Translate

Jumat, 14 Maret 2014

Latihan Soal UN B.Ind 2013

SOAL BEDAH SKL KELOMPOK III

1.    INDIKATOR : Disajikan paragraf, siswa dapat menentukankan gagasan utama dari paragraf   tersebut.
SOAL:
Perhatikan paragraf berikut!

Kota  Jakarta merupakan sentra penjualan barang konsumsi, mulai dari kebutuhan sehari-hari, barang elektronik, sampai keperluan segmen tertentu. Gejala ini mulai tampak dan bergerak cepat pada era tahun 2000-an. Semua gerai penjualan menawarkan promo dan fasilitas yang memudahkan konsumen dalam memilih dan mendapatkan suatu barang.

 






Gagasan pokok paragraf di atas adalah …
A.    Gejala Jakarta sebagai kota konsumtif.
B.     Semua barang konsumsi tersedia di Jakarta.
C.     Jakarta merupakan sentra penjualan barang konsumsi.
D.    Semua gerai penjualan di Jakarta mnyediakan barang konsumsi.

2.      INDIKATOR : Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kesimpulan isi paragraf.
SOAL:
Perhatikan teks berikut!

Tidak semua sampah dapat terangkut karena keterbatasan sarana transportasi yang jumlahnya hanya 100-an unit truk. Dinas kebersihan hanya mampu  mengangkut sampah sebesar 64,53 persen atau sekitar 2.700meter kubik per hari. Artinnya, masih ada 1.500 meter  kubik sampah yang menjadi beban lingkungan setiap hari, yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan bencana bila terakumulasi terus- menerus.

 






Kesimpulan yang tepat dari teks tersebut adalah...
A.    Timbunan sampah akan menjadi beban lingkungan.
B.     Akumulasi timbunan sampah bisa menimbulkan bencana.
C.     Sarana transportasi pengangkut sampah masih jauh dari harapan.
D.    Dinas kebersihan tidak mampu mengangkut semua sampah sehingga lingkungan ikut terbebani.



3.      INDIKATOR : Disajikan paragraf bernomor, siswa dapat menentukan kalimat utama dari paragraf tersebut.
SOAL:

(1) Baloteli pemain sepakbola yang sarat dengan kontroversi. (2) Pemuda ini tidak pernah tersenyum. (3) Ia pernah melakukan tendangan penalti dengan cara yang unik, yaitu dengan cara membelakangi gawang lawan. (4) Pertengkarannya dengan pelatih menyebabkannya sering dibangkucadangkan. (5) Namun ia pernah berbuat manis dengan memberikan uang dalam jumlah yang banyak kepada seorang pengemis jalanan.

    Perhatikan paragraf berikut!




Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

4.      INDIKATOR : Disajikan dua teks berita,  siswa dapat menentukan perbedaan penyajian 2 teks yang berbeda tersebut.
SOAL:
Bacalah kedua teks berikut dengan seksama!

Teks Berita 1
Sekitar lima hektar lahan pertanian  dan semak belukar di pinggiran Bandar udara Syamsuddin Noor, kecamatan Landasan Ulin, Banjar Baru, Kalimantan Selatan (24/9) terbakar. Kebakaran tersebut membuat panik warga karena api sempat mengepung beberapa rumah penduduk di kawasan  kelurahan Guntung Dammar.


Teks Berita 2
Hutan di Gunung Slamet, Minggu (16/9), pukul 04.00 pagi kembali terbakar. Kebakaran itu mengakibatkan hutan lindung yang ada di pos tiga atau pos Samarantu di ketinggian 2.500 meter  di atas permukaan laut terbakar hingga  mencapai 5 hektar. Menurut ahli admin istratur kesatuan pemangku hutan Bayumas Timur, Sujudi, lokasi kebakaran kini lebih tinggi dibandingkan yang terjadi pada Kamis lalu.

 

















Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebuta adalah….
Berita 1
Berita 2
A.    Apa – siapa – kapan – dimana
B.     Apa – dimana – kapan – mengapa
C.     Apa – siapa – mengapa – kapan
D.    Apa – mengapa – kapan - dimana
Apa – kapan- siapa – dimana
Apa – kapan – bagaimana – siapa
Apa – bagaimana – siapa – kapan
Apa – siapa – kapan - bagaimana

5.      INDIKATOR : Disajikan dua teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi dari dua teks berita.
SOAL:
Bacalah kedua teks berikut dengan seksama!

Teks 1
Jakarta  - Bencana  banjir yang terjadi di Jakarta selama sepekan, sejak  4 Februari  2011, melumpuhkan Ibu Kota Negara Republik Indonesia.  Air bah menggenangi ¾ wilayah Jakarta.  Keadaan ini menyebabkan lebih dari 200 ribu jiwa terpaksa menyingkir dari rumah tinggalnya. Banjir  terbesar setelah tahun 2002 ini merusak  dan memusnahkan aset-aset warga dan fasilitas publik.  Kerugian akibat banjir besar ini kurang lebih  4,2 trilyun. Berbagai persiapan untuk menghadapi ancaman bencana, terbukti gagal. Kekuatan banjir  serta jumlah korban di jadikan alasan ketidakmampuan Pemda dalam menangani bencana tahun 2011.

 













Teks 2
Sejak Hari Kamis, 3 Februari 2011, hujan deras mengguyur Jakarta tanpa henti sampai hari Jumat, 4 Februari 2011. Akibatnya, 70 % kota Jakarta dan kota – kota di sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor tergenang air. Ketinggian air yang menggenangi wilayah tersebut beragam mulai dari 50 sentimeter sampai 5 meter. Hujan juga menyebabkan luapan air  di pintu-pintu  air penting di Jakarta, seperti pintu air Manggarai, Karet, dan Katulampa Bogor, banjir tahun ini merupakan banjir terburuk  yang di alami oleh Jakarta. Bahkan, banjir kali ini lebih buruk dari banjir besar yang melanda Jakarta tahun 2010.

 










Kesamaan informasi yang terdapat dalam kedua teks di atas adalah….
A.    Banjir di Jakarta dan dampaknya
B.     Banjir di Jakarta dan penyebabnya
C.     Banjir di Jakarta dan kesiapan Pemda
D.    Banjir di Jakarta dan besarnya kerugian

6.      INDIKATOR : Disajikan sebuah penggalan cerita, siswa mampu menentukan keistimewaan tokoh cerita.
SOAL:
Perhatikan teks cerita berikut!

Prabu Siliwangi adalah sosok Raja Pajajaran yang di cintai rakyatnya. Ia raja yang bijaksana, sakti mandraguna, ia memimpin dengan adil dan penuh kasih sayang. Prabu Siliwangi suka memberi penghargaan kepada mereka yang berjasa, namun tak segan menghukum mereka yang bersalah walaupun yang bersalah itu masih sentana.

 





Keistimewaan Prabu Siliwangi adalah….
A.    adil
B.     bijaksana
C.     sakti mandraguna
D.    kasih sayang kepada rakyatnya

7.    INDIKATOR: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang dapat diteladani.
SOAL:

R A. Kartini dilahirkan di kota Rembang. Ia anak dari seorang bupati yang terkenal. Kehidupan sehari-harinya sederhana dan tidak sombong terhadap sesamanya. Ia dikarunia seorang anak laki-laki, diusianya yang baru menginjak 25 tahun beliau sudah menghadap sang Ilahi. Dalamhidupnya ia bergerak memajukan Kaum perempuan agar bisa sama derajatnya dengan kaum laki-laki. Sehingga dia dijuluki sebagai pelopor kaum perempuan.

Perhatikan teks biografi berikut!





Sifat yang baik untuk diteladani sesuai dengan biografi tokoh tersebut adalah ….
A. berani menentang adat istiadat
B. tidak sombong terhadap sesamanya
C. rela berkorban untuk anaknya
D. hidup sederhana meski anak bupati

8.              INDIKATOR: Disajikan teks iklan baris, siswa dapat menentukan pendapat dalam iklan tersebut.
SOAL:

Jl. Cpt Kijang MB ’88 5 spd, istmw, kmplt, Jln. Srimahi No. 27, M. Ramdan.

 



     Pendapat dalam iklan tersebut dinyatakan dengan singkatan ….
A. Cpt
B. Spd
C. Istmw
D. Komplit
9. INDIKATOR:
SOAL:
Perhatikan teks iklan berikut !

1. Satu-satunya guru keyboard yang mampu mengoptimalkan keyboard Anda, menguasai program, & segala lagu.
Penasaran? Hub. Hengki (022) 7467111

 





Maksud kalimat nomor 1 pada iklan tersebut adalah ….
A.        Hengki guru keyboard yang mampu menguasai program lagu
B.        Hengki menguasa semua lagu
C.        Henki guru yang bisa menyanyikan lagu
D.        Orang yang pandai lagu

10.   INDIKATOR: disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan table tersebut.
SOAL:
Perhatikan tabel berikut!
Usia Penduduk
Negara Maju (%)
Negara Berkembang  (%)
0 – 14 tahun
25
45
15 – 64 tahun
60
50
65  tahun ke atas
15
5

Pernyataan yang sesuai dengan data dalam tabel di atas adalah ….
A.   Jumlah penduduk usia 15 – 64 tahun di negara berkembang lebih besar daripada di negara maju.
B.   Jumlah penduduk usia 65 tahun ke atas di negara  maju lebih kecil daripada di negara berkembang.
C.   Di negara maju, jumlah penduduk usia  15 – 64 tahun lebih kecil daripada di negara berkembang.
D.   Di negara berkembang , jumlah penduduk usia 0daripada di 0- 14 tahun lebih besar daripada di negara maju.

11. INDIKATOR: Disajikan teks penggalan berita, siswa mampu menentukan simpulan isi berita tersebut!
    SOAL:
Bacalah penggalan berita berikut ini!

Prakarsa PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) membangun infrastruktur pertanian dalam bentuk embung lengkap dengan saluran irigasinya di dua kecamatan di lingkar tambang, masing-masing kecamatan Sengkoang dan Jereweh, tak lain untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian di sekitar wilayah penambangannya di kabupaten Sumbawa Barat. Jika semula petani hanya mengolah sawah ladangnya pada musim hujan, kini saat kemarau pun mereka bisa panen padi atau jagung.

 






Simpulan berita tersebut adalah …
A.       Embung merupakan prakarsa dari PT Newmont Nusa Tenggara.
B.        Dengan menggunakan embung, petani masih bisa panen pada musim kemarau.
C.        Embung sejauh ini sudah dibangun di dua kecamatan, yaitu kecamatan Sengkoang dan Jereweh.
D.       Embung merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian.

12. INDIKATOR: Disajikan bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan.
      SOAL:
      Perhatikan bagan struktur klub jurnalistik SMP Harapan Bangsa berikut!

    Bidang Litbang

     Ketua


    Bendahara

    Sekretaris

   Bidang Redaksi

    Bidang Perusahaan
 






      Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah …
A.    Bidang redaksi mempertanggungjawabkan tugasnya kepada bidang Litbang.
B.     Bidang perusahaan mempertanggungjawabkan tugasnya kepada bendahara.
C.     Bendahara mempertanggungjawabkan tugasnya kepada sekretaris.
D.    Sekretaris mempertanggungjawabkan tugasnya kepada ketua.

13. INDIKATOR: Disajikan denah, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi denah
      SOAL:
        Perhatikan denah berikut ini!
 








Pernyataan yang sesuai dengan isi denah tersebut adalah …
A.  Kantor Polisi terletak di sebelah timur rumah Arif.
B.  Happy Mal bersebelahan dengan Apotek Sehat.
C.  Apotek Sehat terletak diseberang RS Bunda.
D.  Rumah Arif terletak di jalan Merak.

14. INDIKATOR: Disajikan denah, siswa mampu menentukan rute perjalanan yang paling efektif dan efisien ke arah tempat yang dituju sesuai denah tersaji.
       SOAL:

Perhatikan denah berikut ini!












Berdasarkan peta tersebut perjalanan yang efisien menuju Graha Budaya bila kita berada di alan  Gatot Subroto adalah ….
A.    Di jalan Gatot Subroto belok kiri menuju jalan Tarmidi.
B.    Menuju jalan Agus Salim belok kiri ke jalan Basuki Rahmat.
C.     Dari jalan Ahmad Dahlan belok kiri jalan Gatot Subroto melewati Graha Budaya.
D.    Melalui jalan Basuki Rahmat belok kiri ke jalan Ahmad Dahlan, masuk jalan Tarmidi.

15. INDIKATOR: Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan larik dalam puisi yang mengandung majas.
       SOAL:

                               Matahari
Kegagahanmu runtuhkan kesombonganku
Engkau angung dan wibawa
Kau merangkak di atas bumi pertiwi
Dengan panasmu yang menyeruak
Suburkan tanah surga petani
Kuterpesona olehmu
Gemetar ragayamu

 












Majas personifikasi dalam puisi tersebut terletak pada larik ….
A.    kedua
B.     ketiga
C.     keenam
D.    ketujuh

16.   INDIKATOR: Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi.
         SOAL:
     Perhatikan puisi berikut!

                    KASIH
Pada suatu malam
Ketika seorang ibu duduk di kursi goyang
Sang anak duduk di lantai merebahkan kepalanya
Di pangkuan ibunya
Sang ibu mendendangkan lagu jawa
Ia membelai lemut rambut anaknya
Sang anak pun tertidur

 




        








Tema puisi tersebut adalah ....
A. Kasih sayang seorang ibu
B. Kedamaian anak dalam dekapan
C. Kenangan ibu yang ada
D. Membela kasih pada anak

17. INDIKATOR: Disajikan dua puisi, sisiwa dapat menentukan perbedaan pesan dari dua puisi.
SOAL:
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Puisi 1
Puisi 2
Jangan kira aku melupakan kamu,
kampungku
Jangan kira aku lupa kesejukanmu,
desaku
Aku hanya menuntut ilmu
Saatnya nanti aku kembali
Membangkitkanmu dari mimpi


Kembali pulang, anankku sayang
kembali ke balik malam
Jika kapalmu telah rapat ke tepi
Kita akan bercerita
“Tentang cinta dan hidupmu
di pagi hari.”


Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ....

Puisi 1
Puisi 2
A.
Janganlah sombong karena menuntut ilmu!
Janganlah angkuh karena menuntut ilmu!
B.
Kita tidak boleh lupa kepada kampung halaman!
Kita tidak boleh lupa kepada ibu!
C.
Pandai-pandailah membawa diri!
Kita harus menyesuaikan diri!
D
Kampung halaman menanti dirimu!
Keluarga dan kerabatmu menunggu dirimu!

18. INDIKATOR: Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar suasana yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut.
SOAL:
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 sampai 20!
Malam itu tiba-tiba Subroto muncul. Di samping membutuhkan dana, dia juga ditugasi mencari tenaga-tenaga baru. Laskar Elang akhir-akhir ini kehilangan banyak sekali anggota. Aksi mereka yang berani bahkan kadang-kadang nekad memang sangat merepotkan pihak Jepang. Berkali-kali mereka berhasil menyusup ke daerah pertahanan lawan. Berkali-kali pula mereka berhasil membuat banyak kerusakkan, meskipun tidak dapat disangkal bahwa setiap keberhasilan aksi selalu disertai hilangnya anggota terbaik mereka.
Nama Laskar Elang selama ini menjadi buah bibir penduduk kawasan itu. Kalau ada gudang makanan milik Jepang kena rampok, orang segera yakin bahwa pelakunya adalah Laskar Elang. Kalau ada gudang mesiu tiba-tiba meledak, siapa lagi pelakunya kalau bukan Laskar Elang.
“Aku ingin menjual beberapa perhiasan peninggalan ayah dan ibu untuk Laskar,”begitu kata Subroto.
Kartono yang terkejut jadi gembira melihat kakaknya pulang. Kartono langsung mengangguk, menyetujui rencana kakak satu-satunya ini.
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. di toko perihasan pada pagi
B. di rumah pada malam hari
C. di medan perang pada waktu senja
D. di gudang meseu pada siang hari

19. INDIKATOR: Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut.
SOAL:
Bukti yang menunjukan watak tokoh Subroto seorang dermawan adalah....
A. Paragraf pertama kalimat ketiga
B. Paragraf pertama kalimat keempat
C. Kalimat kedua paragraf kedua
D. Kalimat pertama paragraf ketiga
20. INDIKATOR: Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh cerpen yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut.
SOAL:
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Subroto pemberani dalam kutipan cerpen tersebut adalah....
A. tindakan tokoh
B. dialog antartokoh
C. diceritakan tokoh lain
D. diceritakan pengarang

21. INDIKATOR : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat.
 SOAL:

       Pada suatu hari, Hera sedang menggembalakan dombanya di padang rumput. Tiba-tiba matanya melihat sebatang pohon yang tercabut dari tanah. Dahan pohon itu tampak hampir patah. Hera merasa kasihan melihatnya. Lalu diumpamakannya dirinya sebagai pohon itu. Alangkah menderitanya. Hidup terlantar di antara hidup dan mati. Dipungutnya pohon itu dan dibawanya pulang. Di rumahnya pohon itu ditanam kembali dengan penuh kasih sayang.

Bacalah kutipan cerita anak berikut!





Amanat cerita anak tersebut adalah ...
A. Sayangilah isi alam semesta
B. Jangan menggembala domba di padang rumput
C. Bawalah pohon yang tercabut
D. Tanamlah  pepohonan di rumah

22. INDIKATOR : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menetukan konflik.
       SOAL:
      Bacalah kutipan cerita anak berikut!

Ia bercita-cita menjadi dokter. Karena itu matematika dan IPA selalu ditekuninya.  untuk dua pelajaran ini nilainya selalu di atas rata-rata. Di sisi lain selalu terngiang di telinganya anjuran bapaknya,”Arman, nanti kamu jadi guru saja, mendidik anak-anak di kampung yang masih banyak kekurangan guru yang bermutu.” Hari-harinya dilalui dengan kebimbangan. Apakah ia mau mengikuti anjuran bapaknya atau menjadi dokter?

 


           



Konflik yang terdapat dalam cerita tersebut adalah....
A. tokoh seorang anak yang cerdas
B. tokoh bercita-cita menjadi dokter
C. menjadi guru di sebuah kampung
D. pergolakan batin tokoh
23. INDIKATOR: Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaaan karakteristik novel.
SOAL:
Bacalah kedua kutipan novel berikut!

       Kutipan Novel 1
       “Salahku juga!” kata-kata itu bergema lagi seolah-olah suara hatiku. “Mengapa aku sekarang begitu mudah naik darah?” Ya, setiap kali aku habis bertengkar dengan suamiku, pasti aku ditimpa oleh perasaan sesal yang mendalam, pasti aku mengakui bahwa aku terlalu lekas  marah, terlalu lekas mengayun tangan atau menghamburkan kutuk.

 








Kutipan Novel 2
         Astaga, siapa orang-orang ini? Tampang mereka seperti orang-orang kriminal. Namun, hak mereka sama dengan penumpang lain yang masuk taksiku. Aku tak perlu tahu urusan mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu meskipun banyak juga yang aku tahu sebagai sopir taksi.

       




Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ....

Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A
pertengkaran
Sosial
B
pertengkaran
Transportasi
C
kekeluargaan
Transportasi
D
kekeluargaan
Sosial
           



 
24. INDIKATOR: Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana.
SOAL:
Bacalah kutipan drama berikut!
  Leo   :”Tidak, aku tidak akan pernah mau menemui ayahku yang gila itu!”
  Risa  :”Leo, kamu jangan keras kepala begitu, tidak baik akibatnya.”
  Leo   :”Alah, kamu nggak usah sok tahu. Pokoknya aku tidak mau!”
  Risa  :”Baiklah, tapi ingat, jangan salahkan aku jika suatu saat kamu harus....”
  Leo   :”Harus apa? Kualat? Zaman sekarang mana ada?”
   Suasana yang tergambar pada kutipan naskah drama di atas adalah ...
   A. menegangkan
   B. mengharukan
   C. menyedihkan
   D. menyenangkan
             
 25. INDIKATOR: Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan latar tempat.
       SOAL:
       Bacalah kutipan drama berikut!
        Dian dan Dani sedang terlibat pembicaraan yang serius di kantin sekolah.
        Dani  :”Proposal bakti sosial kemarin disimpan siapa ya?”
        Dian  :”Nggak tahu tuh!”
        Dani  :”Terus di mana dong? Kamu kan sekretaris OSIS. Kok bilang nggak tahu!”
                     (dengan suara keras)
        Dian  : “Memangnya sekretaris harus tahu semua!” (tidak kalah keras suaranya)
        Dani  : “Ya, memang kamu harus tahu. Bukankah sekretaris yang mengarsipkan 
                       semua berkas?”

        Dian  :”Maaf deh, aku tidak paham tugasku.”
        Latar tempat yang terdapat dalam kutipan drama tersebut adalah....
        A.halaman sekolah
        B.ruangan OSIS
        C.ruang kelas
        D.kantin sekolah







26. INDIKATOR            :  Disajikan catatan harian yang rumpang, siswa mampu menentukan
                                catatan harian yang lengkap.

Sabtu pagi,
                    Pagi yang kelabu, bel jam ke-3 baru saja berbunyi pertanda pelajaran matematika berakhir. Pak Setyo guru BP masuk ke kelasku.”Rani, silakan ikut Bapak ke kantor guru tas sekolahmu di bawa ya!”Deg…ada apa ini…sampai di kantor guru, ternyata om Hadi sudah menungguku dengan senyum dipaksakan.”Ada apa om? Katanya Om mau pulang sama ayah?”Tanyaku.Sambil menggandeng diriku erat-erat Om Hadi mengajakku ke mobil,”Iya sayang…om pulang bersama ayah,yuk pulang.”Hanya saja suara Om Hadi tampak parau seperti ada yang disembunyikan.Betul juga dugaanku,ketika mobil sampai di depan  rumah kulihat sosok tubuh yang membujur kaku di tengah kerumunan {….}

    SOAL   

      
   






   Kalimat yang tepat untuk melengkapi catatan harian  yang rumpang adalah…
A.    Sosok tubuh itu ternyata ayahku
B.     Aku segera berlari masuk rumah
C.     Ibu menyamputku dengan  tangis
D.    Tiba-tiba aku tak sadarkan diri

27. INDIKATOR            :  Disajikan sebuah pesan dengan ilustrasi, siswa mampu menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi.
SOAL           :

Kepala SMP Negeri I Surakarta pada rapat pembukaan program kerja OSIS, tidak dapat hadir karena ada pertemuan penting di balai kota Surakarta.Kepala sekolah menulis pesan kepada pembina OSIS agar mewakilinya membuka acara tersebut.

 







Isi pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah …
A.       Rapat pembukaan program kerja OSIS
B.       Kepala SMPN I Surakarta ada pertemuan
C.       Pertemuan penting dibalai kota Surakarta
D.       Pembina OSIS agar mewakili kepala sekolah membuka rapat program kerja OSIS

28. INDIKATOR            : Disajikan sebuah laporan perjalanan yang belum lengkap, siswa mampu
                               menentukan laporan perjalanan sesuai urutan waktu.          
      SOAL            :

{…}Ada sepuluh bus yang membawa rombongan kami,Sekitar pukul 10 pagi kami sampai di Purwosari Solo.

 




Laporan perjalanan yang tepat sesuai urutan waktu adalah
A.    Kami berkumpul di sekolah pukul 07.00 WIB.Rombongan kami berangkat tepat pukul 08.00 WIB dengan naik bus.
B.     Kunjungan kami ke pabrik jamu SEHAT sangat menyenangkan.Kami mengamati proses pembuatan jamu.
C.     Pabrik pembuatan jamu Sehat terletak di daerah terpencil di Salatiga.Daerah ini merupakan sentra jamu tradisional.
D.    Jamu merupakan obat tradisional yang digemari oleh sebagian masyarakat Jawa.Jamu terbuat dari rempah-rempah.

      29. INDIKATOR  : Disajikan pengumuman dengan menggunakan kalimat yang tidak efektif
                                         Siswa dapat menentukan pengumuman dengan kalimat efektif
              SOAL              :

                                                   PENGUMUMAN
 Dengan ini kami umumkan kepada seluruh siswa SMP Budi Mulia bahwa dalam rangka menyambut HUT sekolah yang ke-20, akan diadakan lomba sepeda hias yang wajib diikuti seluruh siswa.Lomba akan diselenggarakan besok  padatanggal 24 januari 2012.
Kami tunggu partisipasi seluruh siswa-siswa.

                                                             







Kalimat yang kurang efektif dalam pengumuman di atas adalah….
A.  Dalam rangka menyambut HUT
B.  Wajib diikuti seluruh siswa
C.  Seluruh siswa-siswa
D.  Lomba sepeda hias
30. INDIKATOR       : Disajikan data buku  siswa mampu menentukan paragrap resensi   
      SOAL       :

  Judul Buku               : Agar sholat tak sia-sia
  Penulis                      : Muhammad Bin Qusri
  Volume                     : 164 halaman 4 bab
Keunggulan              : Isi buku sangat bagus.Membahas tentang sholat agar tak sia-sia secara   tuntas. Bahasa yang digunakan mudah mudah dipahami.
  Kelemahan                : Tidak dilengkapi glosarium

 









  Paragraf resensi yang tepat  adalah….
A.       Agar Sholat Tak Sia-Sia, judul buku ini sangat tepat sebagaimana isi yang terkandung di dalamnya dimulai dari syarat-syarat sholat,mengapa sholat tidak diterima, dan agar sholat tidak sia-sia.Buku karya Muhammmad Bin Qusri ini memaparkan dengan rinci dan bahasa yang mudah dipahami,meskipun tidak dilengkapi glosarium.
B.       Agar sholat Tak Sia-Sia, buku karya Muhammad Bin Qusri dengan volume 164 halaman ini sangat bagus untuk dibaca setiap muslim.Pembahasannya rinci dari syarat-syarat sholat, mengapa sholat tidak diterima,serta agar sholat tidak sia-sia.Semua dibahas tuntas.
C.       Agar Sholat Tidak Sia-sia,volume 164 halaman, karya Muhammad Bin Qusri ini wajib dibaca setiap orang yang mengaku sebagai orang islam.Muhammad Bin Qusri membahas dengan rinci meskipun tidak dilengkapi glosarium.
D.       Agar Sholat Tidak Sia-Sia,buku karya Muhammad Bin Qusri dengan volume 164 ini sangat bagus untuk dibaca semua umur, baik pria maupun wanita yang mengaku dirinya seorang muslim,meskipun tidak dilengkapi dengan glosarium.

31.     INDIKATOR : Disajikan surat pribadi, siswa mampu menetukan bagian pembuka surat pribadi.
          SOAL:
            Cermatilah surat berikut!

Yona yang manis,
            […]
Yon, seperti janjiku dulu aku ingin berlibur ke kotamu. Semoga kehadiranku tidak merepotkanmu, ya. Aku ingin kita habiskan waktu liburan ini dengan menyenangkan.

 



           


Bagian pembuka yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah…
A.    Semoga liburan ini berkesan bagi kita berdua
B.     Yona, aku senang kita akan bertemu di kotamu
C.     Hai Yon…apa kabarmu?Semoga baik-baik saja ya?
D.    Harapanku kamu tida kecewa dengan keputusanmu

32. INDIKATOR : Disajikan surat resmi yang rumpang, siswa mampu melengkapi bagian alamat surat resmi.
    SOAL:
Perhatikan kutipan surat berikut!
Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen
SMP PANCASILA
Jalan Merpati Nomor 349
                                                                                                 
2 Januari  2013
            Nomor             : 007/JK/1/13
Perihal                        : Undangan
(…)
Dengan hormat,
Membaca Surat Saudara…
Penulisan alamat surat yang tepat untuk kutipan surat tersebut adalah .

A.    Kepada Yth.
Bapak Sahrul, direktur PT Kawan Sejahtera
Di Jakarta
B.     Yth.
Bapak Direktur PT Kawan Sejahtera
Jakarta
C.     Yth. Bapak Sahrul
Direktur PT Kawan Sejahtera Jakarta
D.    Yth.Bapak Direktur Sahrul
PT Kawan Sejahtera Jakarta

33. INDIKATOR : Disajikan surat resmi dengan kesalahan tanggal surat, siswa mampu memperbaiki penulisan tanggal surat.
 SOAL:                 
         Cermati surat berikut!

SMP HARAPAN
Jalan Arga Makmur No.2, Jakarta

Nomor : 17/S.030/SB/2013                                                     Gemolong, 5 Januari 2013
Hal       : Undangan

Yth. Para Guru dan Karyawan
SMP Harapan
di Gemolong



            Penulisan tanggal surat yang tepat pada surat tersebut….
A.    5- 1-2013
B.     5 Januari 2013
C.     Gemolong, 2-1-2013
D.    Gemolong, 2 Januari 2013









34.       INDIKATOR : Disajikan sebuah teks bacaan, siswa mampu merangkum bacaan.
            SOAL:

Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia,para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan model pembelajaran.kadang kala sulit mencari literature untuk kepentingan penelitian(penelitian akademik maupun penelitian tindakan). Padahal para guru dituntut dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses(beserta konsep dan teori) pembelajaran.
Seorang guru diharapkan dapat kraetif mencoba dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri yang khas sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing. Hal ini akan melahirkan model-model pembelajaran versi guru yang memperkaya khasanah model pembelajaran.

Perhatikan kutipan teks berikut!








         Rangkuman teks tersebut yang tepat adalah
A.    Guru diharuskan menguasai model-model pembelajaran. Guru juga dituntut untuk dapat mereformasi pembelajaran dalam melaksanakan tugasnya.
B.     Sudah seharusnya guru kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Untuk itu, guru dituntut bagi guru-guru muda yang professional.
C.     Guru kreatif adalah guru mampu menciptakan model-model pembelajaran sendiri. Hal ini dituntut bagi guru-guru muda yang professional.
D.    Dalam upaya reformasi pembelajaran diharapkan guru kreatif mengembangkan model pembelajaran.


35. INDIKATOR : Disajikan sebuah ilustrasi, siswa mampu menentukan teks berita berdasarkan ilustrasi.
      SOAL:

Perhatikan ilustrasi berikut!

Sebuah rumah mewah dirampok pada Minggu, 4 Juli 2011. Di dalam rumah tersebut hanya ada pembantu rumah tangga karena pemilik rumah, Suwanto, sedang berada di luar negeri. Barang yang dibawa perampok berupa TV,HP,Laptop, dan sejumlah perhiasan. Pembantu rumah tangga sempat melihat sebelum dia disekap di gudang. Perampok berjumlah 3 orang dan membawa senjata tajam.

 






Teks berita yang tepat sesuai ilustrasi adalah…
A.    Perampokan terjadi di salah satu rumah mewah milik Suwarto (50), Minggu (4/7).
Beberapa benda elektronik dan sejumlah perhiasan berhasil dibawa kabur perampok. Pembantu rumah menyaksikan perampok berjumlah 3 orang.
B.     Perampokan terjadi di salah satu rumah mewah, Minggu (4/7) Suwarto (50) menuturkan kerugian yang di dialaminya cukup banyak. Perampok yang bersenjata tajam berjumlah 3 orang.
C.     Perampokan terjadi di salah satu rumah mewah milik Suwarto (50) Minggu (4/7). Beberapa benda elektronik dan sejumlah perhiasan berhasil dibawa oleh 3 perampok. Suwarto sendiri belum bisa dihubungi karena ia sedang berada di luar negeri. Mereka terpaksa merampok karena sulit mendapat pekerjaan.
D.    Perampokan di salah satu rumah mewah telah terjadi, Minggu (4/7). Pembantu yang menjaga rumah disekap di gudang oleh perampok yang berjumlah 3 orang dan bersenjata tajam. Setelah diteliti beberapa benda elektronik (TV, HP, Laptop) dan sejumlah perhiasan telah raib dibawa kabur perampok. Suwarto, pemilik rumah belum bisa datang karena masih di luar negeri.
36. INDIKATOR:  Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
    Bacalah ilustrasi berikut!
Dalam rangka memperingati HUT sekolah, SMP Bina Bangsa mengadakan berbagai lomba. Salah satunya adalah lomba kebersihan dan kerapian kelas. Sebagai ketua kelas Rino menulis slogan yang akan dipasang  di dalam kelas.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah …
A.    Jagalah  kebersihan kelas ini.
B.     Buanglah sampah pada tempatnya.
C.     Bersih itu sehat, rapi itu indah.
D.    Rapid an indah budaya bangsa Indonesia.
37. INDIKATOR  :  Disajikan beberapa kalimat petunjuk secara acak, siswa dapat menentukan urutan petunjuk yang tepat.
 Bacalah kalimat-kalimat  berikut!
(1) Iris jantung pisang sesuai selera.
(2) Angkat dan tiriskan.
(3) Tumis bumbu gulai hingga harum.
(4) Kupas jantung pisang batu hingga sampai pada kulit yang berwarna putih.
(5)Masukkan  jantung pisang yang telah diiris ke dalam panci dan rebus  hingga lunak.
(6)Masukkan jantung pisang yang telah direbus dan tambahkan air sesuai selera.
(7)Taburi bawang goring, dan gulai jangtung pisang siap dihidangkan.
(8)Masukkan santan dan biarkan hingga mendidih.

.      
        Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi petunjuk membuat gulai jantung pisang yang tepat bila disusun dengan urutan ….
A.    (3), (4), (1), (5), (2), (6), (8), (7)
B.     (1), (5), (2), (4), (3), (6), (8), (7)
C.     (4), (5), (2), (1), (3), (6), (8), (7)
D.    (4), (1), (5), (2), (3), (6), (8), (7)
38.  INDIKATOR  :  Disajikan sebuah petunjuk melakukan sesuatu yang rumpang, siswa dapat melengkapi petunjuk tersebut.
       SOAL :
       Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk membuat peyek daun singkong
(1). Pilihlah daun singkong yang tidak terlalu muda atau terlalu muda.
(2). [ …. ]
(3). Siapkan tepung beras Rose Brand dan bumbu peyek.
(4). Buat menjadi adonan yang tidak terlalu encer.
(5). [ ….]
(6). Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
(7). Peyek daun singkong siap disantap.
      
 Kalimat yang  tepat untuk mengisi bagian yang rumpang  adalah …
A.    (2)  Iris daun singkong sesuai selera.
(5)   Masukkan daun singkong ke dalam adonan.
       B.   (2)   Potong-potong daun singkong.
              (5)   Masukkan daun singkong ke dalam adonan.
       C.   (2)  Cuci bersih daun singkong yang telah dipilih.
              (5)  Celupkan daun singkong  lembar demi lembar ke dalam adonan.
       D.   (3)  Cuci bersih daun singkong yang telah dipilih.
              (5)  Masukkan dan aduk daun singkong dalam adonan.
           
39.  INDIKATOR  :  Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan pembuka pidato sambutan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut.
       SOAL  :
 Bacalah ilustrasi berikut!

Ketua OSIS SMP Bina Bangsa  memberikan sambutan pada  rapat dalam rangka persiapan menyambut peringatan Hari Kartini.

 




Pembuka pidato yang tepat sesuai dengan ilustrasi  di atas adalah …
A.    Bapak Pembina OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Illahi karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kartini.
B.     Bapak Pembina OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahgia, marilah senantiasa kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Illahi karena pada saat ini kita dapat memperingati Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa beliau.
C.     Bapak Pembina OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahagia, Kartini adalah tokoh pejuang emansipasi wanita. Berkat jasa beliau saat ini banyak wanita yang mampu menduduki jabatan tinggi.
D.    Bapak Pembina OSIS yang kami hormati dan rekan-rekan pengurus OSIS yang berbahagia, Hari Kartini adlah hari yang perlu kita peringati. Karena di hari itulah seorang pejuang emansipasi wanita lahir untuk mendobrak kungkungan tradisi yang membelenggu.
40.  INDIKATOR  :  Disajikan kalimat sapaan dalam  pidato, siswa dapat memperbaiki kalimat sapaan tersebut dengan tepat.
       SOAL  :
 Perhatikan kalimat-kalimat  berikut!
(1).  Bapak dan ibu guru yang kami hormati.
(2). Ketua komite sekolah yang kami hormati.
(3). Kepala sekolah yang terhormat.
(4). Para karyawan dan karyawati yang kami hormati.
(5). Rekan-rekan siswa SMP Bina Bangsa yang saya kasihi.

     Urutan sapaan penghormatan  yang tepat  adalah ….
A.    (1), (3), (2), (4), (5)
B.     (2), (3), (1), (4), (5)
C.     (3), (2), (1), (4), (5)
D.    (3), (1), (2), (4), (5)
41. INDIKATOR : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah yang sesuai dengan tema.

    Tema karya ilmiah : Waspada HIV / AIDS

     SOAL:

    Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah …
A.    Benarkah pergaulan bebas dapat menyebabkan terkena HIV / AIDS ?
B.     Apa yang menyebabkan seseorang terinfeksi  HIV / AIDS ?
C.     Siapa saja yang sudah positif terkena HIV / AIDS ?
D.    Apakah kita bias terkena HIV / AIDS ?
42 . INDIKATOR: Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya ilmiah.
       SOAL:
Bacalah  kesimpulan karya ilmiah berikut!


Hasil riset Lembaga Kesehatan Masyarakat di firlandia menyebutkan penduduk yang paling banyak menyentap buah – buahhan dan sayur sayuran segar berisiko paling kecil terhadap penyakit apa pun. Penduduk yang menghabis kan banyak buah apel risiko mengidap penyakit kronis seperti kanker paru – paru, merosot 20 – 60 persen.

 





Saran berdasarkan simpulan karya ilmiah adalah …
A.    Buah apel telah banyak disantap oleh masyarakat Firlandia selama 25 tahun .
B.     Hendaknya kita mengkonsumsi satu buah apel per hari untuk mengurangi risiko terhadap penyakit .
C.     Jangan menyantap buah – buahan dan sayur – sayuran karena berisiko paling kecil terhadap penyakit apa pun.
D.      Menghabiskan lebih banyak buah apel risikonya mengidap penyakit kronis seperti kanker paru – paru.

43. INDIKATOR: Disajikan wacana satu paragraf, siswa dapat memperbaiki penggunaan pilihan kata yang salah.
SOAL:

Pihak sekolah memberlakukan proses pendaftaran sesuai syarat  (1) . Artinya , ada ukuran (2) dalam proses pemasukan (3) sekolah . Misalnya persyaratan bahwa usia calon siswa yang dipilih (4) adalah 7 – 12 tahun . Lalu tempat tinggal dan administrasi
 




Perbaikan pilihan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah … .

Pilihan kata salah
Perbaikan
A
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
Prosedur
syarat
penerimaan
diprioritaskan
B
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
Prosedur
kriteria
pendaftaran
diprioritaskan
C
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
Cara
syarat
pemasukan
diutamakan
D
Syarat
ukuran
pemasukan
dipilih
cara
kriteria
penerimaan
diseleksi

44. INDIKATOR: Disajikan kalimat yang tidak efektif, siswa dapat mnentukan perbaikan penggunaan huruf kapital yang salah.
       SOAL:
Perhatikann kalimat berikut!

Film laskar pelangi yang diadopsi dari novel  laris dengan judul sama melakukan syuting perdana Pulau Belitung.

 



Perbaikan penggunaan huruf kapital tersebut adalah … .
A.    judul menjadi Judul
B.     novel menjadi  Novel
C.     perdana  menjadi  Perdana
D.    laskar pelang menjadi Laskar Pelangi

45. INDIKATOR: Disajikan kalimat yang tidak efektif, siswa dapat menetukan perbaikan kalimat  tersebut
      SOAL:
Cermati kalimat berikut !

Para hadirin,  kita harus saling tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu burung.

 



Perbaikan kalimat tersebut adalah …
A.    Hadirin , kita harus saling tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu burung .
B.     Hadirin , kita harus tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu burung.
C.     Hadirin sekalian , kita harus saling tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu burung .
D.    Para hadirin sekalian , kita harus tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit flu burung.

46. INDIKATOR: Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi.

Wati sedih sekali. Ia mendapat nilai jelek saat ulangan matematika tadi. Ia memang tidak belajar tadi malam. Ia harus menunggu ibunya yang sakit di rumah sakit. Melihat itu, Rina berusaha menghibur sahabatnya itu.

     SOAL:



Pantun yang tepat untuk Rina sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
  1. Jalan-jalan ke kota Batu
Mampir dulu ke kota Kediri
Jangan sedih wahai sahabatku
Ada waktu untuk memperbaiki
  1. Bunga mawar berwarna merah
Layu sudah karena terhempas
Nilai jelek tidak masalah
Yang penting tetap naik kelas
  1. Burung dara burung kenari
Bersama-sama terbang  rendah
Anak sekolah harus hepi
Nilai jelek tidak masalah
  1. Burung terbang hinggap di pagar
Lalu hinggap di halaman
Mari teman giat belajar
Agar nanti tak ketinggalan
47. Indikator  :  Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut. 
     Perhatikan ilustrasi berikut!
Hari ini saya berangkat ke sekolah bersama teman-teman. Seperti biasa, sambil bersepeda kami bercerita dan bersendau gurau. Karena terlalu asyik bercerita, hingga saya kurang memperhatikan jalan yang kulewati. Sebuah lubang menganga tahu-tahu ada di hadapanku. Tak bisa kuhindari dan akhirnya saya terjatuh ke dalam kubangan berair. Saya basah kuyup dan bajuku kotor. Diiringi gelak tawa teman-teman, saya pulang untuk ganti pakaian.

        Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A.    Pagi cerah
Aku berangkat  sekolah
Canda dan tawa bersama teman
       Menemaniku sepanjang perjalanan
B.     Diantar sepeda tua
Diiring doa kedua orang tua
Kutuntut ilmu demi masa depanku
Walau halangan menghadang
Tak gentar kan kuterjang

C.     Kicau burung nuri
Hangatnya mentari pagi
Menyambut hariku yang indah
Berbekal doa restu orang tua
Kurajut asa
Kuraih ilmu
Tak kenal waktu
Demi masa depanku

D.    Diiring tawa
Diantar sepeda yang setia
Kubawa dan kutahan malu
Aku harus ganti baju
Siap hati dimarahi ibu
Siap hati dihukum guru
Gara-gara tak hati-hati

48. INDOKATOR: Disajikan sebait puisi yang rumpang, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut dengan larik bermajas.
SOAL:
Bacalah puisi berikut!
Unggas melintas
Hamparan padi menguning
….
Timbulkan alunan musik alam
Tenteramkan jiwa yang gersang
(Bram)
Kalimat bermas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
  1. Air bercanda diantara petak sawah
  2. Suara air gemericik
  3. Air mengalir perlahan
  4. Air jernih sebening kaca
49. INDIKATOR: disajikan kutipan drama dengan bagian yang dirumpangkan, siswa mampu menunjukkan petunjuk laku yang tepat.
SOAL:
Dini     : Sial, aku tadi dikerjain. (bersungut-sungut)
Dina    : Dikerjain siapa?
Dini     : Kakak kelas. Jahat banget.
Dina    : (…) sabar, sabar. Memang begitu resikonya jadi anak baru.
Petunjuk laku yang tepat untuk melengkapi dialog Dina adalah …
A.    menepuk jidat
B.     menepuk pundak Dini
C.     tersenyum geli
D.    tersenyum sinis
50. INDIKATOR: Disajikan teks drama yang salah satu dialognya dirumpangkan, siswa menentukan dialog yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut.
SOAL:
Bacalah teks berikut!
SETAN I         : (terengah-engah) hai berhenti dulu!
SETAN II       : Apa anak tadi sudah tidak mengejar kita?(Menoleh)
SETAN I         : ….
SETAN II       : (Ketakutan) Seumur-umur baru kali ini ada anak kecil mau makan kita.
SETAN I         : Lho kok! (heran) Apa maksudmu? (Bingung)
SETAN II         : Kamu dengar doa yang ia baca? Itukan doa makan, berarti ia mau makan kita (menjelaskan).
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut ialah …
  1. Apa? Berlari terus?
  2. Sudah kita berhenti dulu!
  3. Aku capek silakan berlari sendiri!
  4. Tidak! Mengapa kita harus berlari?

51.   INDIKATOR: Disajikan penggalan teks drama dengan petunjuk laku yang kurang tepat, siswa dapat menentukan perbaikan petunjuk laku yang tepat.
SOAL:
Perhatikan penggalan drama berikut!
Rasus   : (1) Bagus sekali! (tertawa)
Srintil : (2) Sungguh? ( tersenyum)
Rasus :  (3) Aku tidak bohong, bukan begitu warta?,  Darsun?” (menoleh kepada kedua temanya)
Warta : (4) Ya benar, cantik sekali sekarang” (tersipu malu)
Petunjuk laku yang tepat untuk menggantikan  nomor 1 adalah ….
A.    tersenyum sinis
B.     mengangkat tangan
C.  mengacungkan jempol
D.  menggelengkan kepala

52.  INDIKATOR : Disajikan teks drama yang dirumpangkan pada petunjuk laku, siswa dapat melengkapi petunjuk laku yang rumpang pada penggalan teks drama teresebut.
SOAL:
Perhatikan penggalan drama berikut!
1)      Rasus : “ Bagus sekali!” [mengacungkan jempol)
2)      Srintil : “ Sungguh?” ( ….)
3)      Rasus : “ aku tidak bohong, bukan begitu warta?, Darsun?” (menoleh kepada kedua temanya)
4)      Warta : “ya benar, cantik sekali sekarang”
Petunjuk laku yang tepat untuk mengisi dialog nomor 2 adalah….
A.       tersenyum
B.       mengangkat tangan
C.       menggelengkan kepala
D.       mengacungkan jempol

53.    INDIKATOR  :  Disajikan sebuah artikel, siswa dapat menentukan tujuan penulisan artikel tersebut.
       SOAL  : 
    Bacalah artikel berikut dengan saksama!
       Demam berdarah pun dapat dikategorikan dampak alam yang murka. Sebagai penyakit berbasis lingkungan, perubahan cuaca turut menjadi pemicunya. Perubahan cuaca ekstrim antara lain karena pemanasan global akibat gas-gas polutan membuat kepadatan nyamuk meningkat. Ketidakpedulian pada lingkungan makin memicu nyamuk  Aedes aegypti dan Aedes albopictus (pembawa virus demam berdarah) berkembang biak di air jernih, sejuk, dan gelap.
                  Kondisi makin berat karena virus demam berdarah –sebagaimana virus pada umumnya-amat mudah bermutasi. Mutasi virus merupakan salah satu upaya bertahan hidup terhadap berbagai kondisi yang mengancam kelangsungannya.
     Tujuan penulisan artikel tersebut adalah …
A.    Memberi informasi  bahwa demam berdarah dapat dikategorikan dampak alam yang murka.
B.     Memberi informasi bahwa perubahan cuaca ekstrim membuat kepadatan nyamuk meningkat.
C.     Memberi informasi bahwa virus demam berdarah amat mudah bermutasi.
D.    Memberi informasi bahwa mutasi virus merupakan upaya untuk bertahan hidup.
54.  INDIKATOR: Menanggapi surat pembaca berdasarkan ilustrasi yang nyaman.
SOAL:
Bacalah ilustrasi  berikut!
Tempat parkir di sekolah sudah tidak dapat menampung jumlah sepeda siswa. Sepeda siswa banyak parker di taman depan sekolah. Keadaan ini mengurangi  keindahan sekolah.
      Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.    Tempat parker sepeda sudah tidak dapat menampung sepeda kami. Tolong dong, Bapak Kepala Sekolah membuat tempat parkir baru. Ini penting sekali demi kenyamanan kami.
B.     Tahun ini jumlah sepeda siswa semakin banyak sampai harus parkir di taman. Kami jadi tidak bisa duduk-duduk di taman lagi. Kami tidak punya tempat istirahat lagi.
C.     Sayang sekali  keindahan sekolah terganggu kerena tempat parkir sepeda sudah tidak dapat menampung semua sepeda siswa. Sepeda kami jadi cepat rusak karena kehujanan dan kepanasan.
D.    Kepala Sekolah yang terhormat, tempat parkir sepeda sudah tidak dapat menampung semua sepeda kami. Mohon Bapak dapat menyediakan tempat parkir yang baru.

55.  INDIKATOR: Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi

SOAL:
      Perhatikan ilustrasi berikut!
Pak Burhan akan menjual motor Mego Pro keluaran tahun 2006. Kondisinya masih bagus, semua masih asli. Kendaraan tersebut akan dijual dengan harga Rp15.000.000,00 bisa ditawar. Bagi yang berminat silakan hubungi Bapak Burhan, telepon 081393212213.

     Iklan baris yang tepat sesuai dengan ilustrasi adalah ...
A.    Djl. Mega Pro. 2006.bgs.ors.Hrg.15 jt/nego. Hub.Bpk Burhan (081393212213).
B.     Djl. Mega Pro. 2006.bgs.ors.Hrg.15 jt. Hub.081393212213.
C.     BU. Mego Pro. 2006. Hrg.15 jt/nego. Hub. Bpk Burhan (081393212213)
D.    Jual. Mega Pro. 2006. Tnp perantara. Hub. Bpk Burhan.

56. INDIKATOR :  Disajikan dua data buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka     yang tepat.
      SOAL:
1.Di Jakarta PT Karya Unipress telah menerbitkan sebuah buku yang berjudul Pengantar Novel Indonesia ,pengarangnya Jacob Sumarjo, diterbitkan pada tahun 2010.
2. Buku yang digunakan siswa kelas IX SMP Mutiara Hati Yogyakarta sebagai acuan . Kencana Yogyakarta tahun 2010.

Penulisan daftar pustaka berdasarkan ilustrasi tersebut yang tepat adalah ….
A.    Sumarjo, Jacob.2010. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta: PT Karya Unipress.
Sumantri, Surya.2010. Budidaya Buah Naga.Yogyakarta: Anta Kencana.
B.     Sumantri, Surya. 2010. Budidaya Buah Naga. Yogyakarta: Anta Kencana.
Sumarjo. Jacob. 2010. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta: PT Karya Unipress.
C.     Jacob, Subarjo. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta: PT Karya Unipress. 2010.
Surya Sumantri. 2010. Budidaya Buah Naga. Yogyakarta: Anta Kencana.
D.    Sumantri, Surya. 2010. Budidaya Buah Naga. Yogyakarta: Anta Kencana.
Sumantri, Surya. 2010.Budidaya Buah Naga.Yogyakarta: Anta Kencana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar