SOAL
BEDAH SKL KELOMPOK III
1.
INDIKATOR
: Disajikan paragraf, siswa dapat menentukankan gagasan utama dari paragraf tersebut.
SOAL:
Perhatikan
paragraf berikut!
Kota Jakarta merupakan sentra
penjualan barang konsumsi, mulai dari kebutuhan sehari-hari, barang
elektronik, sampai keperluan segmen tertentu. Gejala ini mulai tampak dan
bergerak cepat pada era tahun 2000-an. Semua gerai penjualan menawarkan
promo dan fasilitas yang memudahkan konsumen dalam memilih dan mendapatkan
suatu barang.
|
Gagasan pokok paragraf di
atas adalah …
A.
Gejala
Jakarta sebagai kota konsumtif.
B.
Semua
barang konsumsi tersedia di Jakarta.
C.
Jakarta
merupakan sentra penjualan barang konsumsi.
D.
Semua
gerai penjualan di Jakarta mnyediakan barang konsumsi.
2.
INDIKATOR
: Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kesimpulan isi paragraf.
SOAL:
Perhatikan
teks berikut!
Tidak semua sampah dapat terangkut karena keterbatasan sarana
transportasi yang jumlahnya hanya 100-an unit truk. Dinas kebersihan hanya
mampu mengangkut sampah sebesar
64,53 persen atau sekitar 2.700meter kubik per hari. Artinnya, masih ada
1.500 meter kubik sampah yang
menjadi beban lingkungan setiap hari, yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan
bencana bila terakumulasi terus- menerus.
|
Kesimpulan yang tepat dari teks tersebut adalah...
A.
Timbunan
sampah akan menjadi beban lingkungan.
B.
Akumulasi
timbunan sampah bisa menimbulkan bencana.
C.
Sarana
transportasi pengangkut sampah masih jauh dari harapan.
D.
Dinas
kebersihan tidak mampu mengangkut semua sampah sehingga lingkungan ikut
terbebani.
3.
INDIKATOR
: Disajikan paragraf bernomor, siswa dapat menentukan kalimat utama dari paragraf
tersebut.
SOAL:
(1) Baloteli
pemain sepakbola yang sarat dengan kontroversi. (2) Pemuda ini tidak pernah
tersenyum. (3) Ia pernah melakukan tendangan penalti dengan cara yang unik,
yaitu dengan cara membelakangi gawang lawan. (4) Pertengkarannya dengan pelatih
menyebabkannya sering dibangkucadangkan. (5) Namun ia pernah berbuat manis dengan
memberikan uang dalam jumlah yang banyak kepada seorang pengemis jalanan.
|
Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah kalimat
nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
4.
INDIKATOR
: Disajikan dua teks berita, siswa dapat
menentukan perbedaan penyajian 2 teks yang berbeda tersebut.
SOAL:
Bacalah
kedua teks berikut dengan seksama!
Teks Berita
1
Sekitar lima hektar lahan pertanian dan semak belukar di pinggiran Bandar
udara Syamsuddin Noor, kecamatan Landasan Ulin, Banjar Baru, Kalimantan Selatan
(24/9) terbakar. Kebakaran tersebut membuat panik warga karena api sempat
mengepung beberapa rumah penduduk di kawasan kelurahan Guntung Dammar.
|
Teks Berita
2
Hutan di Gunung Slamet, Minggu (16/9), pukul 04.00
pagi kembali terbakar. Kebakaran itu mengakibatkan hutan lindung yang ada
di pos tiga atau pos Samarantu di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut terbakar
hingga mencapai 5 hektar. Menurut
ahli admin istratur kesatuan pemangku hutan Bayumas Timur, Sujudi, lokasi
kebakaran kini lebih tinggi dibandingkan yang terjadi pada Kamis lalu.
|
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebuta adalah….
Berita 1
|
Berita 2
|
A.
Apa – siapa – kapan – dimana
B.
Apa – dimana – kapan – mengapa
C.
Apa – siapa – mengapa – kapan
D.
Apa – mengapa – kapan - dimana
|
Apa – kapan- siapa – dimana
Apa – kapan – bagaimana – siapa
Apa – bagaimana – siapa – kapan
Apa – siapa – kapan - bagaimana
|
5.
INDIKATOR
: Disajikan dua teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi dari dua teks
berita.
SOAL:
Bacalah
kedua teks berikut dengan seksama!
Teks 1
Jakarta - Bencana banjir yang terjadi di Jakarta selama
sepekan, sejak 4 Februari 2011, melumpuhkan Ibu Kota Negara
Republik Indonesia. Air bah
menggenangi ¾ wilayah Jakarta.
Keadaan ini menyebabkan lebih dari 200 ribu jiwa terpaksa menyingkir
dari rumah tinggalnya. Banjir
terbesar setelah tahun 2002 ini merusak dan memusnahkan aset-aset warga dan
fasilitas publik. Kerugian akibat
banjir besar ini kurang lebih 4,2
trilyun. Berbagai persiapan untuk menghadapi ancaman bencana, terbukti
gagal. Kekuatan banjir serta jumlah
korban di jadikan alasan ketidakmampuan Pemda dalam menangani bencana tahun
2011.
|
Teks 2
Sejak Hari Kamis, 3 Februari 2011, hujan deras
mengguyur Jakarta tanpa henti sampai hari Jumat, 4 Februari 2011.
Akibatnya, 70 % kota Jakarta dan kota – kota di sekitarnya seperti Bekasi,
Tangerang, Depok dan Bogor tergenang air. Ketinggian air yang menggenangi
wilayah tersebut beragam mulai dari 50 sentimeter sampai 5 meter. Hujan
juga menyebabkan luapan air di
pintu-pintu air penting di Jakarta,
seperti pintu air Manggarai, Karet, dan Katulampa Bogor, banjir tahun ini
merupakan banjir terburuk yang di
alami oleh Jakarta. Bahkan, banjir kali ini lebih buruk dari banjir besar yang
melanda Jakarta tahun 2010.
|
Kesamaan informasi yang terdapat dalam kedua teks di
atas adalah….
A.
Banjir
di Jakarta dan dampaknya
B.
Banjir
di Jakarta dan penyebabnya
C.
Banjir
di Jakarta dan kesiapan Pemda
D.
Banjir
di Jakarta dan besarnya kerugian
6.
INDIKATOR
: Disajikan sebuah penggalan cerita, siswa mampu menentukan keistimewaan tokoh cerita.
SOAL:
Perhatikan
teks cerita berikut!
Prabu Siliwangi adalah
sosok Raja Pajajaran yang di cintai rakyatnya. Ia raja yang bijaksana,
sakti mandraguna, ia memimpin dengan adil dan penuh kasih sayang. Prabu Siliwangi
suka memberi penghargaan kepada mereka yang berjasa, namun tak segan
menghukum mereka yang bersalah walaupun yang bersalah itu masih sentana.
|
Keistimewaan Prabu Siliwangi adalah….
A.
adil
B.
bijaksana
C.
sakti
mandraguna
D.
kasih
sayang kepada rakyatnya
7.
INDIKATOR:
Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang dapat
diteladani.
SOAL:
R A. Kartini dilahirkan di kota Rembang. Ia anak
dari seorang bupati yang terkenal. Kehidupan sehari-harinya sederhana dan
tidak sombong terhadap sesamanya. Ia dikarunia seorang anak laki-laki,
diusianya yang baru menginjak 25 tahun beliau sudah menghadap sang Ilahi.
Dalamhidupnya ia bergerak memajukan Kaum perempuan agar bisa sama
derajatnya dengan kaum laki-laki. Sehingga dia dijuluki sebagai pelopor
kaum perempuan.
|
Sifat yang
baik untuk diteladani sesuai dengan biografi tokoh tersebut adalah ….
A. berani menentang adat istiadat
B. tidak sombong terhadap sesamanya
C. rela berkorban untuk anaknya
D. hidup sederhana meski anak bupati
8.
INDIKATOR:
Disajikan teks iklan baris, siswa dapat menentukan pendapat dalam iklan
tersebut.
SOAL:
Jl. Cpt Kijang MB ’88 5 spd, istmw, kmplt, Jln. Srimahi No. 27, M.
Ramdan.
|
Pendapat dalam iklan tersebut dinyatakan
dengan singkatan ….
A. Cpt
B. Spd
C. Istmw
D. Komplit
9. INDIKATOR:
SOAL:
Perhatikan
teks iklan berikut !
1. Satu-satunya guru keyboard yang mampu mengoptimalkan keyboard
Anda, menguasai program, & segala lagu.
Penasaran? Hub. Hengki (022) 7467111
|
Maksud
kalimat nomor 1 pada iklan tersebut adalah ….
A. Hengki guru keyboard yang mampu
menguasai program lagu
B. Hengki menguasa semua lagu
C. Henki guru yang bisa menyanyikan lagu
D. Orang yang pandai lagu
10. INDIKATOR:
disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
table tersebut.
SOAL:
Perhatikan
tabel berikut!
Usia
Penduduk
|
Negara
Maju (%)
|
Negara
Berkembang (%)
|
0 – 14 tahun
|
25
|
45
|
15 – 64
tahun
|
60
|
50
|
65 tahun ke atas
|
15
|
5
|
Pernyataan
yang sesuai dengan data dalam tabel di atas adalah ….
A. Jumlah penduduk usia 15 – 64 tahun di negara
berkembang lebih besar daripada di negara maju.
B. Jumlah penduduk usia 65 tahun ke atas di
negara maju lebih kecil daripada di
negara berkembang.
C. Di negara maju, jumlah penduduk usia 15 – 64 tahun lebih kecil daripada di negara
berkembang.
D. Di negara berkembang , jumlah penduduk usia
0daripada di 0- 14 tahun lebih besar daripada di negara maju.
11. INDIKATOR: Disajikan teks penggalan berita,
siswa mampu menentukan simpulan isi berita tersebut!
SOAL:
Bacalah penggalan
berita berikut ini!
Prakarsa PT
Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) membangun infrastruktur pertanian dalam
bentuk embung lengkap dengan saluran irigasinya di dua kecamatan di lingkar
tambang, masing-masing kecamatan Sengkoang dan Jereweh, tak lain untuk
membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian di
sekitar wilayah penambangannya di kabupaten Sumbawa Barat. Jika semula
petani hanya mengolah sawah ladangnya pada musim hujan, kini saat kemarau
pun mereka bisa panen padi atau jagung.
|
Simpulan berita
tersebut adalah …
A.
Embung merupakan prakarsa dari PT
Newmont Nusa Tenggara.
B.
Dengan menggunakan embung, petani masih
bisa panen pada musim kemarau.
C.
Embung sejauh ini sudah dibangun di dua
kecamatan, yaitu kecamatan Sengkoang dan Jereweh.
D.
Embung merupakan upaya untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian.
12.
INDIKATOR: Disajikan bagan, siswa
dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan.
SOAL:
Perhatikan bagan struktur klub
jurnalistik SMP Harapan Bangsa berikut!
Bidang Litbang
|
Ketua
|
Bendahara
|
Sekretaris
|
Bidang Redaksi
|
Bidang
Perusahaan
|
Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah …
A. Bidang
redaksi mempertanggungjawabkan tugasnya kepada bidang Litbang.
B. Bidang
perusahaan mempertanggungjawabkan tugasnya kepada bendahara.
C. Bendahara
mempertanggungjawabkan tugasnya kepada sekretaris.
D. Sekretaris
mempertanggungjawabkan tugasnya kepada ketua.
13.
INDIKATOR: Disajikan denah, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai
dengan isi denah
SOAL:
Perhatikan denah berikut ini!
Pernyataan yang sesuai
dengan isi denah tersebut adalah …
A. Kantor
Polisi terletak di sebelah timur rumah Arif.
B. Happy
Mal bersebelahan dengan Apotek Sehat.
C. Apotek
Sehat terletak diseberang RS Bunda.
D. Rumah
Arif terletak di jalan Merak.
14.
INDIKATOR: Disajikan denah, siswa mampu menentukan rute perjalanan yang paling
efektif dan efisien ke arah tempat yang dituju sesuai denah tersaji.
SOAL:
Perhatikan denah
berikut ini!
Berdasarkan peta tersebut perjalanan
yang efisien menuju Graha Budaya bila kita berada di alan Gatot Subroto adalah ….
A.
Di
jalan Gatot Subroto belok kiri menuju jalan Tarmidi.
B.
Menuju
jalan Agus Salim belok kiri ke jalan Basuki Rahmat.
C.
Dari
jalan Ahmad Dahlan belok kiri jalan Gatot Subroto melewati Graha Budaya.
D.
Melalui
jalan Basuki Rahmat belok kiri ke jalan Ahmad Dahlan, masuk jalan Tarmidi.
15.
INDIKATOR: Disajikan kutipan puisi,
siswa dapat menentukan larik dalam puisi yang mengandung majas.
SOAL:
Matahari
Kegagahanmu runtuhkan kesombonganku
Engkau angung dan wibawa
Kau merangkak di atas bumi pertiwi
Dengan panasmu yang menyeruak
Suburkan tanah surga petani
Kuterpesona olehmu
Gemetar ragayamu
|
Majas
personifikasi dalam puisi tersebut terletak pada larik ….
A. kedua
B. ketiga
C. keenam
D. ketujuh
16. INDIKATOR: Disajikan sebuah puisi, siswa
dapat menentukan tema puisi.
SOAL:
Perhatikan puisi berikut!
KASIH
Pada suatu malam
Ketika seorang ibu duduk di kursi goyang
Sang anak duduk di lantai merebahkan kepalanya
Di pangkuan ibunya
Sang ibu mendendangkan lagu jawa
Ia membelai lemut rambut anaknya
Sang anak pun tertidur
|
Tema puisi tersebut adalah ....
A. Kasih sayang seorang ibu
B. Kedamaian anak dalam dekapan
C. Kenangan ibu yang ada
D. Membela kasih pada anak
17.
INDIKATOR: Disajikan dua puisi, sisiwa dapat menentukan perbedaan pesan dari
dua puisi.
SOAL:
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Puisi
1
|
Puisi
2
|
Jangan kira
aku melupakan kamu,
kampungku
Jangan
kira aku lupa kesejukanmu,
desaku
Aku
hanya menuntut ilmu
Saatnya
nanti aku kembali
Membangkitkanmu
dari mimpi
|
Kembali
pulang, anankku sayang
kembali
ke balik malam
Jika
kapalmu telah rapat ke tepi
Kita
akan bercerita
“Tentang
cinta dan hidupmu
di
pagi hari.”
|
Perbedaan pesan kedua
puisi tersebut adalah ....
Puisi
1
|
Puisi
2
|
|
A.
|
Janganlah
sombong karena menuntut ilmu!
|
Janganlah
angkuh karena menuntut ilmu!
|
B.
|
Kita
tidak boleh lupa kepada kampung halaman!
|
Kita
tidak boleh lupa kepada ibu!
|
C.
|
Pandai-pandailah
membawa diri!
|
Kita
harus menyesuaikan diri!
|
D
|
Kampung
halaman menanti dirimu!
|
Keluarga
dan kerabatmu menunggu dirimu!
|
18.
INDIKATOR: Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti
latar suasana yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut.
SOAL:
Bacalah
kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 sampai
20!
Malam
itu tiba-tiba Subroto muncul. Di samping membutuhkan dana, dia juga ditugasi
mencari tenaga-tenaga baru. Laskar Elang akhir-akhir ini kehilangan banyak
sekali anggota. Aksi mereka yang berani bahkan kadang-kadang nekad memang
sangat merepotkan pihak Jepang. Berkali-kali mereka berhasil menyusup ke daerah
pertahanan lawan. Berkali-kali pula mereka berhasil membuat banyak kerusakkan,
meskipun tidak dapat disangkal bahwa setiap keberhasilan aksi selalu disertai
hilangnya anggota terbaik mereka.
Nama
Laskar Elang selama ini menjadi buah bibir penduduk kawasan itu. Kalau ada gudang
makanan milik Jepang kena rampok, orang segera yakin bahwa pelakunya adalah
Laskar Elang. Kalau ada gudang mesiu tiba-tiba meledak, siapa lagi pelakunya
kalau bukan Laskar Elang.
“Aku
ingin menjual beberapa perhiasan peninggalan ayah dan ibu untuk Laskar,”begitu
kata Subroto.
Kartono yang terkejut jadi gembira
melihat kakaknya pulang. Kartono langsung mengangguk, menyetujui rencana kakak
satu-satunya ini.
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. di toko perihasan
pada pagi
B. di rumah pada malam
hari
C. di medan perang pada
waktu senja
D. di gudang meseu pada
siang hari
19. INDIKATOR:
Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh
yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut.
SOAL:
Bukti yang menunjukan watak tokoh Subroto seorang
dermawan adalah....
A. Paragraf pertama kalimat ketiga
B. Paragraf pertama
kalimat keempat
C. Kalimat kedua paragraf kedua
D. Kalimat pertama
paragraf ketiga
20. INDIKATOR: Disajikan sebuah penggalan cerpen,
siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh cerpen yang
terdapat pada penggalan cerpen tersebut.
SOAL:
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Subroto
pemberani dalam kutipan cerpen tersebut adalah....
A. tindakan tokoh
B. dialog antartokoh
C. diceritakan tokoh lain
D. diceritakan pengarang
21. INDIKATOR : Disajikan kutipan cerita anak, siswa
dapat menentukan amanat.
SOAL:
Pada
suatu hari, Hera sedang menggembalakan dombanya di padang rumput. Tiba-tiba
matanya melihat sebatang pohon yang tercabut dari tanah. Dahan pohon itu
tampak hampir patah. Hera merasa kasihan melihatnya. Lalu diumpamakannya
dirinya sebagai pohon itu. Alangkah menderitanya. Hidup terlantar di antara
hidup dan mati. Dipungutnya pohon itu dan dibawanya pulang. Di rumahnya
pohon itu ditanam kembali dengan penuh kasih sayang.
|
Amanat cerita anak tersebut adalah ...
A. Sayangilah isi
alam semesta
B. Jangan
menggembala domba di padang rumput
C. Bawalah pohon
yang tercabut
D. Tanamlah pepohonan di rumah
22. INDIKATOR : Disajikan kutipan cerita anak, siswa
dapat menetukan konflik.
SOAL:
Bacalah
kutipan cerita anak berikut!
Ia bercita-cita menjadi dokter. Karena itu matematika
dan IPA selalu ditekuninya. untuk
dua pelajaran ini nilainya selalu di atas rata-rata. Di sisi lain selalu
terngiang di telinganya anjuran bapaknya,”Arman, nanti kamu jadi guru saja,
mendidik anak-anak di kampung yang masih banyak kekurangan guru yang
bermutu.” Hari-harinya dilalui dengan kebimbangan. Apakah ia mau mengikuti
anjuran bapaknya atau menjadi dokter?
|
Konflik yang terdapat dalam cerita tersebut adalah....
A. tokoh seorang
anak yang cerdas
B. tokoh
bercita-cita menjadi dokter
C. menjadi guru
di sebuah kampung
D. pergolakan
batin tokoh
23. INDIKATOR: Disajikan dua kutipan novel, siswa
dapat menentukan perbedaaan karakteristik novel.
SOAL:
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Kutipan Novel 1
“Salahku juga!” kata-kata itu bergema lagi seolah-olah suara hatiku.
“Mengapa aku sekarang begitu mudah naik darah?” Ya, setiap kali aku habis
bertengkar dengan suamiku, pasti aku ditimpa oleh perasaan sesal yang
mendalam, pasti aku mengakui bahwa aku terlalu lekas marah, terlalu lekas mengayun tangan atau
menghamburkan kutuk.
|
Kutipan Novel 2
Astaga, siapa orang-orang ini? Tampang mereka seperti orang-orang
kriminal. Namun, hak mereka sama dengan penumpang lain yang masuk taksiku.
Aku tak perlu tahu urusan mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu
meskipun banyak juga yang aku tahu sebagai sopir taksi.
|
Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah
....
Kutipan Novel 1
|
Kutipan
Novel 2
|
|
A
|
pertengkaran
|
Sosial
|
B
|
pertengkaran
|
Transportasi
|
C
|
kekeluargaan
|
Transportasi
|
D
|
kekeluargaan
|
Sosial
|
24. INDIKATOR: Disajikan kutipan drama, siswa dapat
menentukan suasana.
SOAL:
Bacalah kutipan drama berikut!
Leo :”Tidak, aku tidak akan pernah mau menemui
ayahku yang gila itu!”
Risa :”Leo, kamu jangan keras kepala begitu, tidak
baik akibatnya.”
Leo :”Alah, kamu nggak usah sok tahu. Pokoknya
aku tidak mau!”
Risa :”Baiklah, tapi ingat, jangan salahkan aku
jika suatu saat kamu harus....”
Leo :”Harus apa? Kualat? Zaman sekarang mana
ada?”
Suasana yang
tergambar pada kutipan naskah drama di atas adalah ...
A.
menegangkan
B.
mengharukan
C. menyedihkan
D. menyenangkan
25. INDIKATOR:
Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan latar tempat.
SOAL:
Bacalah
kutipan drama berikut!
Dian dan Dani sedang terlibat pembicaraan yang
serius di kantin sekolah.
Dani :”Proposal bakti sosial
kemarin disimpan siapa ya?”
Dian :”Nggak tahu tuh!”
Dani :”Terus di mana dong? Kamu
kan sekretaris OSIS. Kok bilang nggak tahu!”
(dengan suara keras)
Dian : “Memangnya sekretaris
harus tahu semua!” (tidak kalah keras suaranya)
Dani : “Ya, memang kamu harus
tahu. Bukankah sekretaris yang mengarsipkan
semua berkas?”
Dian
:”Maaf deh, aku tidak paham tugasku.”
Latar
tempat yang terdapat dalam kutipan drama tersebut adalah....
A.halaman sekolah
B.ruangan OSIS
C.ruang
kelas
D.kantin
sekolah
26.
INDIKATOR : Disajikan catatan harian yang rumpang, siswa mampu menentukan
catatan harian yang lengkap.
Sabtu pagi,
Pagi yang kelabu, bel jam ke-3 baru saja
berbunyi pertanda pelajaran matematika berakhir. Pak Setyo guru BP masuk ke
kelasku.”Rani, silakan ikut Bapak ke kantor guru tas sekolahmu di bawa
ya!”Deg…ada apa ini…sampai di kantor guru, ternyata om Hadi sudah
menungguku dengan senyum dipaksakan.”Ada apa om? Katanya Om mau pulang sama
ayah?”Tanyaku.Sambil menggandeng diriku erat-erat Om Hadi mengajakku ke
mobil,”Iya sayang…om pulang bersama ayah,yuk pulang.”Hanya saja suara Om
Hadi tampak parau seperti ada yang disembunyikan.Betul juga dugaanku,ketika
mobil sampai di depan rumah kulihat
sosok tubuh yang membujur kaku di tengah kerumunan {….}
|
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi catatan harian yang
rumpang adalah…
A.
Sosok
tubuh itu ternyata ayahku
B.
Aku
segera berlari masuk rumah
C.
Ibu
menyamputku dengan tangis
D.
Tiba-tiba
aku tak sadarkan diri
27. INDIKATOR : Disajikan sebuah
pesan dengan ilustrasi,
siswa mampu menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi.
SOAL
:
Kepala SMP Negeri I
Surakarta pada rapat pembukaan program kerja OSIS, tidak dapat hadir karena
ada pertemuan penting di balai kota Surakarta.Kepala sekolah menulis pesan
kepada pembina OSIS agar mewakilinya membuka acara tersebut.
|
Isi pesan singkat yang sesuai dengan
ilustrasi di atas adalah …
A.
Rapat
pembukaan program kerja OSIS
B.
Kepala
SMPN I Surakarta ada pertemuan
C.
Pertemuan
penting dibalai kota Surakarta
D.
Pembina
OSIS agar mewakili kepala sekolah membuka rapat program kerja OSIS
28. INDIKATOR : Disajikan sebuah laporan
perjalanan yang belum lengkap,
siswa mampu
menentukan laporan perjalanan sesuai urutan waktu.
SOAL :
{…}Ada sepuluh bus yang membawa rombongan kami,Sekitar pukul 10 pagi
kami sampai di Purwosari Solo.
|
Laporan perjalanan yang tepat sesuai urutan waktu adalah…
A. Kami
berkumpul di sekolah pukul 07.00 WIB.Rombongan kami berangkat tepat pukul 08.00
WIB dengan naik bus.
B. Kunjungan
kami ke pabrik jamu SEHAT sangat menyenangkan.Kami mengamati proses pembuatan
jamu.
C. Pabrik
pembuatan jamu Sehat terletak di daerah terpencil di Salatiga.Daerah ini
merupakan sentra jamu tradisional.
D. Jamu
merupakan obat tradisional yang digemari oleh sebagian masyarakat Jawa.Jamu
terbuat dari rempah-rempah.
29.
INDIKATOR : Disajikan pengumuman dengan
menggunakan kalimat yang tidak efektif
Siswa dapat menentukan pengumuman dengan
kalimat efektif
SOAL :
PENGUMUMAN
Dengan ini kami umumkan kepada seluruh
siswa SMP Budi Mulia bahwa dalam rangka menyambut HUT sekolah yang ke-20,
akan diadakan lomba sepeda hias yang wajib diikuti seluruh siswa.Lomba akan
diselenggarakan besok padatanggal 24
januari 2012.
Kami
tunggu partisipasi seluruh siswa-siswa.
|
Kalimat
yang kurang efektif dalam pengumuman di atas adalah….
A. Dalam
rangka menyambut HUT
B. Wajib
diikuti seluruh siswa
C. Seluruh
siswa-siswa
D. Lomba
sepeda hias
30. INDIKATOR : Disajikan
data buku siswa mampu menentukan
paragrap resensi
SOAL :
Judul
Buku :
Agar sholat tak sia-sia
Penulis :
Muhammad Bin Qusri
Volume :
164 halaman 4 bab
Keunggulan :
Isi buku sangat bagus.Membahas tentang sholat agar tak sia-sia secara tuntas. Bahasa yang digunakan mudah mudah dipahami.
Kelemahan :
Tidak dilengkapi glosarium
|
Paragraf resensi yang tepat adalah….
A. Agar
Sholat Tak Sia-Sia, judul buku ini sangat tepat
sebagaimana isi yang terkandung di dalamnya dimulai dari syarat-syarat
sholat,mengapa sholat tidak diterima, dan agar sholat tidak sia-sia.Buku karya
Muhammmad Bin Qusri ini memaparkan dengan rinci dan bahasa yang mudah
dipahami,meskipun tidak dilengkapi glosarium.
B. Agar
sholat Tak Sia-Sia, buku karya Muhammad Bin Qusri dengan
volume 164 halaman ini sangat bagus untuk dibaca setiap muslim.Pembahasannya
rinci dari syarat-syarat sholat, mengapa sholat tidak diterima,serta agar
sholat tidak sia-sia.Semua dibahas tuntas.
C. Agar
Sholat Tidak Sia-sia,volume 164 halaman, karya Muhammad Bin
Qusri ini wajib dibaca setiap orang yang mengaku sebagai orang islam.Muhammad
Bin Qusri membahas dengan rinci meskipun tidak dilengkapi glosarium.
D. Agar
Sholat Tidak Sia-Sia,buku karya Muhammad Bin Qusri dengan
volume 164 ini sangat bagus untuk dibaca semua umur, baik pria maupun wanita
yang mengaku dirinya seorang muslim,meskipun tidak dilengkapi dengan glosarium.
31.
INDIKATOR : Disajikan surat pribadi,
siswa mampu menetukan bagian pembuka surat pribadi.
SOAL:
Cermatilah
surat berikut!
Yona
yang manis,
[…]
Yon, seperti
janjiku dulu aku ingin berlibur ke kotamu. Semoga kehadiranku tidak
merepotkanmu, ya. Aku ingin kita habiskan waktu liburan ini dengan
menyenangkan.
|
Bagian
pembuka yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah…
A. Semoga
liburan ini berkesan bagi kita berdua
B. Yona,
aku senang kita akan bertemu di kotamu
C. Hai
Yon…apa kabarmu?Semoga baik-baik saja ya?
D. Harapanku
kamu tida kecewa dengan keputusanmu
32. INDIKATOR : Disajikan surat resmi
yang rumpang, siswa mampu melengkapi bagian alamat surat resmi.
SOAL:
Perhatikan
kutipan surat berikut!
Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen
SMP PANCASILA
Jalan Merpati Nomor 349
2 Januari 2013
Nomor
: 007/JK/1/13
Perihal :
Undangan
(…)
Dengan hormat,
Membaca Surat Saudara…
Penulisan
alamat surat yang tepat untuk kutipan surat tersebut adalah ….
A.
Kepada Yth.
Bapak
Sahrul, direktur PT Kawan Sejahtera
Di
Jakarta
B.
Yth.
Bapak
Direktur PT Kawan Sejahtera
Jakarta
C.
Yth. Bapak Sahrul
Direktur
PT Kawan Sejahtera Jakarta
D.
Yth.Bapak Direktur Sahrul
PT Kawan
Sejahtera Jakarta
33.
INDIKATOR : Disajikan surat resmi dengan kesalahan tanggal surat, siswa mampu
memperbaiki penulisan tanggal surat.
SOAL:
Cermati surat berikut!
SMP HARAPAN
Jalan Arga Makmur No.2, Jakarta
|
Nomor
: 17/S.030/SB/2013
Gemolong, 5 Januari 2013
Hal : Undangan
Yth. Para Guru dan Karyawan
SMP Harapan
di Gemolong
|
Penulisan tanggal surat yang tepat
pada surat tersebut….
A. 5-
1-2013
B. 5
Januari 2013
C. Gemolong,
2-1-2013
D. Gemolong,
2 Januari 2013
34. INDIKATOR : Disajikan sebuah teks bacaan,
siswa mampu merangkum bacaan.
SOAL:
Mencermati
upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia,para
guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan model
pembelajaran.kadang kala sulit mencari literature untuk kepentingan penelitian(penelitian
akademik maupun penelitian tindakan). Padahal para guru dituntut dapat
memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada
proses(beserta konsep dan teori) pembelajaran.
Seorang
guru diharapkan dapat kraetif mencoba dan mengembangkan model pembelajaran
tersendiri yang khas sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja
masing-masing. Hal ini akan melahirkan model-model pembelajaran versi guru
yang memperkaya khasanah model pembelajaran.
|
Rangkuman
teks tersebut yang tepat adalah …
A. Guru
diharuskan menguasai model-model pembelajaran. Guru juga dituntut untuk dapat
mereformasi pembelajaran dalam melaksanakan tugasnya.
B. Sudah
seharusnya guru kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Untuk itu,
guru dituntut bagi guru-guru muda yang professional.
C. Guru
kreatif adalah guru mampu menciptakan model-model pembelajaran sendiri. Hal ini
dituntut bagi guru-guru muda yang professional.
D. Dalam
upaya reformasi pembelajaran diharapkan guru kreatif mengembangkan model
pembelajaran.
35. INDIKATOR
: Disajikan sebuah ilustrasi, siswa mampu menentukan teks berita berdasarkan
ilustrasi.
SOAL:
Perhatikan ilustrasi
berikut!
Sebuah rumah mewah
dirampok pada Minggu, 4 Juli 2011. Di dalam rumah tersebut hanya ada
pembantu rumah tangga karena pemilik rumah, Suwanto, sedang berada di luar
negeri. Barang yang dibawa perampok berupa TV,HP,Laptop, dan sejumlah
perhiasan. Pembantu rumah tangga sempat melihat sebelum dia disekap di
gudang. Perampok berjumlah 3 orang dan membawa senjata tajam.
|
Teks
berita yang tepat sesuai ilustrasi adalah…
A. Perampokan
terjadi di salah satu rumah mewah milik Suwarto (50), Minggu (4/7).
Beberapa benda
elektronik dan sejumlah perhiasan berhasil dibawa kabur perampok. Pembantu
rumah menyaksikan perampok berjumlah 3 orang.
B. Perampokan
terjadi di salah satu rumah mewah, Minggu (4/7) Suwarto (50) menuturkan
kerugian yang di dialaminya cukup banyak. Perampok yang bersenjata tajam
berjumlah 3 orang.
C. Perampokan
terjadi di salah satu rumah mewah milik Suwarto (50) Minggu (4/7). Beberapa
benda elektronik dan sejumlah perhiasan berhasil dibawa oleh 3 perampok.
Suwarto sendiri belum bisa dihubungi karena ia sedang berada di luar negeri.
Mereka terpaksa merampok karena sulit mendapat pekerjaan.
D. Perampokan
di salah satu rumah mewah telah terjadi, Minggu (4/7). Pembantu yang menjaga
rumah disekap di gudang oleh perampok yang berjumlah 3 orang dan bersenjata
tajam. Setelah diteliti beberapa benda elektronik (TV, HP, Laptop) dan sejumlah
perhiasan telah raib dibawa kabur perampok. Suwarto, pemilik rumah belum bisa
datang karena masih di luar negeri.
36.
INDIKATOR: Disajikan sebuah ilustrasi,
siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
Bacalah
ilustrasi berikut!
Dalam rangka memperingati HUT sekolah,
SMP Bina Bangsa mengadakan berbagai lomba. Salah satunya adalah lomba
kebersihan dan kerapian kelas. Sebagai ketua kelas Rino menulis slogan yang
akan dipasang di dalam kelas.
|
Slogan
yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah …
A.
Jagalah kebersihan kelas ini.
B.
Buanglah sampah
pada tempatnya.
C.
Bersih itu
sehat, rapi itu indah.
D.
Rapid an indah
budaya bangsa Indonesia.
37.
INDIKATOR : Disajikan beberapa kalimat petunjuk secara
acak, siswa dapat menentukan urutan petunjuk yang tepat.
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Iris
jantung pisang sesuai selera.
(2) Angkat dan
tiriskan.
(3) Tumis
bumbu gulai hingga harum.
(4) Kupas
jantung pisang batu hingga sampai pada kulit yang berwarna putih.
(5)Masukkan jantung pisang yang telah diiris ke dalam
panci dan rebus hingga lunak.
(6)Masukkan
jantung pisang yang telah direbus dan tambahkan air sesuai selera.
(7)Taburi
bawang goring, dan gulai jangtung pisang siap dihidangkan.
(8)Masukkan
santan dan biarkan hingga mendidih.
|
.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi petunjuk membuat gulai jantung
pisang yang tepat bila disusun dengan urutan ….
A.
(3), (4), (1),
(5), (2), (6), (8), (7)
B.
(1), (5), (2),
(4), (3), (6), (8), (7)
C.
(4), (5), (2),
(1), (3), (6), (8), (7)
D.
(4), (1), (5),
(2), (3), (6), (8), (7)
38. INDIKATOR
: Disajikan sebuah petunjuk
melakukan sesuatu yang rumpang, siswa dapat melengkapi petunjuk tersebut.
SOAL :
Perhatikan
petunjuk berikut!
Petunjuk membuat peyek daun singkong
(1). Pilihlah daun singkong yang
tidak terlalu muda atau terlalu muda.
(2). [ …. ]
(3). Siapkan tepung beras Rose
Brand dan bumbu peyek.
(4). Buat menjadi adonan yang
tidak terlalu encer.
(5). [ ….]
(6). Goreng hingga berwarna
kuning kecoklatan.
(7). Peyek daun singkong siap
disantap.
|
Kalimat yang
tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
adalah …
A.
(2) Iris daun singkong sesuai selera.
(5) Masukkan daun singkong ke dalam adonan.
B.
(2) Potong-potong daun singkong.
(5) Masukkan
daun singkong ke dalam adonan.
C.
(2) Cuci bersih daun singkong yang telah dipilih.
(5) Celupkan
daun singkong lembar demi lembar ke
dalam adonan.
D.
(3) Cuci bersih daun singkong
yang telah dipilih.
(5) Masukkan
dan aduk daun singkong dalam adonan.
39.
INDIKATOR :
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan pembuka pidato
sambutan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut.
SOAL :
Bacalah ilustrasi berikut!
Ketua OSIS SMP Bina Bangsa memberikan sambutan pada rapat dalam rangka persiapan menyambut
peringatan Hari Kartini.
|
Pembuka
pidato yang tepat sesuai dengan ilustrasi
di atas adalah …
A.
Bapak Pembina
OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahagia, marilah
kita panjatkan puji syukur ke hadirat Illahi karena pada saat ini kita dapat
berkumpul guna membahas rencana kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kartini.
B.
Bapak Pembina
OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahgia, marilah
senantiasa kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Illahi karena pada saat ini
kita dapat memperingati Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa beliau.
C.
Bapak Pembina
OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahagia, Kartini
adalah tokoh pejuang emansipasi wanita. Berkat jasa beliau saat ini banyak
wanita yang mampu menduduki jabatan tinggi.
D.
Bapak Pembina
OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahagia, Hari
Kartini adlah hari yang perlu kita peringati. Karena di hari itulah seorang
pejuang emansipasi wanita lahir untuk mendobrak kungkungan tradisi yang
membelenggu.
40. INDIKATOR :
Disajikan kalimat sapaan dalam
pidato, siswa dapat memperbaiki kalimat sapaan tersebut dengan tepat.
SOAL
:
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1). Bapak dan ibu guru yang kami hormati.
(2). Ketua komite sekolah yang
kami hormati.
(3). Kepala sekolah yang
terhormat.
(4). Para karyawan dan karyawati
yang kami hormati.
(5). Rekan-rekan siswa SMP Bina
Bangsa yang saya kasihi.
|
Urutan
sapaan penghormatan yang tepat adalah ….
A.
(1), (3), (2), (4), (5)
B.
(2), (3), (1),
(4), (5)
C.
(3), (2), (1),
(4), (5)
D.
(3), (1), (2),
(4), (5)
41. INDIKATOR : Disajikan tema karya
ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah yang sesuai dengan tema.
Tema
karya ilmiah : Waspada HIV / AIDS
|
Rumusan masalah yang
sesuai dengan tema tersebut adalah …
A. Benarkah
pergaulan bebas dapat menyebabkan terkena HIV / AIDS ?
B. Apa
yang menyebabkan seseorang terinfeksi
HIV / AIDS ?
C. Siapa
saja yang sudah positif terkena HIV / AIDS ?
D. Apakah
kita bias terkena HIV / AIDS ?
42 . INDIKATOR: Disajikan simpulan karya
ilmiah,
siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah.
SOAL:
Bacalah kesimpulan karya ilmiah berikut!
Hasil
riset Lembaga Kesehatan Masyarakat di firlandia menyebutkan penduduk yang
paling banyak menyentap buah – buahhan dan sayur sayuran segar berisiko
paling kecil terhadap penyakit apa pun. Penduduk yang menghabis kan banyak
buah apel risiko mengidap penyakit kronis seperti kanker paru – paru,
merosot 20 – 60 persen.
|
Saran
berdasarkan simpulan karya ilmiah adalah …
A. Buah
apel telah banyak disantap oleh masyarakat Firlandia selama 25 tahun .
B. Hendaknya
kita mengkonsumsi satu buah apel per hari untuk mengurangi risiko terhadap
penyakit .
C. Jangan
menyantap buah – buahan dan sayur – sayuran karena berisiko paling kecil
terhadap penyakit apa pun.
D. Menghabiskan lebih banyak buah apel risikonya
mengidap penyakit kronis seperti kanker paru – paru.
43. INDIKATOR: Disajikan wacana satu
paragraf,
siswa dapat memperbaiki penggunaan pilihan kata yang salah.
SOAL:
Pihak sekolah
memberlakukan proses pendaftaran sesuai syarat
(1) . Artinya , ada ukuran (2) dalam proses pemasukan (3) sekolah . Misalnya
persyaratan bahwa usia calon siswa yang dipilih
(4) adalah 7 – 12 tahun . Lalu tempat tinggal dan administrasi
|
Perbaikan
pilihan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah … .
Pilihan
kata salah
|
Perbaikan
|
|
A
|
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
|
Prosedur
syarat
penerimaan
diprioritaskan
|
B
|
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
|
Prosedur
kriteria
pendaftaran
diprioritaskan
|
C
|
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
|
Cara
syarat
pemasukan
diutamakan
|
D
|
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
|
cara
kriteria
penerimaan
diseleksi
|
44. INDIKATOR: Disajikan kalimat yang tidak efektif, siswa dapat mnentukan perbaikan penggunaan huruf
kapital yang salah.
SOAL:
Perhatikann
kalimat berikut!
Film
laskar pelangi
yang diadopsi dari novel laris dengan judul sama melakukan syuting perdana Pulau Belitung.
|
Perbaikan
penggunaan huruf kapital tersebut adalah … .
A. judul
menjadi Judul
B. novel menjadi
Novel
C. perdana menjadi Perdana
D. laskar pelang
menjadi Laskar Pelangi
45.
INDIKATOR: Disajikan kalimat yang
tidak efektif, siswa dapat menetukan perbaikan kalimat tersebut
SOAL:
Cermati
kalimat berikut !
Para
hadirin, kita harus saling tolong
menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu burung.
|
Perbaikan
kalimat tersebut adalah …
A. Hadirin
, kita harus saling tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu
burung .
B. Hadirin
, kita harus tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu
burung.
C. Hadirin
sekalian , kita harus saling tolong menolong menginformasikan cara mencegah
penyakit flu burung .
D. Para
hadirin sekalian , kita harus tolong menolong menginformasikan cara mencegah
penyakit flu burung.
46.
INDIKATOR: Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai
ilustrasi.
Wati
sedih sekali. Ia mendapat nilai jelek saat ulangan matematika tadi. Ia
memang tidak belajar tadi malam. Ia harus menunggu ibunya yang sakit di
rumah sakit. Melihat itu, Rina berusaha menghibur sahabatnya itu.
|
Pantun yang tepat untuk Rina sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah …
- Jalan-jalan
ke kota Batu
Mampir
dulu ke kota Kediri
Jangan
sedih wahai sahabatku
Ada
waktu untuk memperbaiki
- Bunga mawar
berwarna merah
Layu
sudah karena terhempas
Nilai
jelek tidak masalah
Yang
penting tetap naik kelas
- Burung dara
burung kenari
Bersama-sama
terbang rendah
Anak
sekolah harus hepi
Nilai
jelek tidak masalah
- Burung
terbang hinggap di pagar
Lalu
hinggap di halaman
Mari
teman giat belajar
Agar
nanti tak ketinggalan
47. Indikator : Disajikan
sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut.
Perhatikan ilustrasi
berikut!
Hari ini saya berangkat ke sekolah
bersama teman-teman. Seperti biasa, sambil bersepeda kami bercerita dan
bersendau gurau. Karena terlalu asyik bercerita, hingga saya kurang
memperhatikan jalan yang kulewati. Sebuah lubang menganga tahu-tahu ada di
hadapanku. Tak bisa kuhindari dan akhirnya saya terjatuh ke dalam kubangan
berair. Saya basah kuyup dan bajuku kotor. Diiringi gelak tawa teman-teman,
saya pulang untuk ganti pakaian.
|
Puisi
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Pagi
cerah
Aku
berangkat sekolah
Canda
dan tawa bersama teman
Menemaniku sepanjang perjalanan
B. Diantar
sepeda tua
Diiring
doa kedua orang tua
Kutuntut
ilmu demi masa depanku
Walau
halangan menghadang
Tak
gentar kan kuterjang
C. Kicau
burung nuri
Hangatnya
mentari pagi
Menyambut
hariku yang indah
Berbekal
doa restu orang tua
Kurajut
asa
Kuraih
ilmu
Tak
kenal waktu
Demi
masa depanku
D. Diiring
tawa
Diantar
sepeda yang setia
Kubawa
dan kutahan malu
Aku
harus ganti baju
Siap
hati dimarahi ibu
Siap
hati dihukum guru
Gara-gara
tak hati-hati
48. INDOKATOR: Disajikan sebait puisi yang rumpang,
siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut dengan larik bermajas.
SOAL:
Bacalah
puisi berikut!
Unggas melintas
Hamparan padi menguning
….
Timbulkan alunan musik alam
Tenteramkan jiwa yang gersang
(Bram)
Kalimat bermas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut
adalah ….
- Air
bercanda diantara petak sawah
- Suara air
gemericik
- Air
mengalir perlahan
- Air jernih
sebening kaca
49. INDIKATOR:
disajikan kutipan drama dengan bagian yang dirumpangkan, siswa mampu
menunjukkan petunjuk laku yang tepat.
SOAL:
Dini : Sial, aku tadi dikerjain.
(bersungut-sungut)
Dina : Dikerjain siapa?
Dini : Kakak kelas. Jahat banget.
Dina : (…) sabar, sabar. Memang begitu resikonya
jadi anak baru.
Petunjuk laku
yang tepat untuk melengkapi dialog Dina adalah …
A.
menepuk
jidat
B. menepuk pundak Dini
C. tersenyum geli
D. tersenyum sinis
50.
INDIKATOR: Disajikan teks drama yang salah satu dialognya dirumpangkan, siswa
menentukan dialog yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut.
SOAL:
Bacalah
teks berikut!
SETAN I :
(terengah-engah) hai berhenti dulu!
SETAN II :
Apa anak tadi sudah tidak mengejar kita?(Menoleh)
SETAN I :
….
SETAN II :
(Ketakutan) Seumur-umur baru kali ini ada anak kecil mau makan kita.
SETAN I :
Lho kok! (heran) Apa maksudmu? (Bingung)
SETAN
II : Kamu dengar doa yang ia baca?
Itukan doa makan, berarti ia mau makan kita (menjelaskan).
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut
ialah …
- Apa?
Berlari terus?
- Sudah kita
berhenti dulu!
- Aku capek
silakan berlari sendiri!
- Tidak!
Mengapa kita harus berlari?
51. INDIKATOR:
Disajikan penggalan teks drama dengan petunjuk laku yang kurang tepat, siswa
dapat menentukan perbaikan petunjuk laku yang tepat.
SOAL:
Perhatikan penggalan drama berikut!
Rasus : (1)
Bagus sekali! (tertawa)
Srintil : (2) Sungguh? ( tersenyum)
Rasus : (3) Aku
tidak bohong, bukan begitu warta?,
Darsun?” (menoleh kepada kedua
temanya)
Warta : (4) Ya benar, cantik sekali sekarang” (tersipu malu)
Petunjuk laku yang tepat untuk menggantikan nomor 1 adalah ….
A.
tersenyum
sinis
B.
mengangkat
tangan
C. mengacungkan
jempol
D. menggelengkan
kepala
52. INDIKATOR : Disajikan teks drama yang dirumpangkan
pada petunjuk laku, siswa dapat melengkapi petunjuk laku yang rumpang pada
penggalan teks drama teresebut.
SOAL:
Perhatikan penggalan drama berikut!
1)
Rasus
: “ Bagus sekali!” [mengacungkan jempol)
2)
Srintil
: “ Sungguh?” ( ….)
3)
Rasus
: “ aku tidak bohong, bukan begitu warta?, Darsun?” (menoleh kepada kedua
temanya)
4)
Warta
: “ya benar, cantik sekali sekarang”
Petunjuk laku yang tepat
untuk mengisi dialog nomor 2 adalah….
A.
tersenyum
B.
mengangkat
tangan
C.
menggelengkan
kepala
D.
mengacungkan
jempol
53. INDIKATOR :
Disajikan sebuah artikel, siswa dapat menentukan tujuan penulisan
artikel tersebut.
SOAL :
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Demam berdarah pun dapat dikategorikan
dampak alam yang murka. Sebagai penyakit berbasis lingkungan, perubahan cuaca
turut menjadi pemicunya. Perubahan cuaca ekstrim antara lain karena pemanasan
global akibat gas-gas polutan membuat kepadatan nyamuk meningkat.
Ketidakpedulian pada lingkungan makin memicu nyamuk Aedes
aegypti dan Aedes albopictus
(pembawa virus demam berdarah) berkembang biak di air jernih, sejuk, dan gelap.
Kondisi makin berat karena virus demam berdarah –sebagaimana virus pada
umumnya-amat mudah bermutasi. Mutasi virus merupakan salah satu upaya bertahan
hidup terhadap berbagai kondisi yang mengancam kelangsungannya.
Tujuan penulisan artikel tersebut adalah …
A.
Memberi
informasi bahwa demam berdarah dapat
dikategorikan dampak alam yang murka.
B.
Memberi
informasi bahwa perubahan cuaca ekstrim membuat kepadatan nyamuk meningkat.
C.
Memberi
informasi bahwa virus demam berdarah amat mudah bermutasi.
D.
Memberi
informasi bahwa mutasi virus merupakan upaya untuk bertahan hidup.
54. INDIKATOR: Menanggapi surat pembaca
berdasarkan ilustrasi yang nyaman.
SOAL:
Bacalah
ilustrasi berikut!
Tempat parkir di sekolah sudah tidak
dapat menampung jumlah sepeda siswa. Sepeda siswa banyak parker di taman depan
sekolah. Keadaan ini mengurangi
keindahan sekolah.
Surat pembaca yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah …
A.
Tempat parker
sepeda sudah tidak dapat menampung sepeda kami. Tolong dong, Bapak Kepala
Sekolah membuat tempat parkir baru. Ini penting sekali demi kenyamanan kami.
B.
Tahun ini jumlah
sepeda siswa semakin banyak sampai harus parkir di taman. Kami jadi tidak bisa
duduk-duduk di taman lagi. Kami tidak punya tempat istirahat lagi.
C.
Sayang
sekali keindahan sekolah terganggu
kerena tempat parkir sepeda sudah tidak dapat menampung semua sepeda siswa.
Sepeda kami jadi cepat rusak karena kehujanan dan kepanasan.
D.
Kepala Sekolah
yang terhormat, tempat parkir sepeda sudah tidak dapat menampung semua sepeda
kami. Mohon Bapak dapat menyediakan tempat parkir yang baru.
55.
INDIKATOR: Disajikan sebuah ilustrasi, siswa
dapat menentukan iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi
SOAL:
Perhatikan ilustrasi
berikut!
Pak
Burhan akan menjual motor Mego Pro keluaran tahun 2006. Kondisinya masih bagus, semua masih asli. Kendaraan
tersebut akan dijual dengan harga Rp15.000.000,00 bisa ditawar. Bagi yang
berminat silakan hubungi Bapak Burhan, telepon 081393212213.
Iklan baris yang tepat sesuai dengan ilustrasi adalah ...
A.
Djl. Mega Pro. 2006.bgs.ors.Hrg.15
jt/nego. Hub.Bpk Burhan (081393212213).
B.
Djl. Mega Pro. 2006.bgs.ors.Hrg.15 jt.
Hub.081393212213.
C.
BU. Mego Pro. 2006. Hrg.15 jt/nego. Hub.
Bpk Burhan (081393212213)
D.
Jual. Mega Pro. 2006. Tnp perantara.
Hub. Bpk Burhan.
56. INDIKATOR : Disajikan dua data buku, siswa dapat
menentukan penulisan daftar pustaka yang
tepat.
SOAL:
1.Di
Jakarta PT Karya Unipress telah menerbitkan sebuah buku yang berjudul Pengantar
Novel Indonesia ,pengarangnya Jacob Sumarjo, diterbitkan pada tahun 2010.
2.
Buku yang digunakan siswa kelas IX SMP Mutiara Hati Yogyakarta sebagai acuan .
Kencana Yogyakarta tahun 2010.
Penulisan
daftar pustaka berdasarkan ilustrasi tersebut yang tepat adalah ….
A.
Sumarjo,
Jacob.2010. Pengantar Novel Indonesia.
Jakarta: PT Karya Unipress.
Sumantri,
Surya.2010. Budidaya Buah Naga.Yogyakarta:
Anta Kencana.
B.
Sumantri,
Surya. 2010. Budidaya Buah Naga. Yogyakarta:
Anta Kencana.
Sumarjo.
Jacob. 2010. Pengantar Novel Indonesia.
Jakarta: PT Karya Unipress.
C.
Jacob,
Subarjo. Pengantar Novel Indonesia.
Jakarta: PT Karya Unipress. 2010.
Surya
Sumantri. 2010. Budidaya Buah Naga. Yogyakarta:
Anta Kencana.
D.
Sumantri,
Surya. 2010. Budidaya Buah Naga. Yogyakarta: Anta Kencana.
Sumantri,
Surya. 2010.Budidaya Buah Naga.Yogyakarta: Anta Kencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar