
Butuh Uang. Dijual
rmh mrh, strgs dan bbs banjir. Harga murah.Hubungi Budi, Jln Anggrek No. 10
Jambi.
B.
Butuh Uang.Sgr
tanah L 300 M2 , lokasi aman bebas bjr. Harga terjangkau. SHM. Yang
berminat hub. Budi.
C.
BU.Djual tanah
murah dan terjangkau. Stratgs utk ush. SHM. Bbs banjir dan strgs. Hubungi Pak
Budi di Jambi.
D.
BU.Dijual tnh L 300
M2 SHM, lks strgs, bbs bnjr. Nego. Hub. Budi Jln Anggrek No. 10
Jambi.
Kunci : D
Pembahasan :
Data
sesuai ilustrasi, berciri iklan baris. Data Butuh
Uang.Dijual tanah luasnya 300 M2 ,sudah hak
miliki, lokasi strategis, bebas banjir. Nego. Hub. Budi Jln Anggrek No. 10 Jambi.
35.
Indikator SKL : Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator
Soal : Disajikan
beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang
disusun secara
acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.
Soal :
Susunan
petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah…
A.
(4),
(5), (3), (2), (1)
B.
(4),
(1), (5), (3), (2)
C.
(5),
(4), (1), (3), (2)
D.
(5),
(1), (3), (2), (4)
Kunci : B
Pembahasan :
Petunjuk
disusun secara runtut dengan menganut kelogisan berpikir yang antara lain
ditandai dengan penanda kohesi. Kata kunci: Kupas lebih dahulu daripada
mengiris untuk memudahkan kegiatan tersebut.
36.
Indikator SKL : Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator
Soal : Disajikan
petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa
kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Perhatikan
petunjuk berikut!
|
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A.
(3)
Setelah 10 jam, kedelai itu direbus setengah matang.
(8) Setelah ragi
tercampur rata, bungkus dengan daun pisang atau plastik.
B.
(3)
Setelah dingin, kedelai itu direbus kembali sampai matang.
(8) Kedelai
ditiriskan dan dicuci kembali hingga bersih.
C.
(3)
Lalu kedelai yang sudah matang ditiriskan.
(8) Setelah ragi
tercampur rata, bungkus dengan daun atau plastik.
D.
(3)
Kemudian kedelai dibungkus dengan daun atau plastik.
(8) Setelah itu,
kedelai direbus hingga matang.
Kunci : A
Pembahasan :
Melengkapi
petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan sesudah
kalimat petunjuk yang dirumpangkan atau dikosongkan. Cari kalimat yang
berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudah dirumpangkan.
37.
Indikator SKL : Menulis teks
pidato
Indikator
Soal : Disajikan teks
pidato yang penulisan kata sapaannya tidak
tepat, siswa
dapat memperbaikinya.
Perhatikan
urutan sapaan pada pembuka pidato berikut!
Perbaikan
penggunaan sapaan dalam ilustrasi tersebut adalah ....
A.
Yang
saya paling hormati Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya
hormati Ibu Wakil Kepala SMP Pelangi
B.
Yang
terhormat Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang terhormat
Wakil Kepala SMP Pelangi
C.
Yang
terhormat Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati
Wakil Kepala SMP Pelangi
D.
Yang
saya hormati Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya
hormati Ibu Wakil SMP Pelangi
Kunci : C
Pembahasan :
Penggunaan
sapaan dalam pidato sesuai urutan dengan benar.
38.
Indikator SKL : Menulis teks
pidato
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan paragraf
bagian pembuka, isi, atau penutup teks
pidato yang tepat
Perhatikan ilustrasi berikut!
Bagian
pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Lomba
Kebersihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian pada kebersihan
lingkungan sekolah, khususnya di kelas. Banyaknya siswa yang sakit di bulan ini
menandakan bahwa kurangnya kesadaran kita pada kebersihan.
B.
Demikian
pidato sambutan ini saya sampaikan. Semoga kegiatan Lomba Kebersihan Kelas
tahun 2011/2012 berjalan lancar. Bila ada yang kurang berkenan, saya mohon
maaf.
C.
Pada
kesempatan yang baik ini, sebelum rapat persiapan Lomba Kebersihan Kelas,
marilah kita bersama-sama mengucap syukur kepada Tuhan YME karena kita semua
senantiasa dilimpahi rahmat dan kesehatan.
D.
Lomba
Kebersihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan
sekolah, khususnya di kelas. Dengan menjaga kebersihan akan menghindarkan diri
kita dari penyakit.
Kunci : C
Pembahasan :
Pembuka
pidato berisi ucapan puji syukur yang sesuai ilustrasi, yaitu rapat persiapan
Lomba Kebersihan Kelas. Jawaban yang tepat C.
39.
Indikator SKL : Menulis rumusan
masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah
/daftar pustaka
Indikator
Soal : Disajikan tema
karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan
masalah karya ilmiah
yang tepat berdasarkan tema.
Soal :
Bacalah tema
berikut!
|
Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut
adalah …
A.
Siapa
saja pengurus perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
B.
Di
mana terdapat perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
C.
Mengapa
perpustakaan digital sangat diperlukan keberadaannya di sekolah-sekolah?
D.
Bagaimana
peran perpustakaan digital dalam menunjang kegiatan pembelajaran?
Kunci : D
Pembahasan :
Rumusan
masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah
serta dikemukakan secara ilmiah. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik
yang diteliti atau dibahas. Rumusan masalah
menggunakan kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban panjang dan
mendetail (bagaimana, mengapa, apakah, ...)
40.
Indikator SKL : Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya Ilmiah
/daftar pustaka
Indikator
Soal : Disajikan
simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan
saran
berdasarkan simpulan karya ilmiah.
Soal :
Bacalah simpulan
karya ilmiah berikut!
Saran
yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
A.
Pengendara
wajib menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.
B.
Sebaiknya
sarana jalan raya di perluas sehingga kendaraan lancar.
C.
Pemerintah
sudah mengupayakan pelebaran sarana angkutan darat.
D.
Pemerintah
selama ini sudah tertib menjalankan disiplin lalu lintas.
Kunci : A
Pembahasan :
Saran
dalam karya tulis adalah pendapat atau anjuran yang disampaikan, merujuk pada
hasil penelitian. Kata kunci: ... pengendara berdisiplin dalam berlalu lintas.
41.
Indikator SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator
Soal : Disajikan
kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan
perbaikan yang
tepat.
Cermatilah
kalimat berikut!
|
Kalimat tersebut akan efektif bila
dihilangkan kata ….
A.
yang,
layak, agar.
B.
yang,
daripada, agar
C.
dalam,
bentuk, daripada
D.
bentuk,
daripada, buku
Kunci : B
Pembahasan : Kalimat efektif menggunakan kata-kata yang
tepat, tanpa ada kata tambahan yang bersifat mubazir (berlebihan) dan ambigu
(bermakna ganda).
42.
Indikator SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator
Soal : Disajikan
beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam
paragraf, siswa dapat
menentukan perbaikan yang tepat.
Soal :
Bacalah paragraf
berikut!
|
Perbaikan
penulisan huruf yang tepat pada paragraf tersebut adalah ....
Tertulis
|
Perbaikan
|
|
A
|
Lisboa,
tsunami, tepatnya
|
lisboa,
Tsunami, Tepatnya
|
B
|
tepatnya,
Sunda, Gunung
|
Tepatnya,
sunda, gunung
|
C
|
tepatnya, kepulauan,
Meletus
|
Tepatnya,
Kepulauan, meletus
|
D
|
tsunami,
Selat, Meletus
|
Tsunami,
selat, meletus
|
Kunci : C
Pembahasan :
Sesuai
kaidah EYD, huruf kapital digunakan untuk nama lokasi, tempat, dan pada awal
kalimat.
43.
Indikator SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan
beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragra siswa dapat menentukan perbaikan
yang tepat.
Penggunaan
tanda baca yang tepat untuk kesimpulan tersebut adalah ....
A.
Setelah
kata penelitian diberi tanda baca
koma (,). Tanda baca koma (,) setelah
kata lengkap. Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata minat.
B.
Setelah
kata penelitian diberi tanda baca
koma (,). Tanda baca koma (,) setelah
kata lengkap. Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata siswa.
C.
Setelah
kata penelitian diberi tanda baca
koma (,). Tanda baca koma (,) setelah
kata lengkap. Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata ruangan.
D.
Setelah
kata penelitian diberi tanda baca
koma (,). Tanda baca koma (,) setelah
kata lengkap. Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata koleksi.
Kunci : B
Pembahasan :
Sesuai
dengan kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (.) dan penggunaaan tanda baca (,).
44.
Indikator SKL : Melengkapi
pantun
Indikator
Soal : Disajikan pantun
yang larik sampiran/isinya dirumpangkan,
siswa dapat
melengkapinya dengan tepat
Bacalah
pantun berikut!
Larik yang tepat
untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A.
Kalau
hendak dihargai orang
B.
Mari
kita semua bersyukur
C.
Sifat
jujur modal utama
D.
Ingin
jadi anak baik
Kunci : A
Pembahasan :
Sesuai
syarat pantun dan data pada ilustrasi. Syarat pantun bersajak a-ba-b; baris
pertama dan kedua sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.
45.
Indikator SKL : Melengkapi
puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi
yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi puisi tersebut
dengan pilihan kata yang tepat.
Soal :
Perhatikan
kutipan puisi berikut!
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah ....
A.
waktu,
berseri
B.
muda,
waktu
C.
berseri,
muda,
D.
waktu,
muda
Kunci : A
Pembahasan :
Diksi
(pilihan kata) membulatkan makna puisi. Sesuai data pada kutipan puisi, pilihan
jawaban yang tepat A.
46.
Indikator SKL: Melengkapi
puisi
Indikator
Soal:
Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi puisi
dengan larik bermajas.
Soal :
Perhatikan
kutipan puisi berikut!
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan
puisi tersebut adalah ….
A.
Perahu
para nelayan
B.
Putih
warna pasir
C.
Berlari
ke pantai
D.
Langit
cerah sekali
Kunci : C
Pembahasan :
Kita
dapat melengkapi puisi rumpang dengan memperhatikan larik sebelum dan sesudah
bagian yang dirumpangkan. Berlari ke
pantai sesuai dengan larik di atasnya, Ombak
berkejaran. Adapun Tak kenal lelah sesuai
dengan larik bawahnya Terus berlari-lari.
47.
Indikator SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat,
siswa dapat
menentukan perbaikan yang tepat.
Soal :
Perhatikan
kutipan naskah drama berikut!
Ertia :
Mama susah sih...gak ngertiin anak remaja. Daar....!!! (melirik mama)
Mama : Bukan
begitu, Nak. Mama lakukan demi masa depanmu.
Ertia :
Mama selalu begitu, masa depan...masa depan!
Mama : Ertia,
semua mama lakukan demi kebaikanmu.
Ertia :
Ya...ya...Ma..semua demi masa depan Ertia.
Mama : Nah
gitu, itu baru anak mama.
Perbaikan petunjuk lakuan pada kutipan drama
tersebut adalah ...
A.
(menatap mama)
B.
(membanting pintu)
C.
(memukul jendela)
D.
(mencium mama)
Kunci : B
Pembahasan :
Petunjuk
lakuan disesuaikan dengan isi kalimat dialog pelaku. Lakuan membanting pintu yang sesuai untuk
kalimat ; Daar!!!
48.
Indikator SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama yang petunjuk lakuannya
dirumpangkan,
siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Cermati kutipan
naskah drama berikut!
Pemuda : [...] Kemari!
Kemarilah! Jangan takut. Kamu mau ini?
Ambillah tidak
usah takut. Ini rasanya enak, sungguh!
Gelandangan : [masih ragu-ragu] Tapi aku tidak boleh
menerima sesuatu
dari
orang asing.
Pemuda : Siapa yang
melarangmu?
Gelandangan : Kakak
Pemuda : Kakakmu memang
benar. Itu agar kamu berhati-hati.
Petunjuk
lakuan naskah drama yang rumpang tersebut dapat dilengkapi dengan ....
A.
[mengacungkan
tangan, dengan suara keras]
B.
[melambaikan
tangan, dengan suara tegas]
C.
[melambaikan
tangan, dengan suara lembut]
D.
[mengepalkan
tangan, dengan suara merintih]
Kunci : C
Pembahasan :
Dalam
konteks drama tersebut, digambarkan Pemuda
sedang memanggil atau mengajak gelandangan. Petunjuk lakuan yang paling
tepat adalah melambaikan tangan dengan
suara lembut.
49.
Indikator SKL: Melengkapi
naskah drama
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa
Dapat melengkapinya
dengan tepat.
Soal :
Cermati kutipan
naskah drama berikut!
Mami : Almiraa....!
[setengah berteriak dari dapur]
Almira : Ada apa, Mi?
Mami : Tolong antarkan
cheese cake ini ke rumah Bu Wanda.
Almira : ... [1]
Mami : Vano masih
kuliah. Lagipula, dia itu kan pemalu banget.
Almira : ... (2)
[Mama
matanya melotot ke Almira]
Dialog
yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ...
A.
(1)
Ya ampun, Mi. Aku baru pulang belanja.
(2) Pemalu? Males iya.
B.
(1)
Baik, Mi. Kak Vano yang pesan,
ya?
(2) Iya. Mana
kue yang mau kuantar?
C.
(1)
Tidak mau, Mi. Itu kan tugas Vano?
(2) Tapi Kak
Vano bintang kelas,Mi.
D.
(1)
Di mana rumah Bu Wanda, Mi?
(2) Kak Vano
teman Kak Bagas, Mi?
Kunci : A
Pembahasan :
Berdasarkan
konteks yang berupa dialog tentang Almira yang males-malesan. Ia malas sewaktu diminta
ibunya mengantarkan kue. Pilihan jawaban yang tepat A.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar