LATIHAN SOAL BHS INDONESIA SMP 2013
1.
Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat
menentukan gagasan utama paragraf.
Hutan di Indonesia mempunyai banyak
fungsi bagi lingkungan hidup di negeri ini. Pertama, hutan berfungsi sebagai
sumber daya alam yang berlimpah. Kedua, hutan berfungsi sebagai tempat
berlindung berbagai jenis satwa. Ketiga, berfungsi sebagai pelindung bencana
alam terutama banjir dan tanah longsor. Keempat, hutan juga berfungsi sebagai
kunjungan wisata alam yang bisa menembah devisa negara. Di samping itu masih
banyak manfaat hutan yang lain bagi kehidupan manusia.
Gagasan utama paragraf di atas
adalah….
a. manfaat
hutan bagi lingkungan hidup di Indonesia
b. hutan
sebagai tempat berlindung berbagai satwa
c. hutan
adalah pelindung dari bencana alam
d. hutan
tujuan wisata penghasil devisa negara
2.
Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat
menentukan simpulan isi paragraf.
Kebun binatang mempunyai daya tarik
sangat besar bagi siapa saja. Bukan hanya anak-anak yang senang berkunjung ke
sana, para remaja, orang tua, bahkan para usia senja pun senang berkunjung ke
kebun binatang. Sekarang ini kebun binatang sudah menjadi tujuan wisata menarik
bagi semua orang tanpa memandang status.
Simpulan paragraf tersebut adalah…
a. Kebun
binatang digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
b. Kebun
binatang tidak mengenal status bagi pengunjung.
c. Kebun
binatang adalah salah satu tempat tujuan wisata.
d. Kebun
binatang sudah terdapat di mana-mana.
3.
Indikator : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat
menentukan kalimat utama dalam pargraf.
(1) Banjir
bandang melanda kampung Melayu. (2) Banyak anak sakit terlantar di emperan
rumah sakit, mereka menderita sakit diare. (3)Tidak luput juga orang tua jompo
yang tergolek di rumah sakit. (4) Hiruk pikuk orang bercampur di pengungsiaan.
Kalimat utama paragraf di atas
terdapat pada kalimat….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
4.
Indikator
: Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi
berita.
Teks
berita I
Menjelang tahun baru 2013 Car Free
Night diberlakukan di Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman Jakarta. Berbagai
pertujukkan digelar di sepanjang jalan itu. Kesenian tradisional, konser musik
pop sampai dangdut, dan karnaval digelar secara meriah pada malam itu.
Masyarakat Jakarta sangat terhibur
dengan pertunjukkan yang murah meriah itu.
Teks
berita II
Masyarakat kota Solo tumpah ruah di
saat memperingati pergantian tahun baru. Pesta kembang api digelar sangat
meriah pada malam itu. Acara ini berlangsung serempak di sepanjang jalan utama
kota yaitu Jalan Slamet Riyadi. Walaupun Solo diguyur hujan sepanjang hari,
tetapi acara tetap berlangsung meriah. Arak-arakan sepeda motor membuat suasana
semakin ramai malam itu.
Kesamaan informasi dari kedua teks
berita di atas….
a. Jakarta
dan Solo diguyur hujan sepanjang hari
b. pemberlakuan
Car Free Night di malam tahun baru
c. kemeriahan
pesta menyambut tahun baru
d. pertunjukan
yang digelar di Solo dan Jakarta
5.
Indikator : Siswa dapat menentukan perbedaan dua teks
berita tersebut.
Perbedaan penyajian kedua kutipan
berita di atas…
a. Teks
I diawali dengan apa, Teks II diawali
dengan kapan.
b. Teks
I diawali dengan kapan, teks II
diawali dengan siapa.
c. Teks
I diawali dengan siapa, teks II
diawali dengan apa.
d. Teks
I diawali dengan mengapa, teks II
diawali dengan di mana.
Perhatikan
teks biografi berikut, untuk menjawab soal no 6 dan 7 !
Tengku Amir Hamzah dijuluki Raja
Penyair Pujangga Baru. Ia lahir 28 februari 1911, di Tanjung Pura Sumatra
Utara. Sajak-sajaknya banyak mempengaruhi perkembangan sastra Indonesia.
Setamat MULO (SMP), ia sekolah di AMS
(SMA) Solo, Jawa Tengah. Di kota ini ia menjadi Ketua Indonesia Muda,cabang
Solo.
Karena cintanya pada keagamaan, ia
mendalami ilmu agama. Setiap waktu senggang, ia memanfaatkan untuk menulis
sajak / syair. Sajak-sajaknya relegius dan bernafaskan kecintaan pada tanah
air, seperti kumpulan sajaknya dalam Nyanyian Sunyi. Kumpulan sajaknya yang
lain adalah Buah Rindu.
Setelah
proklamasi, ia diangkat sebagai Asisten Residen di Langkat, Sumatra Utara. Ia
dibunuh pada tanggal 31 maret 1946 di Kuala Begumit, langkat.
6.
Indikator : Disajikan
biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut
Keistimewaan tokoh dalam teks biografi di atas adalah…
a. diangkat
sebagai Asisten Residen di Langkat
b. sajak-sajaknya
mempengaruhi perkembangan sastra Indonesia
c. menikah
sesuai adat dengan putrid Sultan Langkat
d. meninggal
dunia saat usianya relative
7.
Indikator : Disajikan
biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat yang dapat diteladani tokoh tersebut
Hal yang dapat diteladani dari
tokoh tersebut adalah…
a. menolak
ditunjuk menjadi asisten
b. cinta
pada agama dan tanah air
c. mencalonkan
Asisten Residen
d. meninggal
dunia saat usianya masih dini
8.
Indikator : Disajikan iklan
deskriptif niaga, siswa dapat menentukan kalimat fakta pada iklan tersebut
Toko
Sepatu Jaya Abadi
Menyediakan berbagai
macam model sepatu masa kini. Tersedia ukuran mulai dari anak-anak hingga
dewasa. Produk di toko Jaya Abadi pas dengan selera warga Indonesia. Harga yang kami tawarkan tidak bikin kantong
bolong. Segera datang ke toko Jaya Abadi di jalan Merdeka nomor 321,
Sragen. Semakin trendi dengan model sepatu masa kini.
Kalimat
fakta pada iklan di atas adalah…
a. Produk
di toko Jaya Abadi pas dengan selera warga Indonesia.
b. Tersedia
ukuran mulai dari anak-anak hingga dewasa.
c. Harga
yang kami tawarkan tidak bikin kantong bolong.
d. Semakin
trendi dengan model sepatu masa kini.
9.
Indikator : Disajikan
iklan niaga, siswa dapat menentukan maksud kalimat pada iklan tersebut
Maksud kalimat yang bercetak miring
pada iklan di atas adalah…
a. Harga
yang ditawarkan sangat mahal.
b. Harga
yang ditawarkan tidak sesuai harapan.
c. Harga
yang ditawarkan tidak mahal.
d. Harga
bisa dinegosiasi.
10. Perhatikan grafik
berikut!
GRAFIK HASIL PANEN PAK
JONO (ton)
Dari tahun 2009-2012
Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada grafik di
atas adalah ….
a. Berapa
selisih hasil panen padi Pak Jono tahun 2009-2010?
b. Berapa
ton hasil panen kedelai Pak Jono pada tahun lalu?
c. Pada
tahun berapa hasil panen kedelai pak Jono mencapai 6 ton?
d. Pada
tahun berapa hasil panen padi pak Jono mencapai 450 kwintal?
11.
Indikator : Disajikan
sebuah tabel siswa dapat menentukan simpulan isi tabel
Perhatikan tabel berikut
!
Data
Anak Putus Sekolah Kecamatan Tanon
Kelurahan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Tanon
|
25
|
19
|
20
|
Bangle
|
18
|
32
|
15
|
Suwatu
|
14
|
12
|
8
|
Jono
|
10
|
7
|
7
|
Simpulan isi tabel di atas adalah ....
a. Setiap kelurahan terdapat anak putus sekolah baik SD, SMP, maupun SMA.
b. Di kelurahan Jono terdapat anak putus sekolah
yang paling sedikit.
c. Anak SMP putus sekolah di kelurahan Tanon disebabkan orang tua tidak mampu.
d. Jumlah anak yang putus sekolah di kelurahan Bangle dan Suwatu sama.
12. Indikator
: Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai bagan
Cermati
bagan berikut!
BAGAN PENGURUS KELAS IX
A SMP URIP MAJU
Ketua Kelas
|
Wakil Ketua Kelas
|
Sekretaris
|
Koordinator Seksi
|
Bendahara
|
Seksi Kerohanian
|
Seksi Kesenian
|
Seksi
|
Seksi Sosial
|
Pernyatan yang sesuai dengan bagan diatas adalah ...
- Koordinasi seksi membawahi empat seksi.
- Koordinator tidak membawahi seksi-seksi
- Sekretaris dan wakil ketua kelas mempunyai kedudukan
yang sama.
- Bendahara mempunyai kedudukan yang sama dengan seksi
sosial.
13.
Indikator
: Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
denah
Cermati denah berikut untuk mengerjakan soal nomor 13 dan
14!
Pernyataan yang sesuai dengan isi
denah di atas adalah ….
a. Toko
sepatu terletak di timur jalan Kamboja
b. Letak
masjid berhadapan dengan pompa bensin
c. Letak
pompa bensin di jalan Kenangan
d. Masjid
terletak di jalan Mawar
14. Indikator
: Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan tempat kegiatan sesuai dengan
denah
Perjalanan paling pendek yang harus ditempuh Ryan dari
rumah ke toko sepatu adalah ….
a.
Jalan Melati, Jalan
Mawar, Jalan Rosela, Jalan Kamboja
b.
Jalan Mawar, Pompa
Bensin, Jalan Kenanga, Jalan Rosela, jalan kamboja, Toko Sepatu.
c.
Jalan Mawar, Jalan
Rosela, Jalan Kenanga, Pompa Bensin, Jalan Mawar, Toko Sepatu.
d.
Rumah Ryan, Jalan
Melati, Jalan Mawar, Pompa Bensin, Jalan Mawar, Jalan Rosela, Toko Sepatu.
15.
Indikator
: Disajikan sebait puisi, siswa dapat menentukan larik bermajas Personifikasi
Cermati penggalan puisi berikut!
Angin membelai pucuk-pucuk daun
pinus
Digoyang bagaikan tarian bidadari
Ciptakan sejuta pesona keindahan
Di bawah naungan sang Dewi Malam
Majas personifikasi pada puisi di
atas terdapat pada larik ke ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
16. Indikator
: Disajikan puisi siswa dapat menentukan tema.
Dari atas tebing curam kupandang
lautan
Memandang gelombang-geelombang
Suara yang selalu gemuruh
Seperti dikirim oleh semesta jauh
Angin berhembus dari selatan
Merekatkan aku dengan alam
Tema dari puisi
di atas adalah ...
a. keindahan
pegunungan
b. keindahan
alam
c. keindahan
angin berhembus
d. keindahan
tebing curam
17. Indikator
: Disajikan dua puisi siswa dapat membedakan pesan.
Puisi 1
|
Puisi 2
|
Untaian kata suci nan mulia
Kian terucap tanpa lelah
Walau badan tiada halangan
Doa keselamatan tetap lantunkan
|
Bila dengki merasuk sukma
Sekerat demi sekerat hati kan termakan
Adalah pisau tajam berkilat-kilat
Menghujam dada sendiri
|
Perbedaan pesan dari kedua puisi di atas
adalah ...
Puisi 1
|
Puisi 2
|
a.
hendaklah selalu
berdoa kepada Allah
|
Janganlah mempunyai sifat dengki
|
b.
keselamatan
adalah tujuan hidup
|
Jangan mengasah pisau sampai mengkilat
|
c.
hendaklah
selalu berdoa kepada Allah
|
Jangan mengasah pisau sampai mengkilat
|
d.
keselamatan
adalah tujuan hidup
|
Janganlah mempunyai sifat dengki
|
18. Indikator
: Disajikan cuplikan cerita siswa dapat menentukan bukti latar waktu.
Kicauan
burung terdengar nyaring, membuat hatiku semakin tenteram. Mentari mulai
mengintip di ufuk timur. Tandanya aku harus segera membuka jendela. Setumpuk
piring kotor telah menanti di tempat cucian. Bergegas aku mencuci piring satu
per satu hingga tak tersisakan satu pun. “Tina, ini sapunya, segera bersihkan
kamarmu !” aku mulai membagi tugas dengan adikku.
Bukti latar
waktu dari cuplikan cerita di atas adalah ...
a. kicauan
burung terdengar nyaring. c. setumpuk piring kotor telah
menanti.
b. mentari
mulai mengintip di ufuk timur. d. aku mulai membagi tugas.
19. Indikator
:Disajikan cuplikan cerpen siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh.
“Betulkah almarhum
ayah menginginkan aku menjadi guru?” (1) “Ya,”( suara ibu lirih). (2) “Kalau begitu, tentunya Ibu kecewa karena aku
menjadi seorang pedagang.” (3) “Tidak, jalan yang kau tempuh masih panjang,
bila Tuhan menghendaki semua bisa terjadi.” (4)
Bukti bahwa
watak ibu seorang yang bijaksana terdapat pada kalimat nomor ....
a. 1 b. 3
b. 2 c. 4
20. Indikator
: Disajikan cuplikan cerpen siswa dapat menentukan cara penggambaran watak
tokoh.
Ayah
dan ibunya menjadi jengkel kalau memikirkan ulah Doni, anak sulungnya. Baru
saja tadi pagi berkelahi dengan Udin, sepupunya. Belum selang setengah jam,
berkelahi lagi dengan Mira, kakak si bungsu. Doni telah mencubit paha adiknya
sampai membiru.
Berdasarkan
kutipan cerpen di atas, watak tokoh Doni digambarkan lewat ...
a. Tingkah
laku c. dialog antar tokoh
b. Dialog
tokoh d. secara langsung
21. Indikator
: Disajikan sebuah kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat cerita
dalam kutipan cerita tersebut
Malam tiba, kau dan sarah ingin
mengambil kue yang mereka taruh diatas meja. AKan tetapi mereka terkejut karena
kue yang mereka simpan tidak lagi ada. Mereka mencurigai dan menuduh john yang
mengambilnya, karena mereka tahu john suka sekali kue. Namun John tidak
mengakuinya terjadi pertengkaran singkat antar mereka, lalu ibu dating dan
mendamaikan mereka. Ibu berjanji akan mengganti kue yang hilang itu esok hari.
Amanat cerita tersebut adalah…
a. Sesama
saudara harus rukun.
b. Menuduh
tanpa bukti dapat menyebabkan pertengkaran
c. Hindari
pertenkaran antar saudara
d. Kesalahpahaman
akan berakibat pertengkaran.
22. Indikator
: Disajikan sebuah kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik cerita
dalam kutipan cerita tersebut
Bacalah
cerita berikut!
….
“Sardi,
kau sudah dua hari tidak makan apapun. Cobalah makan sedikit!” pinta sari
kepada Sardi.
Sardi
hanya diam tidak menjawab. Sementara itu udin yang sedang berjalan memasuki
barak dan melihat sari membujuk sardi, ikut mendekati sardi dan duduk di
samping kanan di belakang Sardi.
“Sardi,
janganlah kau menyiksa dirimu sendiri,” kata udin.
Tangan
udin memegang pundak sardi. Udin ingin menunjukkan rasa empatinya kepada
sahabatnya tersebut. Namun, sardi masih tetap diam. Tangannya menampik tangan
udin di pundaknya. Udin tampak geram atas aksi sardi. Sari yang khawatir dengan
raut wajah yang ditunjukkan udin, lalu mendekati udin dan menenangkan udin.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah…
a. Sardi
tidak mau berteman lagi dengan udin dan sari
b. Sari
tidak berhasil membujuk sardi agar ia mau makan.
c. Sardi
tidak ingin diganggu oleh udin dan sari.
d. Udin
geram karena sardi menampik tangannya yang diletakkan di pundak sardi.
23.
Indikator : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan
perbedaan karakteristik yang terkandung dalam kutipan dua novel tersebut
Bacalah
kedua kutipan novel berikut!
Kutipan
novel 1
Rumah
kediaman pangerang mangkubumi nerangkusuma ada terletak didalam benteng
keraton. Radin gusik anak saudaranya yang dari kecil telah diangkat anak, duduk
didalam serambi yang tersedia untuknya dan dikelilingi oleh dayang-dayang.
Setelah
dapat memakai secara semestinya dapat hidup didalam keraton, maka parasnya
bertambah cantik. Tambahan pula kemungkinan ankan menjadi istri suropati yang
telah dicintainya sehabis-habis percintaan, membawa wajahnya menjadi
berseri-seri.
Kutipan novel 2
Kelas
6 memulai dengan berbagai perubahan. Pertama-tama adalah pergantian sekolah.
Gedung pedrikan tengah menjadi penuh sesak. Bangsal berlantai dan halamn tempat
bermain sudah dibangun menjadi kelas-kelas yang disekat dan didindingi anyaman bambu
berkapur. Murid-murid yang dating dari pengungsian terus mengalir meskipun
Negara telah merdeka sejak beberapa tahun lamanya. Semakin banyak orang
berdatangan kekota.
Perbedaan
karekteristik kedua kutipan novel tersebut adalah…
|
Kutipan
1
|
Kutipan
2
|
a
|
Diskripsi
tokohnya jelas.
|
Tokohnya
tidak didiskripsaikan dengan jelas
|
b
|
Alurnya
runtut
|
Alurnya
tidak runtut
|
c
|
Latar
tempat tidak didiskripsikan secara jelas
|
Latar
tempat didiskripsikan secara jelas
|
d
|
Watak
tokoh disajikan dengan kecakapan
|
Watak
tokoh dicertakan oleh pengarangnya
|
Bacalah
kutipan drama berikut untuk mengerjakan soal nomor 24 dan 25!
Ibu : (tidak menoleh benar) malam lebaran narto dengarlah tabuh itu
bersaut-sautan. Pada malam lebaran seperti ini dia pergi dengan tidak
meninggalkan kata.
Kunarto : (agak
kesal) ayah…?
Ibu : keesokan harinya, hari lebaran,
sesudah sembayang aku memaafkan aku dosanya.
Kunarto : kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau,
mengingat kepada orang yang tek pernah lagi mengingat kita
Ibu : (memandang kunarto) aku merasa kita ingat kita kunarto
24. Indikator
: Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana yang tergambar dalam kutipan tersebut
Suasana yang tergambar dalam
petikan dram tersebut adalah….
a. tegang
c.
kecewa
b. resah
d.
marah
25. Indikator
: Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana yang tergambar dalam kutipan tersebut
Latar kutipan drama tersebut
adalah….
a. sore
hari c.
pagi hari
b. malam
hari d.
siang hari
26. Indikator
: Disajikan pengalaman pada buku harian yang belum lengkap. Siswa dapat menentukan catatan pengalaman pada buku harian
yang belum lengkap
2
Januari 2013
…
. Mau main ke mal cuma ngabisi uang. Mau main ke rumah Tya, eh, Tya-nya tidak
ada di rumah. Tapi, untungnya aku dapat SMS dari Sari kalau dia mau main ke rumah.
Akhirnya, aku ada temen juga, nih.
Catatan yang
tepat untuk melengkapi buku harian di atas adalah…
a. Kemarin
aku bosan sekali.
b. Hari
ini aku bosan sekali.
c. Hari
ini kami bosan sekali.
d. Tadi
aku bosan sekali.
27. Indikator
: Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan isi pesan sesuai ilustrasi.
Ketua
Karang Taruna sedianya akan memimpin rapat kerja program tahunan, tetapi
tiba-tiba ia ditugasi oleh Ketua RT untuk menghadiri rapat di Kelurahan. Ketua Karang Taruna
menulis pesan singkat kepada Wakil Ketua untuk memimpin rapat kerja, hasil
rapat kerja program tahunan dilaporkan kepada Ketua Karang Taruna.
Isi pesan
singkat yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah…
a. Rapat
kerja tetap kalian laksanakan, meskipun saya tidak ada. Laksanakan dengan baik,
hasilnya laporkan kepada saya.
b. Saya
ke Kelurahan untuk rapat, tolong rapat kerja kamu pimpin. Laporannya serahkan
kepada saya besuk.
c. Saya
ke Kelurahan, rapat kalian akan dipimpin oleh Wakil Ketua, laporan
pertanggungjawabannya saya tunggu.
d. Apapun
hasil rapat kalian saya akan terima setelah kembali dari rapat di Kelurahan,
jadi jangan main-main.
28. Indikator
: Siswa mampu melengkapi laporan yang rumpang.
(1) Objek wisata Baturaden merupakan pilihan
utama tujuan wisata kami.
(2)
. ……………………………………..
(3)
Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 5 bus.
(4)
Kami dipandu oleh bapak ibu guru sebanyak 20 orang.
(5)
Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu
pengetahuan.
(6)
Perjalanan wisata ke Baturaden itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi laporan perjalanan tersebut adalah…
a. Kami
berencana wisata ke Baturaden di akhir tahun 2012.
b. Perjalanan
kami sangat menyenangkan dan mengesankan.
c. Kami
berangkat menuju wisata Baturaden hari Sabtu tanggal 29 Desember 2012 pukul
o1.00.
d. Kegiatan
wisata diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi sekolah kami.
29. Indikator
: Siswa dapat menentukan kalimat yang tidak efektif dalam pengumuman.
Barang
siapa yang terlambat, agar supaya menghadap kepada guru piket.
Kalimat
yang efektif untuk memperbaiki pengumuman tersebut adalah…
a. Yang
merasa terlambat harap melapor ke guru piket.
b. Sebaiknya,
yang terlambat segera lapor ke guru piket.
c. Agar
supaya yang terlambat melapor kepada guru piket.
d. Siswa
yang terlambat agar melapor kepada guru piket.
30. Indikator
: Disajikan data buku,siswa dapat menentukan paragraf resensi berdasarkan data.
Perhatikan data buku
berikut!
Judul
Buku : Cara Asyik Belajar Ejaan.
Penyusun : Farika
Volume : 92 halaman 8 bab
Keunggulan : Isi buku sangat bagus. Bahasa yang
digunakan dalam buku ini mudah dipahami. Membahas tentang huruf-huruf yang
digunakan dalam Bahasa Indonesia sampai kata baku dan nonbaku. Pembahasan juga sangat mudah dipahami karena
ditunjang dengan gambar.
Kelemahan : Gambar ditampilkan dalam ukuran
kecil dan tidak berwarna.
Paragraf resensi yang tepat adalah…
a. Cara Asyik Belajar
Ejaan, judul buku ini yang disusun oleh
Farika dengan volume 92 halaman
dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan
yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Dimulai dari
penjelasan huruf-huruf yang digunakan dalam Bahasa Indonesia sampai kata baku
dan nonbaku.
b. Cara Asyik Belajar
Ejaan, judul ini sangat tepat sebagaimana isi
yang dikandungnya dimulai dari penjelasan
huruf-huruf yang digunakan dalam Bahasa Indonesia sampai kata baku dan nonbaku.
Buku yang disusun Farika, dengan volume 92 halaman dilengkapi dengan gambar
yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang bagus walau gambar
ditampilkan dalam ukuran kecil dan tidak berwarna.
c. Cara Asyik Belajar
Ejaan, judul buku ini disusun oleh Farika
dengan volume 92 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi
memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang
dikandungnya.
d. Cara Asyik Belajar
Ejaan, judul buku ini disusun oleh Farika
dengan volume 92 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi
memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang
dikandungnya. Akan tetapi gambar ditampilkan dalam ukuran kecil dan tidak
berwarna.
31.
Indikator Disajikan
teks surat pribadi, siswa dapat menentukan pembuka surat pribadi
Cermatilah surat
pribadi berikut!
Temanku
Wina
di
Bandung
Halo
Wina,
[ ... ]
Saat
ini di desa kita membutuhkan bantuan untuk membantu korban banjir. Kapan kita bisa mengumpulkan teman – teman untuk menggalang dana bencana
banjir di Sragen? Kutunggu ya jawabanmu.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pembuka
surat pribadi di atas adalah ...
a. Mudah – mudahan dapat bertemu lagi ya, Wina.
- Bagaimana kabar keluargamu di kota kembang ?
- Demikian
atas bantuanmu saya ucapkan terimakasih.
- Semoga kamu baik – baik saja di Bandung.
32.
Indikator :
Disajikan teks surat dinas yang dirumpangkan, siswa dapat
menentukan penutup surat dinas.
Bacalah surat resmi
berikut dengan cermat!
OSIS
SMP BINA KARYA SURABAYA
Jalan
Pahlawan 137 Surabaya
Nomor
: 34/I/SMP/BKS/I/2013 05
Januari 2013
Hal
: Undangan
(…)
Dengan
hormat,
Kami
mengharapkan kehadiran Saudara dalam acara rapat kerja OSIS yang akan dilaksanakan
pada :
hari :
Sabtu, 5 Januari 2013
waktu :
pukul 08.00
tempat :
Aula SMP Bintang Kecana
keperluan : Rapat pengurus OSIS
Kalimat yang tepat untuk melengkapi alamat
surat resmi tersebut adalah ....
- Kepada
Yth.
Pengurus OSIS
SMP
Bina Karya Surabaya
di
Surabaya
- Yth:
Pengurus OSIS
SMP
Bina Karya Surabaya
di
Surabaya.
- Yth.
Pengurus OSIS
SMP
Bina Karya Surabaya
di
Surabaya
- Kepada
Sdr.
Pengurus OSIS
SMP
Bina Karya Surabaya
di
Surabaya
33. Indikator : Disajikan teks surat resmi dengan penulisan tanggal yang
salah, siswa dapat mementukan penulisan tanggal yang benar.
Bacalah surat resmi
berikut dengan cermat!
ORGANISANI
INTRA SEKOLAH
SMP
BINTANG KENCANA
Nomor
: 18/OSIS/SMP
BK/X/2012 Sragen
5 Januari 2013
Hal
: Undangan
Yth.
Pengurus
OSIS SMP Harapan
Jalan
Melati Nomor 70
Sragen
…
Perbaikan penulisan tanggal yang tepat surat tersebut adalah ....
- Sragen, 5-01-2013
- Sragen, 5 Januari 2013
- 5 Januari 2013
- Sragen. 5 Januari
2013
34.
Indikator :
Disajikan dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman yang relevan dengan
isi teks.
Bacalah paragraf
berikut dengan cermat!
Buah tomat merupakan buah yang sarat khasiat. Buah tomat
dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin D. Di samping itu juga mencegah kanker
prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati
gangguan pencernaan, diare, dan serangan empedu.
Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan
sebagai saus atau diracik menjadi masakan akan mampu membangkitkan selera para penikmatinya.
Rangkuman yang tepat bacaan tersebut adalah...
- Tomat merupakan buah
yang lezat untuk disantap.
- Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaat bagi manusia.
- Buah tomat mencegah penyakit kanker.
- Buah tomat mampu membangkitkan selera para penikmatnya.
35.
Indikator :
Disajikan ilustrasi berita, siswa dapat menentukan
penulisan berita yang
sesuai dengan ilustrasi
Cermatilah ilustrasi
berikut!
1. Di
Klaten pada tanggal 22 Juli 2012 diadakan Dugderan untuk mengawali ramadhan.
2. Acara
dimulai pukul 07.00 dengan acara pawai budaya siswa TK sampai SMP.
3. Pawai
kendaraan hias dilaksananakan pukul 12.00.
4. Acara
tersebut dipimpin oleh Bupati Klaten dan kegiatan berakhir di Masjid Besar.
5. Tempat
kegiatan dipusatkan di Alun-alun Utara
Penulisan berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
a. Klaten, 22 Juli 2012 Dugderan dilaksanakan mulai pukul 07.00. Acara itu
mengawali bulan Ramadhan tahun ini ditutup oleh Bupati Klaten di Alun-alun Utara Klaten. Kegiatan diisi pawai budaya.
b. Acara budaya Dugderan di Klaten dilaksanakan 22 Juli 2012. Kegiatan
mengawali ramadhan dipimpin Bupati. Dugderan diisi pawai budaya. Acara
di mulai pukul 12.00. tempat kegiatan tersebut di pusatkan di Alun-alun Utara
Klaten.
c. Tanggal 22 Juli 2012 warga Klaten menyemarakkan acara Dugderan pukul 07.00.
Acara pawai budaya anak TK sampai SMP dipusatkan di Masjid Besar. Pukul 12.00 pawai kendaraan hias dari Masjid Kauman dan berakhir di Alun-alun Klaten. Acara tersebut dipimpin oleh Bupati Klaten. Kegiatan itu mengawali
bulan Ramadhan.
d. Klaten 22 Juli 2012 Dugderan mengawali ramadhan dilaksanakan mulai pukul
07.00, dengan acara pawai budaya siswa TK, SD, dan SMP yang dipusatkan di Alun
– Alun. Kegiatan pawai kendaraan hias dilaksanakan pukul 12.00 dipimpin oleh
Bupati Klaten. Kegiatan berakhir di Masjid Besar Klaten.
36.
Indikator : Disediakan ilustrasi, siswa memilih slogan yang sesuai
SMP
Harapan akan mengadakan acara pentas seni dalam rangka syukuran melepas siswa
kelas IX yang telah berhasil lulus ujian tahun 2013.
Slogan
a. Selamat Melanjutkan Pendidikan
b.
Seni untuk
Silaturrahmi
c.
Tunjukkan kemampuan
senimu!
d. Selamat untuk Kelulusan Anda.
37. Indikator
: Disajikan petunjuk menggunakan komputer dengan program
microsoft word secara acak, siswa dapat menyusun kalimat-kalimat petunjuk
secara urut.
Cara kerja
menggunakan komputer
1)
tekan tombol power
sampai muncul program window
2)
klik program
microsoft word
3)
gerakkan krusor
tepat di tombol START
4)
arahkan krusor ke
pilihan program
5)
simpan data pada
tool save/ save as
6)
gunakan microsoft
word sesuai fungsinya
7)
sambungkan peragkat
komputer dengan arus listrik pada stabilisator.
Urutan yang tepat cara kerja microsoft word adalah....
a.
7 – 1 – 4 – 3 – 2 –
5 – 6
b.
7 – 6 – 5 – 4 – 3 –
2 – 1
c.
7 – 1 – 3 – 4 – 2 –
6 – 5
d.
7 – 6 – 3 – 5 – 4 –
1 – 2
38.
Indikator : Disediakan
susunan petunjuk cara membuat tape
singkong yang dirumpangkan, siswa memilih 2
bagian isian yang sesuai
Cara membuat tape singkong.
1) Pilih
singkong yang segar.
2) Kupas singkon dan keruk permukaannnya agar kesat dan tidak
pahit.
3) ............................................................
4) Kukus
singkong sampai setengah
matang.
5) .....................................................................
6) Setelah
singkong dingin,
taburi ragi dan bungkus dengan daun pisang
7)
Simpan singkong yang sudah dibungkus di tempat
yang hangat dan kedap udara selam 2 sampai 4 hari.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk
tersebut adalah
a. (3)
Angkat singkong kukus dan dinginkan.
(5) Setelah itu
Sigkong dicuci sampai bersih.
b. (3)
Angkat singkang kukus dan dinginkan.
(5)
Simpan singkong di tempat tertutup.
c. (3)
Setelah dikeruk permukaanya singkong dicuci bersih.
(5) Lalu simpan
singkong ditempat tertutup.
d. (3) Singkong
dicuci bersih.
(5)
Angkat singkong kukus dan dinginkan.
39. Indikator
: Disajikan cuplikan sebuah pidato, siswa dapat menyebutkan bagian pidato
secara tepat.
Se
moga dengan kedatangan tahun baru 2013 ini kita dapat menemukan solusi untuk
memecahkan persoalan bangsa. Untuk itu marilah kita tingkatkan ketakwaan kepada
Tuhan Yang Mahaesa.
Penggalan naskah pidato di atas termasuk...
a.
pendahuluan
b.
isi
c.
pembukaan
d.
penutup
40. Indikator
: Disajikan kalimat sapaan yang salah dalam
pidato, siswa dapat memperbaiki secara tepat.
Para Bapak-bapak dan ibu-ibu
sekalian yang saya hormati.
Hujan deras yang terjadi setiap hari menyebabkan banjir
di kampung kita. Hal ini merupakan pelajaran, bahwa betapa pentingnya kita
melestarikan alam. Kita jaga lingkungan dengan
membuang sampah pada tempatnya.
Perbaikan
struktur kata sapaan dalam pidato di atas
yang paling tepat adalah...
a. Para Bapak dan Ibu yang saya hormati.
b. Para hadirin yang saya hormati.
c. Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian
yang saya hormati.
d. Para Bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati.
41. Indikator : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat
menentukan rumusan masalah yang sesuai dengan temanya.
Tema : Upaya penanggulangan bencana banjir dalam
lingkungan kita.
Rumusan masalah yang
sesuai dengan tema di atas adalah…
a. Kapan
banjir dapat segera di tanggulangi dalam lingkungan kita?
b. Bagaimana
upaya menanggulangi banjir dalam lingkungan kita?
c. Siapa
yang harus menanggulangi bencana banjir di lingkungan kita?
d. Mengapa banjir harus ditanggulangi dalam
lingkungan kita?
42. Indikator
: Disajikan kesimpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran yang tepat.
Bacalah
simpulan karya ilmiah berikut!
Tidur siang tidak hanya menghilangkan
rasa lelah pada anak. Akan tetapi, tidur siang juga dapat menghambat
pertumbuhan anak. Laju pertumbuhan tubuh anak yang dibiasakan tidutr siang
lebih optimal dibanding anak yang tidak tidur siang. Namun, saat ini jarang
orang tua yang mengharuskan anaknya untuk tidur siang seperti anak-anak zaman
dahulu.
Saran yang tepat sesuai simpulan
tersebut adalah…
a. Setiap
anak boleh tidur siang di rumahnya
b. Orang
tua harus membiasakan anak untuk tidur siang
c. Mulai
saat ini orang tua harus ikut tidur siang bersama anaknya
d. Semua
anak usia sekolah harus tidur siang agar tidak capek
43. Indikator
: Disajikan kalimat dengan pilihan kata yang kurang tepat, siswa dapat
menentukan perbaikan yang tepat.
Andi menatap
pemandangan laut yang luas itu dengan perasaan kagum.
Kata yang tepat untuk menggantikan kata
bercetak miring pada kalimat di atas….
a. Memandang c.
mengamati
b. melihat
d.
memperhatikan
44. Indikator
: Disajikan kalimat siswa dapat
memperbaiki huruf kapital.
hatiku
berdebar-debar ketika melihat ada polantas mengadakan razia kendaraan.
masalahnya aku belum mempunysi sim. stnk juga lupa aku bawa.
Penggunaan huruf
kapital yang benar adalah ....
a. Hatiku,
Razia Kendaraan, SIM, STNK
b. Hatiku,
Polantas, Masalahnya, SIM, STNK
c. Hatiku,
Polantas, Razia, SIM, STNK
d. Hatiku,
Polantas, Razia, Masalahnya, SIM, STNK
45. Indikator
: Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif yang terdapat dalam kalimat
tersebut.
Cermati
kalimat berikut!
Segenap kerabat-kerabat serta semua handai taulan
mengantar kepergiannya dengan air mata pilu.
Perbaikan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah.
a. Segenap
kerabat serta semua handai taulan mengantar dengan air mata pilu.
b. Segenap
kerabat serta handai taulan mengantar kepergiannya dengan air mata pilu.
c. Kerabat
serta handai taulan mengantar kepergianannya dengan air mata pilu
d. Handai
taulan mengantar kepergiannya dengan air mata pilu.
46. Indikator
: Disajikan ilustrasi, siswa menentukan pantun yang sesuai dengan ilustrasi.
Seorang ibu menasihati anaknya yang
ketahuan berbohong. Sambil menahan marah, ibu itu berbicara denga suara keras,
“Tidak kusangka, selama ini ibumu selalu kamu bohongi dengan sikapmu yang
tampak manis. Namun, di belakang ibu, ternyata kamu adalah pembohong besar.”
Pantun
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Sebatang
kayu daunnya rimbun
Lebat buahnya serta
buahnya
Walaupun hidup seribu
tahun
Kalau tak beragama apa
gunanya.
b. Kalau
tuan makan jagung
Jagung dimakan burung
merpati
Kalau tuan merasa
bingung
Coba Tanya kepada hati
c. Hendak
sekolah makan ketupat
Makan di bawah pohon
randu
Belajarnya engkau
dengan giat
Supaya dapat juara satu
d. Aku
lalai di hari pagi
Beta lengah di masa
muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin
harta
47. Indikator
: Disajikan ilustrasi tentang indahnya pegunungan di sore hari, siswa dapat
menentukan puisi yang tepat
Puncak gunung Lawu pada sore hari nampak
indah di bawah sinar matahari yang hampir tenggelam. Warna pohon-pohon hijau kekuning-kuningan bagaikan
emas.
Puisi yang tepat sesuai dengan ilustrasi
di atas yang tepat adalah …
a. Sinar
rembulan lembut menyapa puncak Lawu
Bintang-bintang bertabur di langit
Warna pohon nampak kusam keruh
b. Mentari
muncul di ufuk timur
Menyembul di antara pucuk-pucuk pinus
puncak Lawu
Angin semilir menusuk pori-pori
c. Sang
surya tegak di atas puncakmu
Hijau daun Lawu berkerut menahan panas
Keringat bercucuran di ranting-ranting
pohon
d. Sang
surya hampir kembali keperaduan-Nya
Meninggalkan roma emas kekuningan
dedaunan
Ciptakan jamrud di puncak Lawu menjulang
48. Indikator
: Disajikan sebuah puisi yang satu
lariknya dirumpangkan; siswa melengkapi dengan kalimat bermajas
LAUT
Berdiri aku di tepi pantai
Memandang lepas di tengah laut
...
Keribaan pasir rindu berpaut
Majas personifikasi yang tepat untuk mengisi bagian yang
rumpang adalah...
a. Ombak pulang memecah berderai
b.
Seribu gelombang muncul
c.
Bagai alunan serunai
d.
Menatap pesona alam
49. Indikator
: Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat melengkapi petunjuk lakuan yang
rumpang pada kutipan naskah drama.
bacalah
kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
(1) Rana :
Ibu saya sakit apa, Pak ?
(2) Dokter :
Tidak apa-apa, hanya batuk ringan saja. Sebaiknya ibumu banyak beristirahat,
mungkin karena kecapaian. Ini saya beri resep obat kamu bisa menebusnya di
apotik
(3) Rana :
Terima kasih, Pak. Ini harus ditebus semua, ya (…)
(4) Dokter :
Ya. Semoga ibumu lekas sembuh, nak.
Petunjuk lakuan pada dialog nomor 3 yang tepat
adalah…
a. (duduk
dikursi ruang periksa)
b. (bergegas
meninggalkan ruang periksa)
c. (membaca
resep obat yang diberikan oleh dokter)
d. (dokter
menulis resep obat)
50. Indikator
: Disajikan dua daftar buku secara acak;
siswa dapat menyusun daftar pustaka secara tepat.
Anda di sekolah
mendapatkan tugas agar mencari referensi dari buku “Kesusastraan Lama
Indonesia” karya Zuber Usman yang
diterbitkan Gunung Agung di Jakarta tahun 1963 dan buku “Perkembangan Peserta
Didik”karya Sugeng Hariyadi, diterbitkan oleh IKIP Semarang Press di Semarang
tahun 1995.
Apabila
diminta untuk menyusun ke dalam daftar pustakam, maka penulisan daftar pustaka
yang benar adalah ...
a.
Hariyadi, Sugeng. 1995.Perkembangan
Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Usman, Zuber.
1963. Kesusastraan Lama Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
b. Usman, Zuber. 1963. Kesusastraan Lama
Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
Hariyadi,
Sugeng. 1995.Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
c.
Sugeng,Hariyadi. 1995.Perkembangan
Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Usman,
Zuber. 1963. Kesusastraan Lama Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
d. Hariyadi, Sugeng. 1995.Perkembangan Peserta
Didik: Semarang. IKIP Semarang Press.
Usman, Zuber.
1963. Kesusastraan Lama Indonesia: Jakarta. Gunung Agung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar