Translate

Jumat, 14 Maret 2014

Soal Bhs Indo UN 2013

LATIHAN SOAL BHS INDONESIA SMP 2013


1.        Indikator   : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf.

Hutan di Indonesia mempunyai banyak fungsi bagi lingkungan hidup di negeri ini. Pertama, hutan berfungsi sebagai sumber daya alam yang berlimpah. Kedua, hutan berfungsi sebagai tempat berlindung berbagai jenis satwa. Ketiga, berfungsi sebagai pelindung bencana alam terutama banjir dan tanah longsor. Keempat, hutan juga berfungsi sebagai kunjungan wisata alam yang bisa menembah devisa negara. Di samping itu masih banyak manfaat hutan yang lain bagi kehidupan manusia.

Gagasan utama paragraf di atas adalah….
a.    manfaat hutan bagi lingkungan hidup di Indonesia
b.    hutan sebagai tempat berlindung berbagai satwa
c.    hutan adalah pelindung dari bencana alam
d.   hutan tujuan wisata penghasil devisa negara

2.        Indikator   : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf.

Kebun binatang mempunyai daya tarik sangat besar bagi siapa saja. Bukan hanya anak-anak yang senang berkunjung ke sana, para remaja, orang tua, bahkan para usia senja pun senang berkunjung ke kebun binatang. Sekarang ini kebun binatang sudah menjadi tujuan wisata menarik bagi semua orang tanpa memandang status.

Simpulan paragraf tersebut adalah…
a.     Kebun binatang digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
b.    Kebun binatang tidak mengenal status bagi pengunjung.
c.     Kebun binatang adalah salah satu tempat tujuan wisata.
d.    Kebun binatang sudah terdapat di mana-mana.

3.        Indikator   : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama dalam pargraf.

(1) Banjir bandang melanda kampung Melayu. (2) Banyak anak sakit terlantar di emperan rumah sakit, mereka menderita sakit diare. (3)Tidak luput juga orang tua jompo yang tergolek di rumah sakit. (4) Hiruk pikuk orang bercampur di pengungsiaan.
Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada kalimat….
a.     pertama
b.    kedua
c.     ketiga
d.    keempat

4.         Indikator   : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita.

Teks berita I
Menjelang tahun baru 2013 Car Free Night diberlakukan di Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman Jakarta. Berbagai pertujukkan digelar di sepanjang jalan itu. Kesenian tradisional, konser musik pop sampai dangdut, dan karnaval digelar secara meriah pada malam itu. Masyarakat  Jakarta sangat terhibur dengan pertunjukkan yang murah meriah itu.

Teks berita II
Masyarakat kota Solo tumpah ruah di saat memperingati pergantian tahun baru. Pesta kembang api digelar sangat meriah pada malam itu. Acara ini berlangsung serempak di sepanjang jalan utama kota yaitu Jalan Slamet Riyadi. Walaupun Solo diguyur hujan sepanjang hari, tetapi acara tetap berlangsung meriah. Arak-arakan sepeda motor membuat suasana semakin ramai malam itu.

Kesamaan informasi dari kedua teks berita di atas….
a.     Jakarta dan Solo diguyur hujan sepanjang hari
b.    pemberlakuan Car Free Night di malam tahun baru
c.     kemeriahan pesta menyambut tahun baru
d.    pertunjukan yang digelar di Solo dan Jakarta

5.        Indikator   : Siswa dapat menentukan perbedaan dua teks berita tersebut.

Perbedaan penyajian kedua kutipan berita di atas…
a.    Teks I diawali dengan apa, Teks II diawali dengan kapan.
b.    Teks I diawali dengan kapan, teks II diawali dengan siapa.
c.    Teks I diawali dengan siapa, teks II diawali dengan apa.
d.   Teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali dengan di mana.

Perhatikan teks biografi berikut, untuk menjawab soal no 6 dan 7 !
          Tengku Amir Hamzah dijuluki Raja Penyair Pujangga Baru. Ia lahir 28 februari 1911, di Tanjung Pura Sumatra Utara. Sajak-sajaknya banyak mempengaruhi perkembangan sastra Indonesia.
          Setamat MULO (SMP), ia sekolah di AMS (SMA) Solo, Jawa Tengah. Di kota ini ia menjadi Ketua Indonesia Muda,cabang Solo.
          Karena cintanya pada keagamaan, ia mendalami ilmu agama. Setiap waktu senggang, ia memanfaatkan untuk menulis sajak / syair. Sajak-sajaknya relegius dan bernafaskan kecintaan pada tanah air, seperti kumpulan sajaknya dalam Nyanyian Sunyi. Kumpulan sajaknya yang lain adalah Buah Rindu.
Setelah proklamasi, ia diangkat sebagai Asisten Residen di Langkat, Sumatra Utara. Ia dibunuh pada tanggal 31 maret 1946 di Kuala Begumit, langkat.

6.        Indikator : Disajikan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan  tokoh tersebut

Keistimewaan  tokoh dalam teks biografi di atas adalah…
a.     diangkat sebagai Asisten Residen di Langkat                                   
b.    sajak-sajaknya mempengaruhi perkembangan sastra Indonesia
c.     menikah sesuai adat dengan putrid Sultan Langkat  
d.    meninggal dunia saat usianya relative

7.        Indikator : Disajikan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat yang dapat diteladani   tokoh tersebut
Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah…
a.     menolak ditunjuk menjadi asisten                                          
b.    cinta pada agama dan tanah air
c.     mencalonkan Asisten Residen                                               
d.    meninggal dunia saat usianya masih dini

8.        Indikator : Disajikan iklan deskriptif niaga, siswa dapat menentukan kalimat fakta pada iklan tersebut

                                             Toko Sepatu Jaya Abadi
Menyediakan berbagai macam model sepatu masa kini. Tersedia ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa. Produk di toko Jaya Abadi pas dengan selera warga Indonesia. Harga yang kami tawarkan tidak bikin kantong bolong. Segera datang ke toko Jaya Abadi di jalan Merdeka nomor 321, Sragen. Semakin trendi dengan model sepatu masa kini.
Kalimat fakta pada iklan di atas adalah…
a.     Produk di toko Jaya Abadi pas dengan selera warga Indonesia.
b.    Tersedia ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa.
c.     Harga yang kami tawarkan tidak bikin kantong bolong.
d.    Semakin trendi dengan model sepatu masa kini.

9.        Indikator : Disajikan iklan niaga, siswa dapat menentukan maksud kalimat pada iklan tersebut

Maksud kalimat yang bercetak miring pada iklan di atas adalah…
a.     Harga yang ditawarkan sangat mahal.
b.    Harga yang ditawarkan tidak sesuai harapan.
c.     Harga yang ditawarkan tidak mahal.
d.    Harga bisa dinegosiasi.

10.    Perhatikan grafik berikut!
GRAFIK HASIL PANEN PAK JONO (ton)
Dari tahun 2009-2012
Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada grafik di atas adalah ….
a.       Berapa selisih hasil panen padi Pak Jono tahun 2009-2010?
b.      Berapa ton hasil panen kedelai Pak Jono pada tahun lalu?
c.       Pada tahun berapa hasil panen kedelai pak Jono mencapai 6 ton?
d.      Pada tahun berapa hasil panen padi pak Jono mencapai 450 kwintal?

11.    Indikator : Disajikan sebuah tabel siswa dapat menentukan simpulan isi tabel
Perhatikan tabel berikut !
          Data Anak Putus Sekolah Kecamatan Tanon

Kelurahan
SD
SMP
SMA
Tanon
25
19
20
Bangle
18
32
15
Suwatu
14
12
8
Jono
10
7
7

Simpulan isi tabel di atas adalah ....
a.    Setiap kelurahan terdapat anak putus sekolah baik SD, SMP, maupun SMA.
b.    Di kelurahan Jono terdapat anak putus sekolah yang paling sedikit.
c.    Anak SMP  putus sekolah di kelurahan Tanon disebabkan  orang tua tidak mampu.
d.   Jumlah anak yang putus sekolah di kelurahan Bangle dan Suwatu sama.

12.    Indikator : Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai bagan
Cermati bagan berikut!
BAGAN PENGURUS KELAS IX A SMP URIP MAJU
Ketua Kelas
Wakil Ketua Kelas
Sekretaris
Koordinator Seksi
Bendahara
Seksi Kerohanian
Seksi Kesenian
Seksi
Seksi Sosial
 










Pernyatan yang sesuai dengan bagan diatas adalah ...
  1. Koordinasi seksi membawahi empat seksi.
  2. Koordinator tidak membawahi seksi-seksi
  3. Sekretaris dan wakil ketua kelas mempunyai kedudukan yang sama.
  4. Bendahara mempunyai kedudukan yang sama dengan seksi sosial.

13.    Indikator : Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan denah

Cermati denah berikut untuk mengerjakan soal nomor 13 dan 14!
Pernyataan yang sesuai dengan isi denah di atas adalah ….
a.    Toko sepatu terletak di timur jalan Kamboja
b.    Letak masjid berhadapan dengan pompa bensin
c.    Letak pompa bensin di jalan Kenangan
d.   Masjid terletak di jalan Mawar

14.    Indikator : Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan tempat kegiatan sesuai dengan denah
Perjalanan paling pendek yang harus ditempuh Ryan dari rumah ke toko sepatu adalah ….
a.     Jalan Melati, Jalan Mawar, Jalan Rosela, Jalan Kamboja
b.    Jalan Mawar, Pompa Bensin, Jalan Kenanga, Jalan Rosela, jalan kamboja, Toko Sepatu.
c.     Jalan Mawar, Jalan Rosela, Jalan Kenanga, Pompa Bensin, Jalan Mawar, Toko Sepatu.
d.   Rumah Ryan, Jalan Melati, Jalan Mawar, Pompa Bensin, Jalan Mawar, Jalan Rosela, Toko Sepatu.

15.    Indikator : Disajikan sebait puisi, siswa dapat menentukan larik bermajas Personifikasi

Cermati penggalan puisi berikut!
Angin membelai pucuk-pucuk daun pinus
Digoyang bagaikan tarian bidadari
Ciptakan sejuta pesona keindahan
Di bawah naungan sang Dewi Malam

Majas personifikasi pada puisi di atas terdapat pada larik ke ….
a.    Pertama
b.    Kedua
c.    Ketiga
d.   Keempat

16.    Indikator : Disajikan puisi siswa dapat menentukan tema.

Dari atas tebing curam kupandang lautan
Memandang gelombang-geelombang
Suara yang selalu gemuruh
Seperti dikirim oleh semesta jauh
Angin berhembus dari selatan
Merekatkan aku dengan alam

Tema dari puisi di atas adalah ...
a.     keindahan pegunungan                                  
b.    keindahan alam                                  
c.     keindahan angin berhembus
d.    keindahan tebing curam

17.    Indikator : Disajikan dua puisi siswa dapat membedakan pesan.
Puisi 1
Puisi 2
Untaian kata suci nan mulia
Kian terucap tanpa lelah        
Walau badan tiada halangan  
Doa keselamatan tetap lantunkan
Bila dengki merasuk sukma
Sekerat demi sekerat hati kan termakan
Adalah pisau tajam berkilat-kilat
Menghujam dada sendiri


     Perbedaan pesan dari kedua puisi di atas adalah ...
Puisi 1
Puisi 2
a.       hendaklah selalu berdoa kepada Allah
Janganlah mempunyai sifat dengki
b.      keselamatan adalah tujuan hidup
Jangan mengasah pisau sampai mengkilat
c.       hendaklah selalu berdoa kepada Allah
Jangan mengasah pisau sampai mengkilat
d.      keselamatan adalah tujuan hidup
Janganlah mempunyai sifat dengki

18.    Indikator : Disajikan cuplikan cerita siswa dapat menentukan bukti latar waktu.
Kicauan burung terdengar nyaring, membuat hatiku semakin tenteram. Mentari mulai mengintip di ufuk timur. Tandanya aku harus segera membuka jendela. Setumpuk piring kotor telah menanti di tempat cucian. Bergegas aku mencuci piring satu per satu hingga tak tersisakan satu pun. “Tina, ini sapunya, segera bersihkan kamarmu !” aku mulai membagi tugas dengan adikku.

Bukti latar waktu dari cuplikan cerita di atas adalah ...
a.     kicauan burung terdengar nyaring.                 c. setumpuk piring kotor telah menanti.
b.    mentari mulai mengintip di ufuk timur.          d.  aku mulai membagi tugas.

19.    Indikator :Disajikan cuplikan cerpen siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh.
“Betulkah almarhum ayah menginginkan aku menjadi guru?” (1) “Ya,”( suara ibu lirih). (2) “Kalau begitu, tentunya Ibu kecewa karena aku menjadi seorang pedagang.” (3) “Tidak, jalan yang kau tempuh masih panjang, bila Tuhan menghendaki semua bisa terjadi.” (4)

Bukti bahwa watak ibu seorang yang bijaksana terdapat pada kalimat nomor ....
a.     1                                                                      b.  3
b.    2                                                                      c.  4

20.    Indikator : Disajikan cuplikan cerpen siswa dapat menentukan cara penggambaran watak tokoh.
Ayah dan ibunya menjadi jengkel kalau memikirkan ulah Doni, anak sulungnya. Baru saja tadi pagi berkelahi dengan Udin, sepupunya. Belum selang setengah jam, berkelahi lagi dengan Mira, kakak si bungsu. Doni telah mencubit paha adiknya sampai membiru. 

Berdasarkan kutipan cerpen di atas, watak tokoh Doni digambarkan lewat ...
a.     Tingkah laku                                                   c.  dialog antar tokoh
b.    Dialog tokoh                                                   d.  secara langsung

21.    Indikator : Disajikan sebuah kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat cerita dalam kutipan cerita tersebut

Malam tiba, kau dan sarah ingin mengambil kue yang mereka taruh diatas meja. AKan tetapi mereka terkejut karena kue yang mereka simpan tidak lagi ada. Mereka mencurigai dan menuduh john yang mengambilnya, karena mereka tahu john suka sekali kue. Namun John tidak mengakuinya terjadi pertengkaran singkat antar mereka, lalu ibu dating dan mendamaikan mereka. Ibu berjanji akan mengganti kue yang hilang itu esok hari.
Amanat cerita tersebut adalah…
a.       Sesama saudara harus rukun.
b.      Menuduh tanpa bukti dapat menyebabkan pertengkaran
c.       Hindari pertenkaran antar saudara
d.      Kesalahpahaman akan berakibat pertengkaran.

22.    Indikator : Disajikan sebuah kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik cerita dalam kutipan cerita tersebut

Bacalah cerita berikut!
….
“Sardi, kau sudah dua hari tidak makan apapun. Cobalah makan sedikit!” pinta sari kepada Sardi.
Sardi hanya diam tidak menjawab. Sementara itu udin yang sedang berjalan memasuki barak dan melihat sari membujuk sardi, ikut mendekati sardi dan duduk di samping kanan di belakang Sardi.
“Sardi, janganlah kau menyiksa dirimu sendiri,” kata udin.
Tangan udin memegang pundak sardi. Udin ingin menunjukkan rasa empatinya kepada sahabatnya tersebut. Namun, sardi masih tetap diam. Tangannya menampik tangan udin di pundaknya. Udin tampak geram atas aksi sardi. Sari yang khawatir dengan raut wajah yang ditunjukkan udin, lalu mendekati udin dan menenangkan udin.

Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah…
a.     Sardi tidak mau berteman lagi dengan udin dan sari
b.    Sari tidak berhasil membujuk sardi agar ia mau makan.
c.     Sardi tidak ingin diganggu oleh udin dan sari.
d.    Udin geram karena sardi menampik tangannya yang diletakkan di pundak sardi.

23.    Indikator : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik yang terkandung dalam kutipan dua novel tersebut

Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Kutipan novel 1
Rumah kediaman pangerang mangkubumi nerangkusuma ada terletak didalam benteng keraton. Radin gusik anak saudaranya yang dari kecil telah diangkat anak, duduk didalam serambi yang tersedia untuknya dan dikelilingi oleh dayang-dayang.
Setelah dapat memakai secara semestinya dapat hidup didalam keraton, maka parasnya bertambah cantik. Tambahan pula kemungkinan ankan menjadi istri suropati yang telah dicintainya sehabis-habis percintaan, membawa wajahnya menjadi berseri-seri.
Kutipan novel 2
Kelas 6 memulai dengan berbagai perubahan. Pertama-tama adalah pergantian sekolah. Gedung pedrikan tengah menjadi penuh sesak. Bangsal berlantai dan halamn tempat bermain sudah dibangun menjadi kelas-kelas yang disekat dan didindingi anyaman bambu berkapur. Murid-murid yang dating dari pengungsian terus mengalir meskipun Negara telah merdeka sejak beberapa tahun lamanya. Semakin banyak orang berdatangan kekota.
Perbedaan karekteristik kedua kutipan novel tersebut adalah…


Kutipan 1
Kutipan 2
a
Diskripsi tokohnya jelas.
Tokohnya tidak didiskripsaikan dengan jelas
b
Alurnya runtut
Alurnya tidak runtut
c
Latar tempat tidak didiskripsikan secara jelas
Latar tempat didiskripsikan secara jelas
d
Watak tokoh disajikan dengan kecakapan
Watak tokoh dicertakan oleh pengarangnya

Bacalah kutipan drama berikut untuk mengerjakan soal nomor 24 dan 25!
Ibu           : (tidak menoleh benar) malam lebaran narto dengarlah tabuh itu bersaut-sautan. Pada malam lebaran seperti ini dia pergi dengan tidak meninggalkan kata.
Kunarto    : (agak kesal) ayah…?
Ibu            : keesokan harinya, hari lebaran, sesudah sembayang aku memaafkan aku dosanya.
Kunarto    : kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau, mengingat kepada orang yang tek pernah lagi mengingat kita
Ibu            : (memandang kunarto) aku merasa kita ingat kita kunarto

24.    Indikator : Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana  yang tergambar dalam kutipan tersebut

Suasana yang tergambar dalam petikan dram tersebut adalah….
a.     tegang                                                             c. kecewa
b.    resah                                                    d. marah

25.    Indikator : Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana  yang tergambar dalam kutipan tersebut

Latar kutipan drama tersebut adalah….
a.     sore hari                                               c. pagi hari
b.    malam hari                                           d. siang hari

26.    Indikator : Disajikan pengalaman pada buku harian yang belum lengkap.  Siswa dapat  menentukan catatan pengalaman pada buku harian yang belum lengkap
2 Januari 2013
… . Mau main ke mal cuma ngabisi uang. Mau main ke rumah Tya, eh, Tya-nya tidak ada di rumah. Tapi, untungnya aku dapat SMS dari Sari kalau dia mau main ke rumah. Akhirnya, aku ada temen juga, nih.

Catatan yang tepat untuk melengkapi buku harian di atas adalah…
a.       Kemarin aku bosan sekali.
b.      Hari ini aku bosan sekali.
c.       Hari ini kami bosan sekali.
d.      Tadi aku bosan sekali.

27.    Indikator : Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan isi pesan sesuai ilustrasi.
Ketua Karang Taruna sedianya akan memimpin rapat kerja program tahunan, tetapi tiba-tiba ia ditugasi oleh Ketua RT untuk menghadiri  rapat di Kelurahan. Ketua Karang Taruna menulis pesan singkat kepada Wakil Ketua untuk memimpin rapat kerja, hasil rapat kerja program tahunan dilaporkan kepada Ketua Karang Taruna.
Isi pesan singkat yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah…
a.       Rapat kerja tetap kalian laksanakan, meskipun saya tidak ada. Laksanakan dengan baik, hasilnya laporkan kepada saya.
b.      Saya ke Kelurahan untuk rapat, tolong rapat kerja kamu pimpin. Laporannya serahkan kepada saya besuk.
c.       Saya ke Kelurahan, rapat kalian akan dipimpin oleh Wakil Ketua, laporan pertanggungjawabannya saya tunggu.
d.      Apapun hasil rapat kalian saya akan terima setelah kembali dari rapat di Kelurahan, jadi jangan main-main.

28.    Indikator : Siswa mampu melengkapi laporan yang rumpang.

(1)  Objek wisata Baturaden merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(2) . ……………………………………..
(3) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 5 bus.
(4) Kami dipandu oleh bapak ibu guru sebanyak 20 orang.
(5) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(6) Perjalanan wisata ke Baturaden itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan perjalanan tersebut adalah…
a.       Kami berencana wisata ke Baturaden di akhir tahun 2012.
b.      Perjalanan kami sangat menyenangkan dan mengesankan.
c.       Kami berangkat menuju wisata Baturaden hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012 pukul o1.00.
d.      Kegiatan wisata diselenggarakan dalam rangka memperingati  hari jadi sekolah kami.

29.    Indikator : Siswa dapat menentukan kalimat yang tidak efektif dalam pengumuman.

Barang siapa yang terlambat, agar supaya menghadap kepada guru piket.                    
Kalimat yang efektif untuk memperbaiki pengumuman tersebut adalah…
a.     Yang merasa terlambat harap melapor ke guru piket.
b.    Sebaiknya, yang terlambat segera lapor ke guru piket.
c.     Agar supaya yang terlambat melapor kepada guru piket.
d.    Siswa yang terlambat agar melapor kepada guru piket.

30.    Indikator : Disajikan data buku,siswa dapat menentukan paragraf resensi berdasarkan data.

Perhatikan data buku berikut!
Judul Buku           : Cara Asyik Belajar Ejaan.
Penyusun              : Farika
Volume                : 92 halaman 8 bab
Keunggulan           : Isi buku sangat bagus. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami. Membahas tentang huruf-huruf yang digunakan dalam Bahasa Indonesia sampai kata baku dan nonbaku.  Pembahasan juga sangat mudah dipahami karena ditunjang dengan gambar.
Kelemahan             : Gambar ditampilkan dalam ukuran kecil dan tidak berwarna.

Paragraf resensi yang tepat adalah…
a.       Cara Asyik Belajar Ejaan, judul buku ini yang disusun oleh Farika dengan volume 92 halaman  dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Dimulai dari penjelasan huruf-huruf yang digunakan dalam Bahasa Indonesia sampai kata baku dan nonbaku.

b.      Cara Asyik Belajar Ejaan, judul ini sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya dimulai dari  penjelasan huruf-huruf yang digunakan dalam Bahasa Indonesia sampai kata baku dan nonbaku. Buku yang disusun Farika, dengan volume 92 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang bagus walau gambar ditampilkan dalam ukuran kecil dan tidak berwarna.

c.       Cara Asyik Belajar Ejaan, judul buku ini disusun oleh Farika dengan volume 92 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya.

d.      Cara Asyik Belajar Ejaan, judul buku ini disusun oleh Farika dengan volume 92 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Akan tetapi gambar ditampilkan dalam ukuran kecil dan tidak berwarna.

31.    Indikator Disajikan teks surat pribadi, siswa dapat menentukan pembuka surat pribadi
Cermatilah surat pribadi berikut!
Temanku Wina
di Bandung

Halo Wina,
[ ... ]
Saat ini di desa kita membutuhkan bantuan untuk membantu korban banjir. Kapan kita bisa mengumpulkan teman – teman untuk menggalang dana bencana banjir di Sragen? Kutunggu ya jawabanmu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pembuka surat pribadi di atas adalah ...
a.       Mudah – mudahan dapat bertemu lagi ya, Wina.
  1. Bagaimana kabar keluargamu di kota kembang ?
  2. Demikian atas bantuanmu saya ucapkan terimakasih.
  3. Semoga kamu baik – baik saja di Bandung.

32.    Indikator : Disajikan teks surat dinas yang dirumpangkan, siswa dapat menentukan penutup surat dinas.

Bacalah surat resmi berikut dengan cermat!
OSIS SMP BINA KARYA SURABAYA
Jalan Pahlawan 137 Surabaya
 

Nomor       : 34/I/SMP/BKS/I/2013                                                          05 Januari 2013
Hal            : Undangan

(…)

Dengan hormat,
Kami mengharapkan kehadiran Saudara dalam acara rapat kerja OSIS yang akan dilaksanakan pada :
         hari            :     Sabtu, 5 Januari 2013
         waktu        :     pukul 08.00
         tempat       :     Aula SMP Bintang Kecana
         keperluan   :     Rapat pengurus OSIS

Kalimat yang tepat untuk melengkapi alamat surat resmi tersebut adalah ....
  1. Kepada
Yth. Pengurus OSIS
SMP Bina Karya Surabaya
di Surabaya

  1. Yth: Pengurus OSIS
SMP Bina Karya Surabaya
di Surabaya.

  1. Yth. Pengurus OSIS
SMP Bina Karya Surabaya
di Surabaya


  1. Kepada
Sdr. Pengurus OSIS
SMP Bina Karya Surabaya
di Surabaya







33.    Indikator : Disajikan teks surat resmi dengan penulisan tanggal yang salah, siswa dapat mementukan penulisan tanggal yang benar.
Bacalah surat resmi berikut dengan cermat!
ORGANISANI INTRA SEKOLAH
SMP BINTANG KENCANA
Jalan Merdeka nomor 12 Solo


Nomor    : 18/OSIS/SMP BK/X/2012                                            Sragen 5 Januari 2013
Hal         : Undangan

Yth. Pengurus OSIS SMP Harapan
Jalan Melati Nomor 70
Sragen
Perbaikan penulisan tanggal yang tepat surat tersebut adalah ....
  1. Sragen, 5-01-2013
  2. Sragen, 5 Januari 2013
  3. 5 Januari 2013
  4. Sragen. 5 Januari 2013

34.    Indikator : Disajikan dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman yang relevan dengan isi teks.
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Buah tomat merupakan buah yang sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin D. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, dan serangan empedu.
Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau diracik menjadi masakan akan mampu membangkitkan selera para penikmatinya.
Rangkuman yang tepat bacaan tersebut adalah...
  1. Tomat merupakan buah yang lezat untuk disantap.
  2. Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaat bagi manusia.
  3. Buah tomat mencegah penyakit kanker.
  4. Buah tomat mampu membangkitkan selera para penikmatnya.

35.    Indikator : Disajikan ilustrasi berita, siswa dapat menentukan penulisan berita yang sesuai dengan ilustrasi
Cermatilah ilustrasi berikut!
1.    Di Klaten pada tanggal 22 Juli 2012 diadakan Dugderan untuk mengawali ramadhan.
2.    Acara dimulai pukul 07.00 dengan acara pawai budaya siswa TK sampai SMP.
3.    Pawai kendaraan hias dilaksananakan pukul 12.00.
4.    Acara tersebut dipimpin oleh Bupati Klaten dan kegiatan berakhir di Masjid Besar.
5.    Tempat kegiatan dipusatkan di Alun-alun Utara
Penulisan berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
a.       Klaten, 22 Juli 2012 Dugderan dilaksanakan mulai pukul 07.00. Acara itu mengawali bulan Ramadhan tahun ini ditutup oleh Bupati Klaten di Alun-alun Utara Klaten. Kegiatan diisi pawai budaya.

b.      Acara budaya Dugderan di Klaten dilaksanakan 22 Juli 2012. Kegiatan mengawali ramadhan dipimpin Bupati. Dugderan diisi pawai budaya. Acara di mulai pukul 12.00. tempat kegiatan tersebut di pusatkan di Alun-alun Utara Klaten.

c.       Tanggal 22 Juli 2012 warga Klaten menyemarakkan acara Dugderan pukul 07.00. Acara pawai budaya anak TK sampai SMP dipusatkan di Masjid Besar. Pukul 12.00 pawai kendaraan hias dari Masjid Kauman dan berakhir di Alun-alun Klaten. Acara tersebut dipimpin oleh Bupati Klaten. Kegiatan itu mengawali bulan Ramadhan.

d.      Klaten 22 Juli 2012 Dugderan mengawali ramadhan dilaksanakan mulai pukul 07.00, dengan acara pawai budaya siswa TK, SD, dan SMP yang dipusatkan di Alun – Alun. Kegiatan pawai kendaraan hias dilaksanakan pukul 12.00 dipimpin oleh Bupati Klaten. Kegiatan berakhir di Masjid Besar Klaten.

36.    Indikator : Disediakan ilustrasi, siswa memilih slogan yang sesuai

SMP Harapan akan mengadakan acara pentas seni dalam rangka syukuran melepas siswa kelas IX yang telah berhasil lulus ujian tahun 2013. Slogan
a.    Selamat Melanjutkan Pendidikan
b.    Seni untuk Silaturrahmi
c.    Tunjukkan kemampuan senimu!
d.   Selamat untuk Kelulusan Anda.

37.    Indikator : Disajikan petunjuk menggunakan komputer dengan program microsoft word secara acak, siswa dapat menyusun kalimat-kalimat petunjuk secara urut.

Cara kerja menggunakan komputer
1)   tekan tombol power sampai muncul program window
2)   klik program microsoft word
3)   gerakkan krusor tepat di tombol  START
4)   arahkan krusor ke pilihan program
5)   simpan data pada tool save/ save as
6)   gunakan microsoft word sesuai fungsinya
7)   sambungkan peragkat komputer dengan arus listrik pada stabilisator.

Urutan yang tepat cara kerja microsoft word adalah....
a.       7 – 1 – 4 – 3 – 2 – 5 – 6
b.      7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 2 – 1
c.       7 – 1 – 3 – 4 – 2 – 6 – 5
d.      7 – 6 – 3 – 5 – 4 – 1 – 2

38.    Indikator : Disediakan susunan petunjuk cara membuat tape singkong yang dirumpangkan, siswa memilih 2 bagian isian yang sesuai
Cara membuat tape  singkong.
1) Pilih singkong  yang segar.
2) Kupas singkon dan keruk permukaannnya agar kesat dan tidak pahit.
3)  ............................................................
4) Kukus singkong sampai setengah matang.
5) .....................................................................
6) Setelah singkong dingin, taburi ragi dan bungkus dengan daun pisang
7) Simpan singkong yang sudah dibungkus di tempat yang hangat dan kedap udara selam 2   sampai 4 hari.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah
a.     (3) Angkat singkong kukus dan dinginkan.
(5) Setelah itu Sigkong dicuci sampai bersih.
b.    (3) Angkat singkang kukus dan dinginkan.
(5) Simpan singkong di tempat tertutup.
c.     (3) Setelah dikeruk permukaanya singkong dicuci bersih.
(5) Lalu simpan singkong ditempat tertutup.
d.    (3)  Singkong dicuci bersih.
(5) Angkat singkong kukus dan dinginkan.
39.    Indikator : Disajikan cuplikan sebuah pidato, siswa dapat menyebutkan bagian pidato secara tepat.
Se moga dengan kedatangan tahun baru 2013 ini kita dapat menemukan solusi untuk memecahkan persoalan bangsa. Untuk itu marilah kita tingkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahaesa.
Penggalan naskah pidato di atas termasuk...
a.    pendahuluan
b.    isi
c.    pembukaan
d.   penutup

40.    Indikator : Disajikan kalimat sapaan yang salah dalam pidato, siswa dapat memperbaiki secara tepat.
Para Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian yang saya hormati.
Hujan deras yang terjadi setiap hari menyebabkan banjir di kampung kita. Hal ini merupakan pelajaran, bahwa betapa pentingnya kita melestarikan alam. Kita jaga lingkungan dengan
membuang sampah pada tempatnya.
Perbaikan struktur kata sapaan dalam pidato di atas  yang paling tepat adalah...
a.    Para Bapak dan Ibu yang saya hormati.
b.    Para hadirin yang saya hormati.
c.    Bapak-bapak dan  Ibu-ibu sekalian yang saya hormati.
d.   Para Bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati.

41.    Indikator   : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah yang sesuai dengan temanya.

Tema  : Upaya penanggulangan bencana banjir dalam lingkungan kita.
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema di atas adalah…
a.    Kapan banjir dapat segera di tanggulangi dalam lingkungan kita?
b.    Bagaimana upaya menanggulangi banjir dalam lingkungan kita?
c.    Siapa yang harus menanggulangi bencana banjir di lingkungan kita?
d.    Mengapa banjir harus ditanggulangi dalam lingkungan kita?

42.    Indikator : Disajikan kesimpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran yang tepat.

Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Tidur siang tidak hanya menghilangkan rasa lelah pada anak. Akan tetapi, tidur siang juga dapat menghambat pertumbuhan anak. Laju pertumbuhan tubuh anak yang dibiasakan tidutr siang lebih optimal dibanding anak yang tidak tidur siang. Namun, saat ini jarang orang tua yang mengharuskan anaknya untuk tidur siang seperti anak-anak zaman dahulu.

Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah…
a.    Setiap anak boleh tidur siang di rumahnya
b.    Orang tua harus membiasakan anak untuk tidur siang
c.    Mulai saat ini orang tua harus ikut tidur siang bersama anaknya
d.   Semua anak usia sekolah harus tidur siang agar tidak capek

43.    Indikator : Disajikan kalimat dengan pilihan kata yang kurang tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

Andi menatap pemandangan laut yang luas itu dengan perasaan kagum.
Kata yang tepat untuk menggantikan kata bercetak miring pada kalimat di atas….
a.       Memandang                                                   c. mengamati
b.      melihat                                                           d. memperhatikan

44.    Indikator : Disajikan kalimat  siswa dapat memperbaiki huruf kapital.

hatiku berdebar-debar ketika melihat ada polantas mengadakan razia kendaraan. masalahnya aku belum mempunysi sim. stnk juga lupa aku  bawa.

Penggunaan huruf kapital yang benar adalah ....
a.     Hatiku, Razia Kendaraan, SIM, STNK
b.    Hatiku, Polantas, Masalahnya, SIM, STNK
c.     Hatiku, Polantas, Razia, SIM, STNK
d.    Hatiku, Polantas, Razia, Masalahnya, SIM, STNK

45.    Indikator : Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif yang terdapat dalam kalimat tersebut.

Cermati kalimat berikut!
Segenap kerabat-kerabat serta semua handai taulan mengantar kepergiannya dengan air mata pilu.
Perbaikan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah.
a.     Segenap kerabat serta semua handai taulan mengantar dengan air mata pilu.
b.    Segenap kerabat serta handai taulan mengantar kepergiannya dengan air mata pilu.
c.     Kerabat serta handai taulan mengantar kepergianannya dengan air mata pilu
d.    Handai taulan mengantar kepergiannya dengan air mata pilu.

46.    Indikator : Disajikan ilustrasi, siswa menentukan pantun yang sesuai dengan ilustrasi.

Seorang ibu menasihati anaknya yang ketahuan berbohong. Sambil menahan marah, ibu itu berbicara denga suara keras, “Tidak kusangka, selama ini ibumu selalu kamu bohongi dengan sikapmu yang tampak manis. Namun, di belakang ibu, ternyata kamu adalah pembohong besar.”
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a.     Sebatang kayu daunnya rimbun
Lebat buahnya serta buahnya
Walaupun hidup seribu tahun
Kalau tak beragama apa gunanya.
b.    Kalau tuan makan jagung
Jagung dimakan burung merpati
Kalau tuan merasa bingung
Coba Tanya kepada hati
c.     Hendak sekolah makan ketupat
Makan di bawah pohon randu
Belajarnya engkau dengan giat
Supaya dapat juara satu
d.    Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta

47.    Indikator : Disajikan ilustrasi tentang indahnya pegunungan di sore hari, siswa dapat menentukan puisi yang tepat

Puncak gunung Lawu pada sore hari nampak indah di bawah sinar matahari yang hampir tenggelam.  Warna pohon-pohon hijau kekuning-kuningan bagaikan emas.
Puisi yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas yang tepat adalah …
a.       Sinar rembulan lembut menyapa puncak Lawu
Bintang-bintang bertabur di langit
Warna pohon nampak kusam keruh
b.      Mentari muncul di ufuk timur
Menyembul di antara pucuk-pucuk pinus puncak Lawu
Angin semilir menusuk pori-pori
c.       Sang surya tegak di atas puncakmu
Hijau daun Lawu berkerut menahan panas
Keringat bercucuran di ranting-ranting pohon
d.      Sang surya hampir kembali keperaduan-Nya
Meninggalkan roma emas kekuningan dedaunan
Ciptakan jamrud di puncak Lawu menjulang

48.    Indikator : Disajikan sebuah puisi yang satu lariknya dirumpangkan; siswa melengkapi dengan kalimat bermajas

LAUT
Berdiri aku di tepi pantai
Memandang lepas di tengah laut
...
Keribaan pasir rindu berpaut
Majas personifikasi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah...
a.     Ombak pulang memecah berderai
b.    Seribu gelombang muncul
c.     Bagai alunan serunai
d.    Menatap pesona alam

49.    Indikator : Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat melengkapi petunjuk lakuan yang rumpang pada kutipan naskah drama.

bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
(1)  Rana              : Ibu saya sakit apa, Pak ?
(2)  Dokter           : Tidak apa-apa, hanya batuk ringan saja. Sebaiknya ibumu banyak beristirahat, mungkin karena kecapaian. Ini saya beri resep obat kamu bisa menebusnya di apotik
(3)  Rana              : Terima kasih, Pak. Ini harus ditebus semua, ya (…)
(4)  Dokter           : Ya. Semoga ibumu lekas sembuh, nak.
Petunjuk lakuan pada dialog nomor 3 yang tepat adalah…
a.     (duduk dikursi ruang periksa)
b.    (bergegas meninggalkan ruang periksa)
c.     (membaca resep obat yang diberikan oleh dokter)
d.    (dokter menulis resep obat)

50.    Indikator : Disajikan dua daftar buku secara acak; siswa dapat menyusun daftar pustaka secara tepat.

Anda di sekolah mendapatkan tugas agar mencari referensi dari buku “Kesusastraan Lama Indonesia” karya Zuber Usman  yang diterbitkan Gunung Agung di Jakarta tahun 1963 dan buku “Perkembangan Peserta Didik”karya Sugeng Hariyadi, diterbitkan oleh IKIP Semarang Press di Semarang tahun 1995.
Apabila diminta untuk menyusun ke dalam daftar pustakam, maka penulisan daftar pustaka yang benar adalah ...
a.     Hariyadi, Sugeng. 1995.Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
     Usman, Zuber. 1963. Kesusastraan Lama Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
            b.  Usman, Zuber. 1963. Kesusastraan Lama Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
     Hariyadi, Sugeng. 1995.Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
c.     Sugeng,Hariyadi. 1995.Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
                 Usman, Zuber. 1963. Kesusastraan Lama Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
            d.  Hariyadi, Sugeng. 1995.Perkembangan Peserta Didik: Semarang. IKIP Semarang Press.

     Usman, Zuber. 1963. Kesusastraan Lama Indonesia: Jakarta. Gunung Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar